Tips Memilih Baju Tidur Wanita yang Nyaman

Anda pasti sepakat dengan saya, perempuan kalau milih baju bisa jadi lebih rumit ketimbang milih beras. Kalau milih baju pergi mungkin masih bisa dimaklumi, tapi ternyata cuma milih model baju tidur pun juga bisa jadi rumit.

Nggak masalah kalau Anda masih jadi anak kuliahan yang tidur sendirian. Mau tidur pakai kaos usang yang sudah bulak pun tak akan ada yang peduli.

Bahkan kalau pun Anda tinggal di kost-kost-an, separah-parahnya yang melihat model baju tidur Anda adalah teman kost doang yang mungkin juga masih sama-sama nggak ngurusin perdetailan fashion.

Kenapa Jangan Asal-asalan Kalau Milih Baju Tidur?

Akan jadi masalah kalau Anda yang single ini sudah rada gedean, katakanlah sudah berumur 25 tahun ke atas. Akan ada satu-dua kesempatan di mana kita mungkin akan tidur dengan orang lain, di mana orang lain akan sengaja tidak sengaja menilai model baju tidur kita.

Contohnya, kita pergi outing kantor, tidur ramai-ramai dalam satu ruangan besar bareng kolega-kolega (dan mata-matanya boss!). Akan lebih bijaksana kalau kita pakai model baju tidur yang cukup kece biarpun itu hanya kaos.

Bahkan boss yang pergi outing bareng kita pun akan menilai performa kita dalam memilih model baju tidur. Coba dipikir, dari sekian banyak karyawan mediocre yang prestasinya segitu-segitu aja tapi harus ada yang dipromosikan, kira-kira siapa yang lebih pantas dapat naik jabatan, cewek yang tidur pakai kaos bulak atau cewek yang baju tidurnya nampak bagus?

Lebih-lebih lagi kalau sudah punya suami yang sudah pasti akan tidur bareng kita. Tidur sudah pasti mesti lebih seksi kalau kepingin pernikahannya penuh asmara bak film Fifty Shades of Grey. Dan keseksian di dalam kamar itu juga dikontribusikan dari cara kita memilih model baju tidur.

Ya atuh, kan beda cara kita berpakaian di depan suami dengan cara kita berpakaian di depan teman-teman kalau lagi pesta piyama?

Karena tampil gaya di tempat tidur itu pertanda kalau kita masih menghargai diri kita sendiri. Lha siapa lagi coba yang mau menghargai kita lebih kalau bukan diri kita sendiri?

Problem Menemukan Baju Tidur yang Pas

Di masa kini, kita bisa menemukan banyak banget model baju tidur wanita di pasaran. Wanita itu punya macam-macam selera dalam urusan memilih baju tidur; ada yang senang pakai piyama, ada yang senang pakai kaos oblong saja, ada yang senang pakai daster, malah ada juga yang tipe-tipe suka pakai intimate wear macam lingerie atau panties (ini mah saya!)

Sayangnya, cari baju tidur yang enak itu susah. Nggak semua produsen apparel bisa bikin baju tidur yang bermutu. Dan baju tidur yang cukup bagus kualitasnya juga nggak gampang ditemukan di sembarang toko.

Pada akhirnya sering banget kita terjebak karena saking butuhnya model baju tidur terbaru (because siapa juga yang betah pakai daster lama yang warnanya sudah bulak itu?), kita terpaksa mentok dengan pilihan baju yang ada di toko itu. Sayangnya baju tidur yang tersisa di toko tinggal baju yang kebetulan nggak bikin nyaman ketika tidur. Akibatnya kalau dipaksakan dipakai, tidur kita malah nggak pulas. Dan jadi mimpi buruk. Mimpinya berupa badan gatel-gatel. Eh..pas terbangun, ternyata gatel beneran gegara bahan baju tidurnya itu bahan yang jelek.

Kali ini saya mau bagi-bagi tips memilih model baju tidur wanita yang nyaman. Karena cari baju tidur itu nggak bisa sembarangan, kalau kita kepingin tidur dengan pulas dan bangun dengan segar.

(Sorry, saya belum bisa kasih tips baju tidur buat pria. Nunggu suami bikin guest post dulu di sini, hahahaha..) Tapi Anda audiens yang sudah jadi bapak-bapak mungkin perlu tips ini juga untuk kado anniversary Anda kepada istri Anda. Eh..masih inget tanggal anniversary pernikahannya kan? :-p

(Abaikan pembaca pria yang tepok jidat di pojokan)

Perhatikan Material Baju Tidurnya

Bahan material baju tidurnya mesti pas dengan cuaca di daerah kita. Kalau cuacanya sedang panas, baju tidur katun itu paling pas. Tapi kalau cuacanya dingin, bolehlah pakai baju tidur dengan bahan lycra yang kainnya tebal.

Pilih Model Baju Tidur yang Cocok

Kalau kita orangnya simpel dan nggak suka ribet, maka model one-piece set itu cocok.

Tetapi kalau kita orangnya sophisticated dan punya ritual untuk gangguin suami dulu sebelum tidur, coba pilih set atasan dan bawahan, atau set lingerie dengan panties sekalian.

Hanya ingat kebanyakan lingerie dibikin dari bahan-bahan sutera, sifon, atau bahkan tile yang sebetulnya nggak bersahabat dengan keringat. Akan jadi problem kalau pilih model ini, padahal kamar tidur Anda nggak ada AC-nya. Dalam kondisi kayak begini (ciyee..saya ngomong kayak kapten mau perang aja), kita bisa tetap pakai baju tidur katun, tapi tetap pilih model yang cukup bagus.

Pilih Warna Kesukaan

Warna baju tidur yang cerah cocok dengan karakter periang, sementara warna gelap bisa bikin cepat ngantuk kalau mau tidur.

Tentukan Motif Baju

Kalau Anda masih tidur sendirian dan punya jiwa abegeh, masih cocok pakai baju tidur dengan motif boneka atau motif bintang-bintang. Motif ini pas untuk occassion pesta piyama yang acaranya nonton film horor sambil tuker-tukeran jagung bakar.

Tetapi kalau sudah rada dewasaan dikit, dan pingin rada berwibawa di hadapan kolega pas lagi terpaksa berbagi kamar hotel ketika lagi perjalanan dinas, bisa pilih motif kembang-kembang atau sekalian aja motif garis-garis.

Kalau Anda punya suami dan sedang cari trik supaya suami gampang “on” sebelum tidur, hindari baju dengan motif karena motif itu justru akan mengalihkan perhatiannya. Lebih baik pilih baju tidur yang nggak ada motifnya sekalian.


Kalau Anda perempuan-perempuan kepingin baju tidur yang nyaman, MatahariMall.com jual baju tidur wanita berkualitase dengan varian model dari brand yang cukup kredibel. Di e-commerce yang satu ini, bisa pilih baju tidir dengan beragam model dan motif. Dan warna sesuai kesukaan kita lho.

Apakah Anda bangga kalau memandang baju tidur Anda di cermin? Bookmark dong artikel ini kalau Anda merasa butuh cari baju tidur baru 🙂

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

12 comments

  1. Ria says:

    hahahhaha, jiwa abegeh… Aku gak pernah pakai lingerie … kl tidur ya kaos tipis sama celana pendek atau legging tipis 🙂

  2. Natasya says:

    Ngomong2 soal baju tidur, paling juara tuh daster sih sebenernya. Tapi emg bener, kalo utk acara outing atau lagi ngetrip bareng temen lah, ttp harus punya piyama cantik

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, saya sendiri kalau mau menginap bersama teman, saya selalu pusing sendiri karena nggak mau kelihatan jelek pas lagi tidur. Kecuali kalau saya dapet kamar sendiri, hahahaha..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *