Liburan ke Lombok Lebih Ngirit dan Praktis

Satu hal yang sering makan waktu sewaktu lagi bikin itinerary liburan adalah, kalau habis pesan tiket pesawat itu masih harus pesan hotel lagi. Atau bingung kalau ingin liburan ke destinasi tertentu, tapi bingung mesti pulang pergi naik pesawat lewat bandara mana.

Biasanya buat berburu tiket ini saya mesti browsing-browsing dulu dari satu website penjual tiket ke website tiket lainnya demi cari harga termuah yang paling update. Di tiap website bahkan saya dalamin dulu, apakah website-nya nyediain promo buat harga tiket. Tiket itu biasanya sering promo kalau penerbangannya malem. Atau terbangnya antara Selasa, Rebo, Kamis, atau Jumat. Saya ini pinter kalau nyari-nyari harga promo yang tersembunyi, baik itu promo yang menggunakan kartu kredit tertentu, atau promo yang pakai kode diskon tertentu, atau promo yang hanya berlaku pada jam-jam tertentu.

Setelah dapat harga tiket yang termurah, ritual saya pun ganti menjadi browsing-browsing harga sewa kamar hotel. Browsing a la saya lebih ruwet lagi karena saya mesti sesuaikan filter pencarian hotelnya sesuai selera saya (sediakan sarapan yang reputasinya enak, ada kolam renang buat anak balita, lokasinya strategis, dan syukur-syukur ada servis tambahan selain sewa kamar doang). Termasuk juga apakah ada promo tersembunyi buat harga hotel (saya langganan newsletter dari sekitar 5-7 website pencari hotel, jadi saya tahu mana aja website hotel yang sedang promo minggu ini).

Lantaran ritual dua kali browsing ini, proses perancangan liburan bisa jadi lebih lama. Kadang-kadang browsing harga begini aja bisa makan waktu berhari-hari (apalagi ketika saya lagi browsing, tiba-tiba Fidel malah narik-narik tangan saya ngajak main mobil-mobilan). Sering banget durasi browsing saya justru lebih lama ketimbang jumlah hari liburannya, wkwkwkwk…

Plan to Lombok

Dan sekarang pun terjadi lagi. Saya lagi bikin rencana nih, nanti sekitaran bulan Agustus saya ingin main ke Lombok bareng suami dan anak. Nggak usah lama-lama, 4 hari 3 malam aja udah cukup.

Saya coba nyari pesawat dong. Pilih terbang pulang pergi Surabaya Lombok. Waktu pergi, dapat pesawat Citilink jam tiga sore. Pulangnya pakai Citilink juga, jam enam sore. Total harga tiket pesawat Rp 2,7 juta.

Kemudian saya cari kamar hotel di Lombok utara selama tiga malam untuk dua orang dewasa. Sengaja saya pilih nginep di Lombok utara lantaran saya kepingin mendekati pelabuhan Pemenang, supaya gampang bolak-balik keliling Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air yang cantik-cantik itu pakai kapal. Saya ini demen kalau udah mainan island hopping, biarpun saya ini jenis manusia yang seneng mager di buritan kapal doang (dan siap-siap masuk angin).

Hasilnya, untuk urusan penginapan ini saya dapat 7 Springs Resort, yang posisinya persis di pinggir laut. Resort ini terdiri atas bangunan-bangunan bungalow bambu khas pantai gitu deh. Harganya sih lumayan, Rp 2,1 juta untuk tiga malam.

(Tentang 7 Springs Resort: Resort ini selalu jadi incaran saya semenjak jaman dulu kala. Tamu-tamu yang nginep di sini bisa dapet kursus kuliner gratis yang environment-friendly, yaitu cara bikin kombucha dan jun tea, plus cara bikin minuman buah-buahan untuk kesehatan dengan metode tradisional. Ada kursus berkebun kilat juga, macam aquaponic dan vermiculture gitu.)

Salah satu kamar di 7 Springs Resort yang sudah saya incar ketika nanti liburan di Lombok.

Jadi, total pesawat dan hotel Rp 4,8 juta. Plus bonus macam-macam workshop gratis. Sikat aja nih liburan.

Pesan Tiket dan Hotel Sekaligus

Saya lagi mikir-mikir apakah mendingan saya ganti kualifikasi hotelnya aja supaya bisa rada ngirit, mungkin yang nggak pakai fasilitas kursus-kursusan, pas tahu-tahu Fidel minta ditemenin main mobil-mobilan. Gegara Fidel minta ditemenin dorong-dorongin mobil pemadam kebakarannya, saya terpaksa duduk di lantai sambil pegang smartphone tapi dengan kualitas ketelitian browsing yang menurun habis. Akhirnya saya milih temenin dia, tapi smartphone saya baca yang ringan-ringan aja, yaitu artikel-artikel blog.

Saya lagi baca blognya Traveloka ketika mata saya tertumbuk ke salah satu artikel Traveloka Press berjudul Traveling Made Easier with “Flight + Hotel” by Traveloka. Saya mbatin, easier apanya, kan semenjak baheula juga interface-nya Traveloka sudah gampang buat dipakai browsing.

Tapi terus saya baca lagi, ternyata semenjak Juni lalu, Traveloka ngerilis feature baru di mana kita bisa pesan tiket pesawat dan hotel dalam satu kali bayar. Miriplah dengan feature Air Asia Go!, cuman Traveloka ini tentu saja bisa pesan segala maskapai pesawat.

Maka saya buka aplikasi Traveloka dan masuk ke menu Flight+Hotel. Saya coba masukin tanggal rencana liburan saya lagi ke Lombok ini untuk beli tiket pesawat, Surabaya-Lombok pp. Eh, saya perhatikan ternyata menu pesan tiket pesawatnya juga boleh pesan yang one way aja. Cocok nih buat pelanggan yang kepingin pesan pesawat waktu pergi, terus ketika pulang ingin ganti moda transportasi macam naik kereta atau bahkan naik bis.

Saya coba ambil rute pesawat dari Juanda ke bandara Praya,  untuk dua orang dewasa dan satu orang anak, pada tanggal awal Agustus, pulang pergi.

Lalu saya tambahkan detail menginap. Pingin kamar selama tiga malam, dengan tempat tidur untuk dua orang dewasa. Setelah filter bintangnya, saya dapat 7 Springs Resort lagi.

Saya submit pilihan saya, dan keluar harga totalnya. Dari feature Flight+Hotel ini, saya cuman perlu bayar Rp 4,7 juta untuk liburan bertiga ke Lombok.

Lho? Beda Rp 100k lebih murah daripada pilih pesawat dan pilih hotel secara terpisah? Dan lebih ngirit waktu buat browsing dong?

Ini kalau saya bisa ngirit Rp 100k untuk pesan tiket + hotel, maka duit segini bisa saya pakai untuk ngajarin Fidel macam-macam perosotan ekstrim di waterpark Batulayar, hahahahaha..

Booking dengan feature Flight+Hotel di Traveloka.
Yang semula harganya Rp 4,8 jutaan, tinggal kurang dari Rp 4,7 jutaan.
Saya milih bayar pakai BCA Klikpay.

Sekarang saya tinggal bayar, dan cara pembayarannya pun gampang lantaran ada banyak macam pilihan. Bisa transfer pakai BCA, Bank Mandiri, BRI, atau BNI. Bisa juga pakai kartu kredit Visa atau Mastercard. Bisa juga pakai ATM bank, ATM Prima, atau ATM Alto. Atau pakai xara instan macam BCA Klikpay, CIMB Clicks, atau Mandiri Clickpay. Atau bayar pakai debit Mandiri. Bahkan bayar via Indomaret atau Alfamart juga bisa.

Nginep Lebih Lama, Diskon Lebih Gila

Eh iya, paket tiket hotel Traveloka ke Lombok ini juga kasih diskon parah buat Anda yang terbang pulang pergi dari Jakarta, berencana nginep selama minimal tiga malam, dan reservasinya pakai aplikasi Traveloka di smartphone (atau login di website-nya langsung). Ambil contoh kita terbang  dari Jakarta dan pingin nginep di Hotel Ombak Sunset di pojokan Gili Trawangan yang kamarnya gede-gede itu. Kalau pesan dengan feature Flight+Hotel, maka diskonnya lebih dari 16%, ketimbang beli tiket pesawat dan hotel terpisah. Atau kita suka bungalow-bungalow kecil di Villa Jeeva Santai di Senggigi yang masing-masing punya kolam renang pribadi itu. Sama, diskonnya juga 16% dengan feature Flight+Hotel. Beneran diskonnya bikin kita kepingin ngepak koper!

Mumpung tahun ini masih banyak tanggal merah, apakah Anda kepingin liburan juga ke Lombok? Coba deh pilih paket tiket hotel Traveloka. Udah ngirit waktu buat browsing, jatuh harganya masih lebih murah pula. Ihiiiyy..!

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *