Mau salin kontennya? Kontak saya dulu di vicky.laurentina@gmail.com

Yogurt Diet yang Lemaknya Sedikit

Cup yogurt di fridge-nya supermarket itu nampak menggoda sekali. Lukisan yogurtnya yang creamy malah mengingatkan saya kepada whipped cream putih. Saya tinggal pilih mau warna apa, variannya toh banyak dari merk itu.

Lalu saya melirik ke label harganya yang tergantung di rak. Seketika hati saya mencelos. Dooh.. mahal!

Khasiat Yogurt Buat Saya

Saya suka sekali yogurt semenjak beberapa tahun terakhir. Menjilat yogurt rasanya seperti melahap dessert. Manis seperti gelato, tapi lebih sehat.

Vicky Laurentina

Untuk tipe orang yang jarang makan sayur dan buah kayak saya, yogurt sangat membantu sekali bagaikan suplemen tambahan. Saya jarang punya waktu untuk memasak, makanya saya jarang makan serat-seratan. Yogurt punya khasiat probiotik banyak banget buat jagain flora usus, jadi saya mengandalkan yogurt ini supaya saya tetap gampang pup dan nggak kena sakit maag.

manfaat yogurt untuk diet

Harga Yogurt untuk Diet Mahal, Tapi Kalori Yogurt Masih Bejibun

Sayangnya, saya suka jiper kalau lihat yogurt-yogurt yang dijual di pasaran. Terutama jipernya itu setelah lihat daftar kandungan gizi di kemasannya. Kenapa lemaknya yogurt ini kok banyak sekali? Terus nanti ngebakar lemaknya gimana?? *menatap nanar ke sepeda statis di rumah yang sudah lama tidak dipakai*

Kalau saya nitenin daftar kandungan gizi di kemasan yogurt ini, saya pasti nemu lemaknya buanyaaak banget. Sekali saji, ya bisa sampai 7-8 gram gitu. Dan ini cukup merepotkan saya, soalnya saya sendiri masih dalam fase “bergerak segan, olahraga tak mau”. Saya jadi garuk-garuk kepala, ini dessert kok ngajak makan enak, tapi ya ngajak kulakan kolesterol juga, hihihihi.. *ketawa nangis*

Ya soalnya publiknya senengnya yang gurih-gurih, Vic. Kalau nggak gurih, nanti nggak laku..

Tapi memang yogurt-yogurt di toko ini rada gede-gede kalori lemaknya. Salah satu merk dikemas dalam satu botol yang isinya sampai 190 kkal, dengan lemak sampai 6 gram, serat pangannya cukup 3 gram aja, tapi harganya sekitar Rp 13k. Ada sih yang lemaknya cukup 4 gram aja, kalorinya juga cuman 140 kkal, serat pangannya 4 gram deh, harganya ya masih Rp 11k. Terus ada lagi merk lain, kalori cukup 92 kkal aja, dan lemaknya ngirit banget cukup 1,5 gram aja, serat pangannya 0,6 gram, tapi harganya Rp 25k-an, waaaks!

Mau lebih murah ya ada, harganya paling-paling nggak sampai Rp 8k per produk. Tapii..lemaknya banyak dan nggak ada serat pangannya sama sekali. Ini mah bukan yogurt untuk diet atuh..

Nemu Yogurt Rendah Lemak

Saya masih berada di depan fridge, dan pintunya masih terbuka. Mata saya menyisir rak yogurt itu satu per satu. Lalu tertumbuk pada segerombolan botol yang covernya didominasi gambar buah-buahan.

Tummy Yogurt Drink. What da heck is this? Saya ambil sebotol merk itu.

Logo Heavenly Blush ini nampak mencuri perhatian.
Belum lagu slogan high fiber low fat yang diusungnya.
Salah satu merk yogurt rendah lemak yang dijual di supermarket.

Frase high fiber makin ngetrend aja akhir-akhir ini.

Saya ambil beberapa variannya yang lain, terus saya balik kemasannya. Pas saya lihat kandungan gizi di belakangnya, tahu-tahu saya merasa seberkas cahaya matahari yang hangat merasuk ke dalam dada saya.

kalori yogurt Heavenly Blush Tummy Yogurt
Kalori yogurt Heavenly Blush Tummy Yogurt bisa dilihat di gambar ini.

Satu kemasan botol Heavenly Blush Tummy Yogurt ini volumenya 180 ml. Huh, hampir sebanyak satu kotak susu UHT kemasan travel?
Mengandung sampai 160 kkal. Oke, tidak terlalu banyak untuk dibakar.
Lemaknya 2,5 gram saja.

Wait… what??Minum sebanyak itu dan lemaknya cuman masuk dikit??

Saya lihat lagi daftar kandungan gizinya itu sampai ke bawah. Serat pangannya sampai 11 gram.
Apaaaa? Minum sebotol ini sudah dapet target serat sampai 44% AKG? Berarti kalau minum ini, sehat dong?!

Mencari Waktu yang Tepat untuk Minum Yogurt

Karena tertarik lihat kandungan gizinya, saya mencoba membawa 1-2 botol Tummy Yogurt ke rumah. Saya bawa yang rasa Mango Carrot sama Raspberry Broccoli.

Salah satu Tummy Yogurt-nya saya buka duluan segelnya pas mau makan siang. Ceritanya saya melahap nasi sama ayam goreng dulu seperti biasa. Setelah maemnya habis, baru saya buka Tummy Yogurt yang varian Mango Carrot.

Sebetulnya saya sudah kenyang dengan nasi ayamnya. Tapi setelah saya mengakhirinya dengan menenggak yogurtnya, saya langsung ngantuk luar biasa sampai jadi nggak napsu kerja lagi. Ampun deh, kalau kayak gini caranya, saya bisa cepat gemuk, dan kerjaan saya bakalan jadi tertunda.

Besoknya, saya coba buka yogurt satunya pas makan siang lagi. Kali ini, saya sengaja minum Tummy Yogurt yang varian Raspberry Broccoli-nya sampai habis. Baru setelah itu, saya mengganyang nasi dan ayam goreng saya.

Baru tengah jalan makan siang, saya mulai kehilangan selera makan lantaran.. kekenyangan? Apakah saya ngambil nasinya kebanyakan atau ngambil ayamnya kegedean?

Apakah minum Tummy Yogurt duluan itu membuat saya jadi kenyang duluan juga? Pikiran itu membuat saya mengerutkan kening.

Tapi sorenya, saya mencoba menyeret kaki saya ke Indomaret lagi. Masih ada Tummy Yogurt di sana, meskipun kayaknya stoknya sudah mau abis. Saya mencoba beli lagi, kali ini langsung 4-5 botol. Saya bahkan juga nyobain varian rasa lainnya, yaitu rasa Blueberry Redbeet.

Di makan siang berikutnya, saya mencoba mengulang lagi ulah saya kemaren. Saya minum yogurtnya dulu, baru makan nasi dan lauk seperti biasa. Supaya nggak kecele, sengaja saya ambil nasinya sedikit aja.

Eeh..beneran lho. Ternyata minum Tummy Yogurt duluan sebelum makan nasi ini sungguhan bikin saya kenyang duluan. Akibatnya, saya jadi nggak makan karbohidrat lagi banyak-banyak..

merk yogurt untuk diet
Tummy Yogurt, salah satu line dari Heavenly Blush, merk yogurt untuk diet.

Lalu saya ulang lagi eksperimen ini selama beberapa hari kemudian. Habiskan dulu yogurtnya sebelum makan. Kadang-kadang sebelum makan pagi, kadang-kadang sebelum makan siang. Gitu terus, sampai stok yogurtnya habis.

Lama-lama, saya jadi nggak ambil nasi banyak-banyak lagi. Suami saya heran. Kok nasi di rumah jadi agak jarang menanak ulangnya.

bolehkah ibu menyusui minum yogurt
Bolehkah ibu menyusui minum yogurt?
Tentu boleh, tidak ada larangan kok 🙂

Yogurt Heavenly Blush untuk Diet

Jadi, diet seringkali bikin kita susah. Gaya hidup kita memang maunya praktis instan sana sini, sehingga kita nggak sempat mengolah makanan buat kita makan sendiri. Makanan praktis yang siap saji sih bejibun banget di supermarket sebelah rumah, tapi gizinya sering nggak cocok buat kita yang lagi struggle ingin lebih sehat.

Saya seneng banget sama yogurt Heavenly Blush ini, soalnya kandungan serat pangannya memang banyak banget untuk satu kali saji. 43-45% AKG itu banyak lho, Sodara-sodara, tinggal minum ini dua kali sehari plus makan sedikit potongan wortel aja udah mencapai kebutuhan target serat kita sehari-hari.

Also, lemaknya juga dikit banget, cuman 2-2,5 gram, maka nggak kuatir jadi tabungan kolesterol signifikan yang kudu dibakar lagi oleh kita.
Maka, buat kita-kita yang kepingin bahan nutrisi yang nggak akan nambah-nambah berat badan kita, Tummy Yogurt ini cocok banget.

komposisi yogurt Heavenly Blush Tummy Yogurt
Komposisi yogurt Heavenly Blush mengandung probiotik dan serat dari sayuran dan buah-buahan.

Sekarang saya jadi rajin beli Tummy Yogurt Drink ini kalau ke supermarket. Anak saya kadang-kadang minta juga lho, hahaha..padahal ini kan nggak cocok buat dia yang jelas-jelas masih perlu lemak yang banyak. Akhirnya sebagai gantinya, saya beliin dia yogurt khusus untuk anak-anak yang sama-sama masih banyak serat pangannya.

Merk Yogurt untuk Diet

Heavenly Blush Tummy Yogurt Drink bukan satu-satunya merk yogurt untuk diet. Ada lagi merk-merk lainnya yang punya segmen target pasar yang mirip, antara lain Greenfields dan Elle and Vire.

Harga Yogurt untuk Diet

Kalau kamu kayak saya yang rajin mantengin harga-harga yogurt diet di toko-toko, tentu ngeh bahwa yogurt yang beneran rendah lemak sekaligus tinggi serat itu rerata masih di area Rp 12-13 ribuan ke atas per saji. Tapi Tummy Yogurt ini ciamik banget, dengan harga cukup Rp 12k aja, kandungan seratnya bertubi-tubi sampai 11 gram, dengan lemak tinggal 2 gram doang. Secara harga ya lebih valuable dong, ketimbang merk-merk yogurt lainnya?

Harga Heavenly Blush di Indomaret

Di Indomaret, harga Heavenly Blush Tummy Yogurt ini sekitaran Rp 11 ribuan saja. Sedikit lebih mahal daripada saudaranya, Heavenly Blush Yogoroto yang cukup Rp 10 ribuan, tapi serat pangannya juga masih lebih sedikit.

Kamu sudah coba yogurt rendah lemak dari Heavenly Blush ini? Apakah kamu udah coba Heavenly Blush versi bar-nya juga?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

10 comments

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Emmanuella, kemasan baru ini memang masih langka. Di Surabaya aja masih lebih banyak jual yang tetrapak daripada yang botolan. Sejauh ini aku baru nemu kemasan botolan ini di supermarket Bonnet dan Hokky.

      Dirimu nyetok di rumah ya? Sekali belanja biasanya beli berapa kotak?

  1. Mifthakaje says:

    Selain isa bikin diet… Yogurt isa bikin kulit bersih dan terlihat cerah.. Tp gak memutihkan loh yak.. Aku juga rutin minum yoghurt setiap hari.. Heavenly blush ini teksturnya lebih kental drpd minuman yoghurt yg lain.. Dan dominan rasa asem.. Tp asemnya seger gak bikin mata merem melek..

  2. Elangdrum says:

    Ngeliatnya aja seger, emang kebetulan sukak bgt sama varian susu, termasuk yogurt ini. Apalagi rasa & manfaatnya kaya banget. Wajib buat stok di kulkas nih!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *