Produktif Massal Bareng Jaringan 4G

Jika Anda pikir jaringan 4G LTE hanya menyenangkan untuk segelintir pecandu internet yang doyan upload video-video narsis, saya harus bilang Anda salah, salah, salah besar.

Dalam prediksi jujur saya, manfaat jaringan 4G LTE ialah bisa bikin lebih banyak orang jadi sejahtera (atau kalau istilah saya sih, jadi tajir). Dan sejahteranya itu barengan.

Video dalam 4G

Saya tidak tahu mana yang lebih menarik duluan: bikin video atau berinternet dalam jaringan 4G. Yang jelas, saya melihat bahwa dua tahun lalu tidak sebanyak kini orang yang hobi membuat channel video sendiri di YouTube.

Semula saya mengira para operator telekomunikasi ramai-ramai bikin investasi jaringan 4th Generation Long Term Evolution (4G LTE) hanya untuk menyenangkan konsumen yang doyan streaming atau keranjingan YouTube. Makanya ketika XL mengumumkan bahwa akhirnya mereka mengoperasikan jaringan 4G LTE (dan pada akhirnya, saat ini jaringan 4G XL memang menjadi jaringan nasional yang tercepat di Indonesia), wajar kalau konsumen yang paling keras bersorak adalah para pecandu siaran bola liga Eropa. Atau para pelanggan channel vlogger luar.

Tetapi kemudian saya menyadari bahwa seiring dengan meluasnya area kota yang tercakup jaringan 4G LTE, minat rakyat akan video pun makin masif. Channel-channel lokal YouTube bermunculan. Semakin banyak orang upload video ke Instagram, menyaingi kebiasaan lama Instagram yang semula hanya bertaburan foto-foto cantik. Feature Instagram Story termasuk digandrungi banyak orang, sebodo amat videonya sendiri masih berbau curhat narsis hore juga. Anehnya, biarpun konten videonya nggak bagus-bagus amat, tetap banyak yang menonton dan berkomentar.

Kebutuhan para penyedia lapangan pekerjaan akan video juga makin tinggi. Dalam sebuah agensi freelancer tempat saya jadi anggota, tiap hari banyak klien minta pekerja freelance yang bisa membuat video. Kebutuhan video terutama ditujukan untuk menjadikannya company profile, animasi presentasi, dan iklan.

Sebagai blogger, saya sendiri sering ditanggap untuk mengikuti tender proyek para brand untuk promosi. Brand sekarang tidak cuma menginginkan blogger yang bisa bikin tulisan ciamik. Tapi mereka juga ingin blogger memberikan konten bonus berupa video. Video membuat isi kampaye lebih menancap dalam ingatan audiens, daripada memaksa audiens membaca tulisan.

Konten video semakin digandrungi orang seiring dengan makin mudahnya mengakses video melalui smartphone. Operator telekomunikasi pun cepat tanggap, berangsur-angsur mereka upgrade jaringan mereka yang semula masih 3G menjadi 4G.

Cara daftar jaringan 4G
Kecepatan jaringan membuat konsumen semakin haus data.
Dan semakin meningkatkan belanja paket data pada operator telekomunikasi.
Gambar diambil dari artikel tentang strategi pemasaran online.

Orang pun semakin senang karena berarti mereka bisa mengakses data lebih cepat. Efeknya, mereka tidak ragu-ragu mengonsumsi data lebih banyak. Dan operator pun kegirangan lantaran lebih banyak dan lebih besar paket data yang terjual.

Saya sendiri merasakan, 5-7 tahun lalu, kebutuhan data internet saya hanya sekitar 100-250 megabyte per bulannya. Tapi kini, saya merogoh kocek untuk membeli paket data sebesar 15-20 gigabyte per bulan.

Manfaat Jaringan 4G LTE Terasa Ketika Video Call

Mengapa sampai sebesar itu paket data yang saya habiskan? Banyak sebabnya, tapi yang jelas bukan untuk menonton siaran bola, hehe. Kegunaan 4G LTE yang paling saya rasakan ialah video call. Saya yang tinggal jauh dari orang tua, punya kebutuhan tinggi untuk menelepon jarak jauh sambil melihat wajah satu sama lain.

Di masa ini, adanya aplikasi Skype dan WhatsApp Video Call membuat hal itu jadi mungkin. Sekarang, saya dan orang tua saya melakukan video call untuk menyelesaikan urusan kangen-kangenan. Dan urusan malarindu ini tidak bisa selesai hanya dengan saling mengetikkan pesan di kolom WhatsApp.

Feature video call disukai karena kita bisa melihat ekspresi lawan bicara kita. Membaca gestur memberi nilai lebih dalam komunikasi. Dan nilai dari gestur ini tidak akan terbaca jika komunikasi hanya dalam sebatas tulisan. Dengan membaca ekspresi lawan bicara, isi komunikasi pun terpahami lebih mudah.

Sinyal 4G
Sinyal 4G mempermudah video call segampang menelepon.
Gambar diambil dari artikel situs teknologi tentang aplikasi video call terbaik.

Dan video call yang interaktif lebih terasa nyaman jika digunakan di jaringan 4G. Lebih mulus, bebas dari buffer, pembicaraan pun tidak tersendat-sendat. Terasa sekali perbedaannya, apalagi kalau dibandingkan dengan jaringan 3G HSPA.

Mengapa 4G, Bukan 3G ?

Semenjak saya menggunakan HP 4G LTE, saya memang merasakan internetan terasa lebih lancar daripada ketika saya masih memakai HP 3G. Dalam jaringan 4G LTE, kita bisa mengupload suatu file dengan kecepatan hingga sekitar 75 megabyte per detik. Artinya, kalau mau mengupload sebuah video high definition ke YouTube berdurasi empat menit, paling-paling hanya perlu dua detik. Kalau mau download pun, kecepatannya lebih ajib lagi, bisa mencapai 150 megabyte per detik.

Jaringan 3G itu mencakup semuanya: koneksi data, SMS, dan panggilan suara. Jika Anda ingin mendownload sesuatu dari internet, operator jaringan membuat instruksi download Anda harus bersaing dengan pelanggan lainnya yang sedang mengirim SMS atau bahkan sedang menelepon.

Bedakan dengan jaringan 4G (atau lebih tepatnya 4G LTE, yang merupakan standar komersil 4G di seluruh dunia), yang hanya mengerjakan koneksi data, tanpa mengurusi traffic SMS atau pun panggilan suara. Maka jika Anda ingin mendownload sesuatu, Anda tidak perlu bersaing memperebutkan koneksi dengan pelanggan lain yang hanya bermaksud menelepon atau cuma mau SMS-an.

Manfaat Jaringan 4G LTE bagi Kehidupan

Semakin kencang koneksinya, maka semakin besar data yang diunduh orang-orang. Data yang di-download bisa difungsikan macam-macam untuk hajat hidup orang banyak.

Saya ambil contoh salah satu toko makanan kelas medium di Indonesia. Toko ini termasuk sukses memberdayakan social media untuk menciptakan omzet. Salah satu triknya, mereka seringkali menyuting situasi toko mereka, yang penuh dengan pelanggan. Video berdurasi 30-60 detik ini diunggah ke Instagram, membuat penonton menjadi penasaran dan ingin datang juga ke toko tersebut.

Akan biasa-biasa saja kalau toko ini berada di Jawa, tempat berpusatnya kemakmuran nasional. Tetapi toko ini berlokasi di Makassar, dan social media marketing mereka yang melibatkan video membuat toko mereka menjadi trending topic tingkat regional. Audiens yang menonton video mereka tidak cuma berlokasi di Sulawesi, tetapi toko ini juga merambah audiens dari Kalimantan dan Jawa. Kue buatan mereka menjadi request nasional, permintaan delivery ke luar pulau terus meningkat.

Begitulah efek penggunaan video dalam social media marketing, dan manfaat jaringan 4G LTE begitu signifikan dalam menyebarluaskan konten itu. Padahal tahun lalu, traffic data di Sulawesi paling banter hanya 7,5 juta terrabyte (bandingkan dengan traffic data Jawa yang mencapai 35 juta terrabyte).

Bukan cuma mempermudah video call dan memeriahkan social media, potensi manfaat jaringan 4G LTE terutama ialah menaikkan kualitas hidup kita. Jika tiap orang punya HP 4G LTE, kegunaan 4G LTE akan terasa dalam menghemat waktu yang harus dia keluarkan untuk berkomunikasi.

Cara mengubah jaringan 3G menjadi 4G
Jaringan 4G mempermudah komunikasi, sehingga mengefisiensikan segala macam kordinasi pekerjaan.
Gambar diambil dari artikel situs perusahaan tentang manfaat bebas roaming di Eropa.

Dia bisa berkordinasi dengan koleganya dari segala tempat. (“Boss, seperti yang Boss lihat sekarang di layar HP Boss, saya sedang terperangkap kebakaran hutan dan asapnya makin tebal, uhuk… uhuk!”)

Dia bisa berhubungan dengan keluarganya dari tempat jauh. (“Emak, aku tak jadi pulang bulan ini ya. Itu pohon-pohon mangga di belakang Emak ternyata belum pada matang. Aku datangnya bulan depan saja kalau sudah pada ranum semua.”)

Dia bisa bersekolah meskipun sekolahnya jauh dari rumah. (“Pak Guru, ini saya tunjukkan lembar jawaban ujian saya. Saya email foto halaman LJK-nya ke Bapak ya. Mohon maaf saya tidak bisa pergi untuk ujian akhir, karena air laut sedang pasang dan saya tidak berani berenang ke sekolah. Lagipula di pulau sini hujan turun terus, seragam saya belum kering-kering jua dari jemuran..“)

Dia bisa berinteraksi dengan rekan kerjanya meskipun beda lokasi, dan meskipun interaksi kerja itu harus melibatkan dokumen-dokumen berukuran besar. (“Dokter, saya sudah mengevaluasi file gambar MRI pasien yang Anda kirimkan. Sebaiknya pasien itu disiapkan untuk microdisectomy karena discus intervertebralis di cervicothoracal itu sudah keluar menembus canalis spinalis. Tolong informasikan keluarganya bahwa kalau kita tidak operasi sekarang, si pasien bisa lumpuh permanen. Apakah fasilitas set mikro di tempat Anda sudah memadai atau perlu kami kirimkan bantuan set tambahan?”)

Memang untuk bisa menikmati manfaat jaringan 4G LTE, konsumen mesti menggunakan HP 4G LTE, dan menggunakan SIM card 4G pula. Jika Anda ingin menikmati jaringan 4G XL, SIM card Anda yang masih berkemampuan maksimal 3G itu bisa di-upgrade. Cara daftar jaringan 4G dapat dilakukan melalui layanan over-the-air, mendatangi counter XL Center, atau bahkan minta dikirimkan kartu 4G secara gratis. Mengupgrade smartphone untuk menyesuaikannya dengan kecepatan jaringan terkini akan membuat kerja kita dalam mengupload konten pun jauh lebih produktif. Karena orientasi kita memang menghasilkan konten (upload), bukan hanya menikmati (download).

Karena kita berada dalam kondisi yang berbeda-beda, dengan situasi lingkungan yang berbeda-beda pula. Tetapi seharusnya perbedaan itu tidak jadi penghalang untuk mencapai kemakmuran yang sama. Kesenjangan antar daerah, antar profesi, antar level sosial, bisa dijembatani dengan komunikasi. Dan manfaat jaringan 4G LTE yang paling penting, adalah menciptakan komunikasi agar menghemat waktu banyak orang untuk membuat segala pekerjaan menjadi lebih efisien.

manfaat jaringan 4G LTE

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *