5 Destinasi Wisata Alam Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi

Di mana tempat wisata alam kesukaan Anda di Indonesia? Dengan ribuan pulau bertebaran di seluruh negeri yang dihiasi banyak pegunungan plus pantai yang cantik-cantik, bikin Indonesia tidak ada habis-habisnya buat dijelajahi oleh kaum backpacker macam kita yang haus akan liburan ini.

Kali ini, saya akan memberikan referensi lima tempat wisata alam yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan berlibur selanjutnya dan bisa jadi spot wisata populer di masa depan.

1.  Gunung Putri, Lembang, Bandung

tempat wisata alam di Bandung
Gunung Putri, salah satu tempat wisata alam di Bandung yang populer di kalangan backpacker.
Gambar diambil dari artikel Hari Siregar tentang Gunung Putri.

Gunung Putri ini ialah alternatif tempat wisata alam di Bandung buat kita para backpacker nanggung yang senang dengan suasana pegunungan, tetapi tidak mau capek-capek hiking.

Ketinggiannya sekitar 1.500-an meter di atas permukaan laut. Dari tempat parkir, kita bisa mencapai puncaknya dengan berjalan kaki sekitar setengah jam. Terlalu manja untuk jalan kaki? Naiklah motor trail.

Lokasi liburan ini tidak cuma keren pemandangannya. Selain menikmati hawanya yang sejuk, kita bisa foto-fotoan di benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada Perang Dunia I. Siapkan outfit yang keren supaya penonton Instagram Anda lebih fokus pada Anda ketimbang bentengnya. Pasalnya, bentengnya tidak terlalu bagus lantaran kurang terawat.

 

2. Pantai Green Bowl

Tempat wisata populer
Pantai Green Bowl yang akan jadi tempat wisata alam yang cukup mahal di masa depan.
Gambar diambil dari artikel Tabloidwisata.com tentang Green Bowl, Bali.

Dari Bandung, let’s just talk about Bali, tempat tujuan wisata Indonesia yang jadi favorit sejuta umat. Pulau lokasi liburan ini penuh dengan tempat wisata alam yang bejibun, baik pantai maupun perbukitannya. Pantas kalau jutaan backpacker selalu tumplek di sini meskipun tidak dalam high season.

Salah satu tempat wisata yang saat ini sedang jadi favorit banyak turis adalah Pantai Green Bowl. Anda tidak tahu? Tak apa-apa, Anda bukan satu-satunya yang tidak ngeh dengan pantai ini. Berada di kawasan Bali Cliff, sebelah selatan Kuta, pantai ini rada tersembunyi karena letaknya yang dijepit dua tebing besar.

Kalau saya mau kemari, saya mesti fit benar karena untuk melihat pantai ini memaksa saya harus olahraga. Pasalnya untuk bisa menonton pantai ini, saya kudu menuruni sekitar 300-an anak tangga. Tapi indahnya pemandangannya jangan ditanya. C.I.A.M.I.K.

 

3. Pantai Srau

Tempat wisata populer
Pantai Srau, pantai tersembunyi di Jawa Timur.
Gambar diambil dari artikel Kompas Travel tentang tempat wisata di Pacitan.

Berada di kawasan Pacitan. Kabupaten Pacitan itu sendiri sudah rada terpencil di Jawa Timur, dan Pantai Srau ini lebih terpencil lagi akibat lokasinya yang tersembunyi di balik perbukitan. Komentar saya terhadap tempat ini ialah saya mengharap jalan ke sana diperbaiki, sehingga bisa jadi tempat tujuan wisata yang lebih mudah untuk dijangkau.

Ada tiga zona di pantai ini, kita bisa pilih mau main di zona mana yang sesuai selera kita terhadap pantai.

Zona pertama, pantai dengan pasir putih halus plus ombak besar khas Samudera Hindia yang dikelilingi batu karang.

Zona kedua, pantai dengan pasir yang lebih kasar, tetapi ombaknya lebih kecil sehingga cukup lumayan untuk sekedar jadi tempat berenang ketika liburan.

Zona ketiga, bukan untuk berenang, karena cuma berupa jejeran batu karang tanpa pasir, lebih cocok untuk jadi tempat duduk-duduk sambil piknik di samping mobil kita sembari menikmati keindahan laut.

 

4. Pulau Biawak, Indramayu

Tempat wisata Pulau Biawak
Mercu suar menjulang di tepi Pulau Biawak, tempat wisata populer di indramayu.
Gambar diambil dari artikel Iwan Setiawan tentang Pulau Biawak, Indramayu.

Kita mungkin akan spontan membandingkannya dengan Pulau Komodo di sebelah Flores yang jadi suaka untuk beragam komodo. Nah, Pulau Biawak ini jelas merupakan suaka untuk hewan biawak (nama latinnya ialah Varanus salvator).

Kalau kita pergi liburan ke pulau yang berada 40 km di sebelah utara Indramayu ini, khasnya ialah mercusuarnya yang setinggi 65 meter di pinggir pulau. Bangunannya sudah dibikin sejak tahun 1872. Sekeliling pulaunya dihiasi taman bawah laut yang penuh dengan terumbu karang yang cantik banget.

Tidak jauh-jauh masuk ke pulau, kita bisa langsung lihat biawak-biawak hilir mudik mencari makan. Tidak usah repot-repot menyapa biawak, apalagi mengajak biawak bermain, karena pada dasarnya mereka tetap hewan liar (baca: rada ganas).

Ilustrasi tentang Pulau Biawak bisa kita lihat pada video 4 menit berikut ini:

 

5. Air Terjun Madakaripura

tempat wisata alam
Pemandangan air mengucur di ceruk tebing tempat suci di Probolinggo ini.
Gambar diambil dari blog Dolanmu.com tentang Air Terjun Madakaripura.

Madakaripura berada di Probolinggo. Air terjun ini konon ialah air terjun tertinggi di Jawa, dan menjadi tempat terakhir Gajah Mada asal Kerajaan Majapahit untuk menghabiskan sisa hidupnya. Makanya kalau kita pergi kemari, kita akan melihat patung Gajah Mada besar di pintu masuk.

Air terjunnya berupa ceruk yang dikelilingi tebing yang tinggi-tinggi. Air menetes-netes menciptakan penampakan yang mirip tirai. Ceruknya tidak gelap, cukup terang lantaran sinar matahari bisa masuk dan memantulkan spektrum warna-warni pada air.

Kita mungkin menganggap Madakaripura ini lokasi liburan yang cantik, tetapi bagi orang lokal, tempat ini merupakan salah satu tempat yang disucikan. Pasalnya masyarakat sekitar Madakaripura banyak beragama Hindu, dan mereka percaya bahwa air pada air terjun ini merupakan Tirta Sewana yang merupakan air suci. Saking sucinya, mereka rutin mengambil air ini saban tahunnya untuk ritual Mendhak Tirta, yang merupakan bagian dari upacara Yadnya Kesada.

 


Itulah 5 tempat wisata alam yang bisa kita jadikan tujuan liburan berikutnya. Mau datang ke sana? Pesanlah tiket pesawat di Skyscanner!

P.S: Skyscanner ini merupakan layanan pemesanan tiket, hotel dan persewaan mobil global paling ngehits. Dengan layanan Skyscanner, kita bisa liburan dengan lebih gampang, lebih murah, dan lebih nyaman lantaran semua kebutuhan kita, mulai dari transportasi dan penginapan, bisa kita pesan di satu tempat. Selamat berlibur!

(Keterangan gambar paling atas: Backpacking ke tempat wisata alam merupakan kegiatan yang bisa menstimulasi kecerdasan naturalistik kita dan mengajarkan kita akan wisdom.
Gambar diambil dari Pexels.)

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

6 comments

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Pak Mauliddin.. Bapak sudah pergi ke Rancaupas dan Papandayan, tapi belum ke Gunung Putri? Dicobain lah, Pak.. Effort ke Gunung Putri mah cemen dibandingkan ke Rancaupas 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *