Spa yang Bisa Dimakan

Apa? Spa-nya bisa dimakan? Ada, gitu?
Spa Kesukaan Saya

Saya senang spa semenjak 10 tahunan lalu. Menurut saya, spa sudah termasuk jadi bagian dari perawatan kesehatan buat tubuh.

Makanya kalau lagi lewat salon, saya selalu mencari apakah salonnya itu sedia perawataan spa atau enggak. Spanya diapain, pijat doang atau lulur juga. Dan spanya higienis atau enggak.

Buat standar saya, spa yang paling ajib itu harus termasuk pelayanan lulur. Pasalnya, lulur ini punya manfaat eksfoliasi sel-sel kulit mati dengan butir-butiran kasarnya itu. Dan buat saya, lulur justru yang paling sulit saya kerjakan sendiri di rumah.

Selera tentang Spa

Bicara soal spa, saya juga suka pilih-pilih tentang bahan spa. Kalau di salon-salon, pasti sering ditanyai mau spa rasa apa. Biasanya saya pilih spa rasa gourmet. Sebab kalau suami saya mengendus body saya yang bau gourmet macam bau green tea atau bau cokelat, dia akan jadi lapar dan ujung-ujungnya dia mau minta ndusel, hahahaha..

Bicara soal spa gourmet, sekarang pun udah banyak kosmetik untuk spa yang memakai aroma gourmet untuk bahannya. Dan kosmetik-kosmetik beginian banyak dipakai di salon-salon. Tapi..apakah Anda percaya kalau spa berbau gourmet itu sungguhan dibikin dari bahan makanan?

Karena kadang-kadang beberapa salon cuma pasang spa gourmet sebagai gimmick nama doang. Contoh paling gampang misalnya, spa green tea. Namanya aja green tea. Tapi bahan yang dipakai ya tetap krim scrub dari lauryl sulfat yang diberi pewangi beraroma green tea. Bukan ampas teh hijau yang dijadikan adonan lulur.

Makanya kalau mau spa gourmet sungguhan, saya lebih percaya kepada spa organik. Spa organik ini adalah spa yang bahan-bahan perawatannya dengan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa campuran bahan kimiawi sintetis. Malah kalau bisa, saking alaminya, bahan spanya mesti bisa dimakan.

Kenapa Spa Organik?

Manfaat spa organik sebetulnya lebih jelas kalau saya terangkan asal mula kebutuhannya.

Badan kita nggak hidup sendirian, tiap hari berhubungan dengan polusi. Contoh sumber polusi ini bisa berasal dari makanan (coba dipikir, apakah nasi yang kita makan itu sungguhan berasal dari padi yang bebas pestisida?). Sumber polutan lainnya bisa juga berasal dari debu, asap rokok, dan asap kendaraan bermotor.

Sehari-hari, saya merawat kulit saya dengan mandi dan melembabkan kulit. Tentu saja cara melembabkan kulit tubuh yang saya kerjakan ya dengan pakai kosmetik pelembab. Kosmetik yang saya gunakan ini sebetulnya juga polutan, meskipun mungkin tujuannya untuk kesehatan tubuh juga.

Pada akhirnya, semua polutan ini adalah radikal bebas yang bisa merusak keseimbangan atom di tubuh saya. Efeknya tentu saja badan saya akan gampang kena penyakit. Bahkan kalaupun saya tinggal di sawah dan jadi vegetarian pun, saya akan tetap kena radikal bebas. Karena sumber radikal bebas terbesar adalah sinar matahari yang abad ini panasnya sudah semakin nyelekit.

Untuk bisa menetralisasi radikal bebas, tubuh saya perlu antioksidan. Antioksidan ini bisa diperoleh dari bahan-bahan makanan hewani maupun dari tumbuhan. Antioksidan akan masuk ke tubuh saya, bisa dalam bentuk makanan yang saya konsumsi, dan bisa juga dalam bentuk perawatan kulit pada tubuh.

Maka di sinilah fungsinya spa organik. Merawat kesehatan melalui perawatan spa, untuk memberikan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas, dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bebas dari polutan sintetis.

Bahan-bahan yang biasa dipakai untuk spa organik itu banyak banget. Salah satunya ialah yang pengen saya ceritain di artikel ini, yaitu beras hitam.

Manfaat Beras Hitam Organik

Anda mungkin sudah sering dengar tentang betapa seringnya para pengidap diabetes memburu manfaat beras hitam organik sebagai pengganti beras putih. Tetapi sedikit orang yang tahu bahwa manfaat beras hitam untuk kesehatan kulit ini besar banget.

manfaat beras hitam organik
Manfaat beras hitam organik bagi kesehatan kulit sangat besar dan bisa dibentuk menjadi beragam bahan scrub dan masker.
Beras Hitam untuk Pelembab

Salah satu jimat rahasia yang dimiliki oleh beras hitam adalah senyawa cakep bernama black rice hydrolyzed peptide, atau yang sering disingkat para ilmuwan sebagai BRP. Menurut Sim Gwan Sub (2006), peneliti kosmetik asal Korea, kandungan beras hitam berupa BRP ini punya andil untuk meningkatkan pembentukan senyawa lain yang bernama asam hialuronat.

Asam hialuronat ini jadi penting karena sepakterjangnya dalam lapisan kulit. Dia mempertahankan kadar air di antara sel-sel supaya sel kulit tetap lembab dan nggak gampang dehidrasi.

Jadi, manfaat beras hitam untuk kesehatan kulit ini ialah menjaga agar kulit tetap lembab. Perkara kelembaban ini penting buat para konsumen yang merasa kulitnya mengering, misalnya karena usia yang sudah bertambah (baca: makin bangkotan) atau karena sehari-harinya selalu terpapar air conditioner.

Beras Hitam untuk Menghaluskan Wajah

Senyawa penting lainnya dari kandungan beras hitam adalah alantoin. Alantoin ini adalah senyawa yang punya sifat menghancurkan lapisan keratin alias lapisan kasar yang menyumbat kulit.

Pada kulit yang berminyak, lapisan keratin ini jadi momok lantaran menyumbat lemak, menjadikannya lemak padat yang menonjol dari dalam kulit, sehingga menjadi jerawat. Alantoin bekerja membuka lapisan keratin ini supaya hancur, sehingga lemak yang terjebak di dalamnya bisa mengalir keluar. Akibatnya, jerawat akan hilang dari wajah.

Bahkan pada kulit yang nggak berjerawat, lapisan keratin ini tetap eksis mengganggu. Keratin ini membuat tekstur wajah tidak merata. Terasa efeknya ketika kita memakai bedak atau foundation, karena efek coverage-nya tidak halus.

Dengan memberikan alantoin dari beras hitam pada wajah, lapisan keratin akan terkikis, sehingga tekstur wajah lebih merata. Dan kalau pasang foundation, tidak akan kelihatan cakey ketika difoto secara close up.

Beras Hitam untuk Menerangkan Kulit

Mitsuo Miyazawa, peneliti asal Osaka (2003) pernah menulis bahwa manfaat beras hitam yang lain berasal dari senyawanya yaitu tirosinase inhibitor. Sesuai namanya aja, tirosinase inhibitor ini bekerja menghambat tirosinase, suatu protein yang punya andil untuk proses melanogenesis. Bisa ditebak bahwa melanogenesis adalah proses pembentukan pigmen melanin yang bikin kulit nampak gelap.

Artinya, makin tinggi kadar tirosinase inhibitor di kulit, semakin sedikit melanin yang terbentuk. Dan semakin kecil kemungkinan kukit kita menghitam, sehingga meningkatkan kesempatan kulit kita untuk bersinar dengan sehat.

Jadi, manfaat beras hitam bukan untuk memutihkan kulit. Tetapi kandungan beras hitam ini yang membuat kulit jadi lebih bercahaya.

Beras Hitam untuk Anti Aging

Dan pada akhirnya, manfaat beras hitam yang banyak disukai orang ialah karena mengandung banyak kolagen. Untuk para konsumen yang telah mengalami penuaan dini dan produksi jaringan kolagen di kulitnya sudah merosot, beras hitam ini memberikan banyak kolagen buat mereka.

Dengan segala kandungan beras hitam ini, nggak heran kan kalau banyak pelaku industri kecantikan mulai melirik beras hitam ini sebagai bahan spa mereka?

Spa Beras Hitam di Surabaya

Di Surabaya tempat saya tinggal, gampang menemukan salon yang sedia servis spa beras hitam.

Herbs House of Relax and Spa (@relaxingherbspa) adalah tempat spa di Surabaya yang punya trademark khusus menggunakan bahan-bahan organik. Dan semenjak bulan lalu, salon ini me-launch servis barunya, yaitu spa organik berbahan beras hitam.

Layanan spa beras hitam ini mereka sediakan dalam bentuk paket spa. Terdiri atas:

1. Pijat badan (mereka memakai kombinasi minyak biji anggur, minyak zaitun, dan virgin coconut oil sebagai bahan pelicin pijatnya)

2. Sauna, untuk membuka pori-pori kulit

3. Scrub, dengan menggunakan body scrub dari adonan beras hitam untuk eksfoliasi kulit mati

4. Masker, dengan menggunakan bahan dari beras hitam juga

5. Mandi berendam busa, dalam bak mandi yang sudah dibubuhi minyak zaitun (sebagai antioksidan) dan absorbed salt (untuk mengangkat sel kulit mati dan juga sebagai relaksasi).

Selain spa untuk badan, Herbs Spa Surabaya juga sedia paket facial dengan beras hitam pula. Pada paket facial ini, body scrub beras hitam dihaluskan sebagai facial scrub dan paketnya diakhiri dengan masker wajah.

Lihat video ini ya yang menunjukkan demo body spa dan facial spa di Herbs Spa Surabaya.

Yang menarik dari spa beras hitam di Herbs Spa Surabaya ini, semua bahan spa akan diracik sendiri langsung di hadapan kliennya (dan kliennya bisa motret langsung buat dipamerin di Instagram-nya). Thalib Alkatiri (@thalibalkatiri) dan Syukriya Alkatiri (@syukriya73), founder-nya Herbs Spa malah memeragakan langsung cara pembuatan bahan spa beras hitamnya di hadapan saya.

Beras hitam kualitas food grade, untuk pembuatan bahan spa ini, diambil kulit arinya dan dihaluskan. Lalu beras halus ini dicampur dengan susu, madu, dan minyak essential almond. Hasilnya diaduk menjadi scrub, dan siap dibalurkan ke tubuh klien.

Bahan yang sama juga dibikin untuk membuat lulur wajah maupun masker, tetapi tingkat kehalusannya berbeda.

Dengan adanya spa organik berbahan beras hitam ini, setiap orang bisa dapat kulit yang sehat, lembab, dan cantik. Kandungan beras hitam cocok untuk segala usia dan segala concern-nya. Termasuk bagi mereka yang punya problem kulit sensitif atau mereka yang sedang ingin memperlambat penuaan dini.

Anda yang ingin mencoba manfaat beras hitam dalam spa organik ini bisa datang ke Herbs Spa Surabaya pada lokasi berikut ini:

Semua foto oleh Vicky Laurentina.

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

7 comments

  1. Hastira says:

    beras hitam memang banyak manfaatnya ya, aku pernah ke kafe di bandung dg menu pakai beras hitam

  2. Nining says:

    Beras hitam, hmmm aku trus keinget pas di rumah mertua disuguhin bubur beras hitam. Kukira awalnya itu ketan hitam, tapi kok lebih berserat dan amat sangat mengenyangkan. Ternyata beras hitam, yummy mbak hihihi.
    Jadi pengen maem, eh spa 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *