Merawat Wajah yang Bisa Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit sebetulnya merupakan keperluan yang entah gimana rasanya butuh nggak butuh. Di satu sisi saya merasa puas dengan kulit wajah saya yang terang enggak, tapi keling juga enggak.

Tapi tinggal di Surabaya adalah tantangan tersendiri lantaran sinar mataharinya cukup terik ditemani suhu kota yang nggak terkontrol, bikin kulit rasanya terbakar selalu.

Problem yang cukup mengganggu sekarang adalah mulai munculnya flek-flek di muka yang nongol tanpa diundang. Sepertinya saya mesti mengakui bahwa seiring dengan usia yang makin nambah, maka kulit saya makin kewalahan melawan sinar matahari.

Kalau kulit jadi tanning merata sih no prob, tapi yang sebel adalah bintik-bintik hitam yang muncul ini. Makanya saya merasa butuh belajar tentang bagaimana cara merawat wajah yang bisa sekaligus mencerahkan wajah.

Agak repot mencari whitening skincare yang bisa dipakai rutin mengingat standar emas di pasarannya masih hidrokuinon. Padahal hidrokuinon yang dipakai terus-terusna juga nggak baek, bisa bikin pigmen asli kulit jadi hilang dan malah jadi bakal penyakit baru.

Lalu saya dibisikin teman untuk mencoba mencerahkan wajah dengan whitening skincare keluaran Karadenta Clinic. Pakai skincare dari PT Putihbersih Dermaessen Indonesia ini merupakan cara mencerahkan kulit wajah yang lumayan manjur tanpa tergantung kepada hidrokinon. Syaratnya simpel, mesti pakai satu set rangkaiannya secara teratur selama 21 hari.

Whitening Skincare Set

Whitening skincare set dari Karadenta Clinic ini terdiri atas enam item: susu pembersih, facial wash, toner wajah, krim pelembab wajah, serum, dan tabir surya untuk wajah.

Seperti biasa, saya kalau mau pakai skin care pasti selalu skeptis sama bahannya dulu. Set whitening skincare dari Karadenta Clinic ini digawangi terutama oleh minyak biji bunga matahari, dan ini yang bikin saya langsung setuju untuk mencerahkan wajah dengan skincare ini. Nanti saya jelasin bagamana korelasi minyak biji bunga matahari bisa bikin kulit wajah kita memutih dengan aman.

Sebetulnya yang mengandung minyak biji bunga matahari dari Karadenta Clinic ini cuman susu pembersih dan krim pelembabnya doang. Komponen ketiga yang penting adalah serumnya, karena serumnya mengandung vitamin C yang sebetulnya juga untuk mencerahkan wajah.

Adapun facial wash-nya digawangi oleh surfaktan, yah standarlah seperti busa-busa pembersih lainnya di pasaran. Toner wajah yang tersedia nya juga didominasi alkohol, seperti toner pada umumnya. Tabir surya sendiri dikerjakan oleh octocrylene, yang fungsinya memang menghalau sinar matahari Ultraviolet B.

Pengalaman Saya dengan Whitening Skincare Set Karadenta Clinic

Saya punya kulit yang cenderung ada bintik-bintik hitamnya, sebagai akibat sering njemur pakaian di siang hari dan gabungan dari komedo juga. Lalu saya memutuskan buat mencerahkan wajah memakai whitening skincare agent dari Karadenta ini selama tiga mingguan untuk melihat hasilnya.

Cara mencerahkan kulit wajah
Susu pembersih dari Karadenta Clinic.
Nampak pada bahannya terutama berupa minyak bunga matahari yang punya kemampuan mencerahkan kulit wajah.

Saya nggak menggunakan susu pembersihnya banyak-banyak. Cara membersihkan wajah yang saya lakukan ialah dengan mengoleskan sepanjang sekitar 3 cm-an. Itu sudah cukup untuk bersihin muka saya. Susu pembersih ini cukup untuk bersihkan sisa-sisa pelembab atau debu rumah yang nempel di wajah. Tetapi kalau mau mengangkat sisa eyeliner, saya masih harus memakai bantuan eye make-up remover. Oh ya, untuk susu pembersih ini saya memakai tiga kapas untuk memastikan wajah bersih dari bedak.

Kesehatan kulit wajah
Facial wash untuk membersihkan wajah.
Kesehatan kulit wajah dimulai dari wajah yang bersih.

Selesai bersih-bersih muka dengan susu, saya lanjut dengan facial wash. Saya pakai sekitar 1 cm-an aja. Busanya lembut, nggak bikin perih.

Tips kecantikan
Toner untuk mengkondisikan kulit supaya siap ditempa dengan nutrisi dari pelembab dan serum.

Toner-nya saya pakai sekitar lima tetes di kapas. Tips kecantikan dari saya ialah cukup tepuk-tepukin toner doang di wajah, jangan digosok-gosokin seperti ngegosokin kapasnya cleanser. Nggak ada sisa bedak atau sisa daki di kapas, berarti facial wash-nya cukup bersih.

Pelembab wajah
Pelembab wajah dari Karadenta Clinic yang kandungan utamanya juga berupa minyak bunha matahari untuk mencerahkan kulit wajah

Saya pakai krim pelembab wajah dua kali, pagi dan malam hari. Ini saya olesin sekitar 6 cm-an supaya dapat merata untuk seluruh wajah dan leher. Ada rasa lembab di wajah, tetapi nggak terlalu lengket. Meskipun krimnya mengandung whitening agent, tetapi nggak lantas bikin muka sperti pakai topeng putih. Biasa ajalah waktu saya lihat di cermin.

Serum mencerahkan wajah
Serum yang mengandung vitamin C 10% untuk mencerahkan wajah

Setelah pakai krim pelembab wajah, saya pakai serum vitamin C-nya. Ini saya tetesin sekitar empat tetes di wajah, yaitu di jidat, di hidung, dan di kedua pipi. Serumnya nggak begitu berminyak, jadi aman kalau setelahnya mau saya timpa dengan bedak.

Tabir surya untuk wajah
Tabir surya dari Karadenta Clinic terutama didominasi octocrylene yang punya fungsi menangkal radiasi sinar UV B yang dapat menimbulkan tanda-tanda penuaan

Saya pakai tabir surya dua kali, yaitu pagi dan siang sesudah sholat Dzuhur. Sebetulnya saya percaya octocrylene bisa mencegah kulit kita dari sinar matahari yang menciptakan spot-spot hitam. Tetapi sayangnya pada kemasan tabir surya Karadenta ini nggak ada keterangan SPF berapa, sehingga saya terpaksa jaga-jaga dengan memakai sunsreen ini setiap 150 menit.

Setelah saya mencoba cara merawat wajah dengan whitening skincare set Karadenta ini, saya selfie ulang. Ternyata hasilnya tone warna kulit saya memang lebih merata. Bintik-bintik hitam sedikit memudar. Mungkin bintik-bintik ini akan bisa hilang total kalau saya rajin mengulang ngolesin tabir surya (soalnya kadang-kadang saya suka bolos sunscreen, gegara si Fidel suka narik-narik saya buat ngajak main mobil-mobilan pas saya lagi gosok-gosok muka).

Kerjaan Bahan Karadenta Clinic sebagai Skin Care untuk Mencerahkan Wajah

Kenapa saya percaya dengan whitening skincare Karadenta, karena bahan minyak biji bunga matahari yang diusung oleh skin care mereka ini.

Saya ingin cerita bahwa kulit kita ini bisa gelap lantaran kebanyakan pembentukan pigmen melanin, seperti hal yang umumnya terjadi pada orang-orang yang hidup di sekitar garis khatulistiwa. Ini yang menjadi hambatan terbesar orang-orang untuk mencerahkan wajah. Sebetulnya pembentukan melanin ini bisa dihambat, dengan cara mengubah eumelanin (pigmen gelap) menjadi phaeomelanin (pigmen terang). Salah satu senyawa yang cukup jagoan berperan dalam proses pengubahan eumelanin ini adalah glutathione.

Glutathione ini sebetulnya bisa dirangsang secara alami oleh makanan, terutama oleh brokoli, kembang kol, dan bahkan bumbu kayu manis. Tetapi saya nggak makan brokoli setiap hari karena harga setangkai brokoli di supermarket lebih mahal ketimbang sebatang Snickers, jadi kita terpaksa melirik bahan lain yaitu vitamin E dan vitamin C. Vitamin E dan vitamin C bukanlah sumber glutathione, tapi dia bisa meningkatkan kerja glutathione dalam badan kita supaya lebih tokcer lagi.

Dan sumber gizi untuk vitamin E yang cukup banyak ialah minyak bunga matahari. Jadi tips kecantikan yang mau saya kasih kalau mau mencerahkan wajah kita, banyak-banyaklah mengonsumsi minyak bunga matahari, karena manfaat minyak bunga matahari buat kulit wajah itu gede banget.

Pada set whitening skincare Karadenta Clinic ini, vitamin C menjadi bahan utama serumnya. Sementara minyak biji bunga matahari menjadi bahan utama susu pembersih dan krim pelembab wajah. Ngerti sekarang kenapa produk-produk ini bisa menghambat melanin, sehingga membantu mencerahkan wajah kita 🙂

bagaimana cara merawat wajah
Bagaimana cara merawat wajah yang baik itu dimulai dengan membersihkan wajah dan memberinya nutrisi dengan pelembab.
Dapat di Mana?

Whitening skin care set dari klinik Karadenta ini layak Anda coba kalau ingin improve tone warna kulit. Menurut saya, kalau kepingin mencerahkan wajah, prioritaskan pada susu pembersih, krim pelembab, dan serumnya, karena tiga item ini yang punya peran signifikan untuk memutihkan.

Bagian yang saya suka dari skincare yang satu ini adalah produk skincare Karadenta Clinic sudah bersertifikasi BPOM dan tidak mengandung paraben, merkuri, hydroquinone/hidrokuinon, steroid, dan retinoin. Kebanyakan memakai paraben bisa bikin kanker mammae. Merkuri sulit dibersihkan dari ginjal. Hidrokuinon merusak pigmen. Steroid yang dipakai terus-menerus bisa bikin tulang jadi osteoporosis. Dan retinoin bikin radang.

Anda bisa dapat set whitening skin care Karadenta ini di cabang-cabang Karadenta Clinic di Surabaya, Malang, Bandung, dan Samarinda. Klinik ini sudah bolak-balik di-review di Clozette Indonesia.

Alamat Karadenta Clinic Surabaya:

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

4 comments

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Hai..sekarang banyak lho yang jual produk Karadenta Clinic ini secara online. Coba kontak vendornya di Karadenta Clinic pada link di alinea terakhir 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *