Cara Memilih Produk Tabir Surya, Termasuk untuk Pria

Karena saya pernah menulis bahwa pria juga kepingin wajahnya putih, saking saja mereka gengsi mengaku. Padahal memakai produk tabir surya terbaik lebih efektif untuk menjaga kulit tetap terang, daripada mengolesi kulit dengan pemutih.

Tetapi juga banyak mereka, nggak cuma pria saja lho, namun perempuan juga, yang sudah membeli produk tabir surya yang bagus, tetapi kulitnya tetap tanned. Biasanya kesalahannya begini:

  1. Sudah pakai krim tabir surya terbaik, tetapi tidak mengoleskannya lagi setelah beberapa jam kemudian. Padahal aturan durasi pemakaian tabir surya sudah ditentukan oleh angka SPF yang tercantum pada produknya.
  2. Tabir suryanya luntur karena keringat atau air, lalu tidak mengoleskannya ulang.
  3. Cuma membubuhkan bedak tabir surya kalau sedang bepergian keluar rumah. Padahal sinar ultraviolet bisa masuk menembus tembok.
  4. Tabir surya cuma dioleskan sedikit. Alasannya supaya ngirit!
  5. … (isi sendiri)

Padahal manfaat produk tabir surya sudah jelas. Fungsi tabir surya ialah menghindari sinar ultraviolet yang bisa membuat kulit jadi belang, menua, dan juga mencegah kanker kulit dengan menghindarkan kulit dari radikal bebas pada sinar ultraviolet. Dan kanker kulit sama seperti kanker lainnya, mematikan nyawa dan bikin susah penderitanya. Bahkan, kanker kulit lebih banyak menyerang laki-laki ketimbang perempuan. Jadi, malah lebih urgent para pria yang memakai tabir surya ketimbang tidak memakai sama sekali.

Lotion Tabir Surya untuk Pria

Sebetulnya tidak ada perbedaan komposisi senyawa tabir surya untuk pria maupun wanita. Anda yang para pria boleh pinjam lotion tabir surya milik istri Anda kalau mau (dan istri Anda akan senang melihat suaminya rajin merawat kulit, dan sekalian minta ditraktir kosmetik lagi bulan depan).

tabir surya untuk pria
Tabir surya juga perlu dipakai oleh laki-laki karena untuk mencegah kanker kulit.
Laki-laki lebih sering terpapar sinar matahari ketimbang perempuan, karena itu laki-laki mesti lebih rajin memakai tabir surya.
Gambar diambil dari sini.

Bagian yang selalu diwaspadai para pria dari kosmetik mungkin adalah baunya. Cowok-cowok ini jelas tidak akan sudi kalau bau kosmetiknya terlalu berbau bunga-bungaan. Alhamdulillah sekarang para brand kosmetik sudah merilis produk-produk tabir surya untuk pria. Pedoman memilih produknya akan saya tulis di bawah ini.

Tabir Surya untuk Anak dan Bayi

Apa? Bayi sudah harus pakai tabir surya juga?

Oh iya, dong. Malah lebih genting lagi karena kulit bayi dan anak itu lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Akibat kulit mereka yang tipis itu, sinar ultraviolet A dan B lebih gampang masuk ke lapisan kulit. Efeknya, sinar-sinar ini akan merusak sel-sel kekebalan tubuh yang mestinya menjaga dari kanker. Memakaikan krim tabir surya untuk anak akan menghindarkan mereka dari risiko kanker kulit yang bisa mereka idap ketika dewasa nanti.

Sebagian produk kosmetik anak di pasaran sekarang diklaim aman untuk dipakai oleh bayi-bayi berumur minimal enam bulan. Untuk bayi-bayi berumur kurang dari enam bulan, lebih baik konsultasi ke dokter anak dulu untuk menghindarkan mereka dari risiko dermatitis kontak iritan.

tabir surya untuk anak
Anak perlu diajari memakai tabir surya.
Lapisan kulit anak cenderung lebih tipis daripada orang dewasa, sehingga radikal bebas dari sinar matahari yang merusak pun lebih mudah diserap oleh anak-anak.
Gambar diambil dari sini.

Dan saya pasti dicela oleh para mamah muda yang lebih suka membiarkan kulit anak mereka tanned apa adanya, hahahaha.. Sebagian mamah yang ilmiah malah menganggap bagus kalau anak mereka bermandikan sinar matahari. Konon, sinar matahari itu mengandung vitamin D yang bisa bikin anak cepat tinggi, ya toh?

Memang manfaat besar dari sinar matahari adalah provitamin D-nya (bukan vitamin D. Bedakan itu!). Provitamin D ini harus diserap dulu oleh kulit, baru diolah menjadi vitamin D untuk pertumbuhan tulang. Tapi..sumber provitamin D tidak melulu harus sinar matahari. Banyak makanan seperti misalnya susu dan kacang-kacangan yang juga mengandung provitamin D.

Sedangkan, bahaya sinar matahari untuk menciptakan kanker kulit pada seorang anak masih jauh lebih besar. Jadi kalau kepingin anak tumbuh tinggi tanpa risiko kanker, lebih baik olesi dia dengan krim tabir surya yang bagus sambil memberinya nutrisi banyak-banyak.

 

Berikut ini saya ingin bagi-bagi cara memilih produk tabir surya yang bagus supaya uang yang kita bakar untuk beli kosmetik ini tidak sia-sia. Minimal tidak bikin kulit tetap tanned deh. Plus saya juga ingin bagi-bagi cara memakai tabir surya yang benar. Supaya kita tidak asal oles-oles saja, lantaran malu kepada bon karena sudah beli krim tabir surya terbaik yang mungkin sepertinya mahal. 

Memilih Produk Tabir Surya Terbaik

Tabir surya mungkin paling sering ditemukan dalam bentuk krim atau lotion. Tapi sebetulnya, tabir surya juga bisa ditemukan dalam bentuk semprotan, bedak, dan lipstik.

Cek SPF

Banyak produsen mengaku bahwa produk kosmetik mereka merupakan tabir surya terbaik yang bisa melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Dan untuk itu mereka tidak segan-segan mencantumkan angka SPF di produknya. Ini bagus, dan saya sendiri selalu memilih pelembab yang mengandung SPF untuk perawatan kulit saya setiap pagi. Bahkan untuk kosmetik-kosmetik lainnya, macam bedak atau krim wajah misalnya, saya selalu pilih produk yang mencantumkan angka SPF supaya kosmetik-kosmetik itu juga berfungsi dobel sebagai tabir surya.

Cek Komposisi

Komposisi di bagian belakang label kosmetik itu mengandung informasi jauh lebih banyak daripada label depannya. Saya selalu membaca komposisi produk ini dulu sebelum membeli, dan kalau ingredients-nya tidak mencantumkan senyawa yang merupakan agen tabir surya, maka saya tidak akan percaya bahwa ini tabir surya yang bagus.

Gambar berikut merupakan petunjuk untuk memilih produk tabir surya yang dihimpun dalam sebuah infografis dari American Academy of Dermatology. AAD ini adalah perhimpunan dokter kulit asal Amerika Serikat. Saya harus berterima kasih kepada Peter Soekmadji (@peternugraha), dokter kulit asal RS Immanuel Bandung yang memberikan saya infografis ini.

krim tabir surya yang bagus
Kriteria memilih tabir surya yang bagus

Broad Spectrum

Sudah tahu ya bahwa unsur sinar ultraviolet yang berbahaya itu tidak cuma ultraviolet B, karena sinar ultraviolet A lebih berbahaya lagi untuk menimbulkan kanker kulit. Istilah broad spectrum diartikan bahwa produk ini bisa menghambat penyerapan sinar ultraviolet B dan A sekaligus pada kulit.

Tahan Air

Yang namanya bahan kosmetik akan luntur jika terkena keringat maupun air. Maka suatu produk tabir surya yang sudah dioleskan akan hilang manfaatnya kalau kita keringetan, apalagi kalau sampai kena air. Itu sebabnya setelah berwudhu di siang hari, lotion tabir surya mesti dioleskan kembali. Apalagi setelah berjalan sembari keringetan di bawah panas terik. Kalau tidak mau ribet oles-oles ulang, lebih baik beli krim tabir surya terbaik yang ada cap water resistant sekalian.

Seberapa Banyak Produk yang Dioleskan?

Orang seringkali mengeluh tidak mau mengoleskan krim tabir surya banyak-banyak karena merasa teksturnya lengket. Tapi lebih banyak lagi yang tidak berani mengoles banyak-banyak karena alasan penghematan. Maklum, masih banyak yang mengira bahwa tabir surya yang bagus itu mahal. Mudah-mudahan setelah melihat contoh-contoh tabir surya yang saya sodorkan di atas, mindset mereka tentang mahal bisa di-defrag ulang.

Peter mengajari saya tentang istilah FTU alias fingertip unit. Lihat gambar berikut ini ya.

tabir surya untuk anak
Aturan banyaknya tabir surya untuk dioleskan pada anak berbeda dengan banyaknya yang dioleskan pada orang dewasa.

Oleskan krim tabir surya dari ujung jari kita ke ruas jari yang pertama. Panjang olesan inilah yang disebut 1 FTU (pada jari saya, 1 FTU cuma sepanjang 2 cm).

Karena saya sudah dewasa, saya perlu mengoleskan sampai 2,5 FTU saja untuk sekujur wajah dan leher.

Untuk sekujur lengan kanan sampai telapak tangan: 4 FTU

Untuk sekujur lengan kiri sampai telapak tangan: 4 FTU

Untuk sekujur tungkai kanan sampai telapak kaki: 8 FTU

Untuk sekujur tungkai kiri sampai telapak kaki: 8 FTU

Untuk seluruh dada sampai perut: 7 FTU

Untuk seluruh punggung: 7 FTU

Bayi dan anak tentu membutuhkan olesan jumlah yang lebih sedikit (lihat infografisnya lagi).

 

Tabir Surya Bukan Segala-galanya

“Tidak ada tabir surya yang bisa melindungi dari kanker kulit secara 100 persen,” kata Peter kepada saya dalam interview saya dengannya. Dokter kulit ini tetap menganjurkan supaya kita tetap memakai topi, pakaian tertutup, ataupun kacamata hitam kalau sedang beraktivitas outdoor.

Anda sudah punya akses terhadap pengetahuan akan cara memilih produk yang benar. Apakah Anda punya kesulitan untuk mendapatkan tabir surya?

 

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *