Ayo ke Coworking Space, Ada Lomba Blog di Sini!

Coworking space merupakan fenomena anyar di Indonesia, dan potensial banget buat jadi sarana belajar para wirausaha dengan modal kecil yang masih baru-baru. Kalian bisa belajar dan memanfaatkanĀ coworking space, sekaligus ikuti lomba blog berhadiah uang tunai senilai jutaan rupiah šŸ™‚

Kita-kita yang punya usaha sendiri kadang-kadang punya kendala susah untuk bekerja dengan efisien. Padahal, konon, yang namanya punya bisnis sendiri itu bisa kerja suka-suka kapan pun dan di mana pun. Tetapi pada prakteknya, kenyataan nggak seindah bayangan ideal, kan?

Ada yang sering terhambat koneksi operator internet yang putus-putus. Ada juga yangĀ ingin punya ruang kantor ala-ala di rumah dengan meja kerja yang nyaman, tetapi suasana rumah kurang mendukung (anak balita yang selalu minta ditemani main mobil-mobilan, desain ruang kerja yang sempit, sampai bau masakan dari dapur yang sering banget mengacaukan mood untuk bekerja). Rasanya inginĀ cari tempat yang koneksi wifi dan suasananya oke untuk kerja, tapi harus pergi ke kafe dan pesan kopi yang kebetulan harganya mahal.

Wirausaha dengan modal kecil yang masih kerja sendiri punya masalah lain lagi. Ada yang jatuh kebosanan karena kesepian, lantaran kerja sendiri. Ide kreatifnya mentok di situ-situ aja tanpa perkembangan baru.Ā Ia bingung ke mana harus mencari inspirasi, dengan siapa teman ngobrol untuk berbagi kesulitan, karena ya masalah itu-itu lagi, ia kerja sendiri.

Dan di situlah kenapa kita memerlukanĀ coworking space.

meja kerja minimalis desain ruang kerja minimalis
Coworking space merupakan tempat dengan desain ruang kerja yang nyaman sekaligus efisien bagi para pengusaha individual yang ingin bekerja dengan produktivitas yang tinggi.
Mengapa Coworking Space?

Coworking space akhir-akhir ini makin menjamur di kota-kota besar Indonesia, seiring dengan banyaknya pemuda-pemuda negeri ini yang bersemangat untuk bikin usaha sendiri, bekerjaĀ freelance, atau berkomunitas.Ā Coworking space berupaĀ ruangan luas berisi deretan meja kerja minimalisĀ dengan fasilitas wifi, di mana orang bisa duduk di sana dengan laptop masing-masing sambil bekerja berjam-jam. Orang bisa bekerja sendiri, bisa juga datang bareng kawan-kawannya untuk bekerja berkelompok.

Berbeda dengan bekerja memakai laptop di cafe,Ā coworking space punya keistimewaan bahwa penggunanya nggak perlu pura-pura pesan minum hanya untuk mendapatkan kata kunci wifi-nya. Malah pengunjung boleh bawa makanan sendiri dari luar, asalkan tidak sampai ngotor-ngotorinĀ coworking space. (Dan memang jarang terjadiĀ coworking space-nya kotor oleh remah-remah makanan. Karena orang datang ke sana untuk bekerja tekun, bukan untuk main laptopan sambil mencomot banana fritter aliasĀ pisang goreng jadi-jadian. :p)

Dan karena orang datang ke sana untuk bekerja,Ā diĀ coworking space kita bisa ketemu pekerja-pekerja lain yang juga bikin usaha sendiri, untukĀ networking.Ā Networking itu menciptakan ngobrol, curhat yang penuh gizi untuk disimak, bahkan bisa tuker-tukeran pengalaman, termasuk juga inspirasi buat berkolaborasi untuk berbisnis bareng.

Bahkan kalaupun kita masih tetap butuh ruang kerja kantor yang representatif untuk menerima tamu, yangĀ private, tetapi tidak kepingin sewaĀ virtual office lama-lama, kita tidak perlu kuatir. Coworking spaceĀ masih tetap menyediakan ruangan-ruangan kecil dengan desain ruang kantor minimalis namun tetap indah dan nyaman, yang cocok untuk eksekutif dan bisa disewa bulanan.

Pada akhirnya, dengan bekerja diĀ coworking space, kita nggak cuman bisa mendapatkanĀ ruangan kerja yang efisien untuk diri kita sendiri. Tetapi kita juga bisa ketemu orang-orang baru yang mungkin gaya kerjanya mirip dengan kita, yang bisa kita ajakinĀ networking untuk kesempatan bekerja bersama di masa depan.Ā Coworking space membuat kita lebih produktif.

Apakah di kota tempat kalian berada sudah terdapatĀ coworking space?

EV Hive, Coworking Space Hits Tahun Ini

Dari seluruh coworking space di Indonesia, EV Hive merupakanĀ coworking spaceĀ di Jakarta yang sudah cukup beken lantaran dianggap sebagai tempat yang ideal buat paraĀ freelancer yang membutuhkan ruangan untuk bekerja dengan nyaman. Desain ruang kerja di sini ciamik dan membangkitkan inspirasi akan ide-ide anyar. Koneksi internet yang kencang, bisa bikin kita ketagihan untuk upload pekerjaan kita yang file-nya bergiga-giga byte itu.

coworking space EV Hive meja kerja minimalis
Coworking Space EV Hive dengan meja kerja minimalis yang merangsang produktivitas

Yang paling penting, masuk ke platformĀ coworking space EV Hive berarti kita bergabung dalam komunitas di mana kita bisa berkesempatan untuk berkolaborasi dengan pekerja-pekerja lainnya. Di EV Hive sering banget diadakan programĀ workshop atauĀ gathering untuk para anggotanya, di mana para anggotanya bisa belajar banyak dari para pembicara maupun sesama anggotanya sendiri. Jadi, konsep berbagi untuk belajar di sini sangat dihargai. Sehingga, masuk ke EV Hive nggak cuman dapetĀ space untuk bekerja menjadi diri sendiri, tetapi juga dapet banyak kawan baru dan pengetahuan baru untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan kita.

Suasana di coworking spaceĀ EV Hive bisa dilihat di video ini ya:

Ikuti Lomba Blog Coworking Space oleh EV Hive

Kali ini, saya kepingin ngajak Anda, para blogger, untuk ikut kompetisi blogging EV Hive yang berhadiah jutaan rupiah šŸ™‚ Dan..salah satu jurinya ialah saya lho, hahahaha!

Lomba blog ini temanya asyik banget,Ā Akselerasi Bisnis bersama Coworking Space di Era Teknologi.Ā Sudah langsung kebayang kan isinya? Di sini, kami para juri kepingin kalian nulis artikel yang menyebutkan ketiga poin berikut ini:

  1. Apa ituĀ coworking space?
  2. Kenapa menjadi pengusaha itu lebih baik bekerja diĀ coworking space daripada di tempat kerja pribadi?
  3. Kenapa coworking spaceĀ EV Hive merupakan tempat kerja yang ideal banget buat para pengusaha yang melek teknologi?

Syarat kompetisi ini gampang lah ya:

  1. Punya halaman profil di C2Live. Belum jadi anggota? Daftar dulu di sini.
  2. FollowĀ Facebook Fan Page C2Live dan EV Hive.
  3. Punya blog. (Ya iyalah, namanya juga kompetisi blogging, ya kan?) Dan blognya sudah berumur paling sedikit 1 tahun ya. Boleh blog dengan domain pribadi, boleh juga blog dengan domain gratis di Blogspot, WordPress, dan Tumblr. Blog di Kompasiana atau Indonesiana nggak bisa ikutan, maaf ya..

Caranya gimana?

  1. Buat artikel kalian di blog kalian sesuai poin-poin tema di atas, dan submit diĀ dashboard kompetisinya pada menu Your Post.
  2. Artikelnya jangan pendek-pendek, minimal 500 kata. Makin panjang, saya makin seneng.
  3. Di artikelnya, pasang link dofollow ke http://evhive.co
  4. Artikelnya sudah jadi? SegeraĀ publish, lalu share minimal 2 kali, antara di Instagram, Facebook, atau Twitter. Tolong hasilĀ share artikel pada posting di kanal-kanal sosmed ini dicantumkan juga diĀ dashboard-nya kompetisi. Saya mau langsung baca!

Deadline: 4 September 2017 jam 15.00 (waktu lokasi EV Hive)

Where is EV Hive?

Berhubung di poin 3 itu kalian mesti ngoceh tentang EV Hive juga sebagai coworking space, boleh banget kalian inspeksi langsung dengan gratis ke lokasinya EV Hive ya.

coworking space EV Hive meja kerja minimalis
Coworking Space EV Hive dengan desain ruang kerja minimalis yang nyaman

Di sini nih lokasi-lokasinya EV Hive:

  1. JSC Hive, Jalan Prof Satrio, Jakarta
  2. EV Hive IFC, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta
  3. EV Hive The Maja, Kebayoran Baru, Jakarta
  4. EV Hive D.Lab, Menteng, Jakarta
  5. EV Hive The Breeze BSD City, Tangerang

Catatan: Supaya comfy, bikin janji dulu sama para contact person EV Hive. Bilang bahwa kalian ialah blogger yang lagi mau ikutan kompetisi ngeblog EV Hive. Nomor telepon contact person-nya bisa dilihat di sini.

Hadiahnya apa?

Banyak! Asal tahu aja, di lomba ini ada 4 kategori yang bisa jadi kesempatan kalian untuk menang: Kategori Konten, Kategori Blogger Referral, Kategori Voting, Kategori Voter Referral.

Kategori Konten

3 konten terbaik bakalan diganjar dengan uang tunai sebanyak ini:

Juara 1: Rp 4.000.000,-

Juara 2: Rp 2.500.000,-

Juara 3: Rp 1.500.000,-

Asyik kan?

Kategori Blogger Referral

Dan..panitia juga sediakan hadiah uang tunai buat kalian, yang juga menyebarluaskan info lomba blog ini.

Caranya masuk ke dashboard kompetisi di C2Live, lalu masuk ke menu Your Referral. Copy link referral kalian yang ada di situ (tiap orang akan dapat link referral unik sendiri-sendiri). Lalu share link referral unik kalian ini di status Facebook atau status Twitter kalian.

Jika ada teman kalian yang mengklik link kalian ini, lalu dia ikutan lomba blog ini juga, maka kalian sendiri selaku penyebar link akan dapat poin. Siapa yang poinnya paling banyak (alias bisa menyebarkan influence terbanyak dong), maka dia yang menang. Ini nih hadiah untuk blogger dengan hasil referral link paling banyak:

Juara 1: Rp 1.000.000,-

Juara 2: Rp 750.000,-

Juara 3: Rp 250.000,-

Makin cepat kalian nyebarin infonya ke teman-teman kalian, makin besar kemungkinan kalian menang di kategori ini!

Oh ya, hadiahnya cuman berlaku kalau pemenangnya sendiri juga ikutan lomba dengan mengirimkan artikelnya lho yaaa..

Kategori Voting

Nanti, saya dan juri-juri lainnya akan memilih 15 artikel terbaik lho. Ke-15 artikel ini diadu lagi untuk di-vote oleh para netizen. Siapa yang dapat voting terbanyak, maka dia yang menang! Jangan kuatir, yang sudah menang Kategori Konten dan Kategori Blogger Referral nggak akan jadi pemenang di Kategori Voting ini lagi šŸ™‚

Apa aja hadiah untuk mereka yang menang voting terbanyak dari publik?

Juara 1: Rp 3.000.000,-

Juara 2: Rp 1.800.000,-

Juara 3: Rp 800.000,-

12 finalis lainnya: masing-masing Rp 200.000,-

Kategori Voter Referral

Daan.. untuk mereka yang sudah ikutan ngomporin orang-orang untuk nge-vote pemenang di kategori Voting, juga bakalan dapat hadiah lho. Hadiahnya pun ciamik:

Juara 1: Rp 1.000.000,-

Juara 2: Rp 750.000,-

Juara 3: Rp 250.000,-

See? Kesempatan kalian untuk menangin lomba pun terbuka di segala kategori. Tunggu apa lagi? Segera tulis artikel kalian, daftarkan ke dashboard kompetisi C2Live, dan langsung promosikan artikel kalian supaya dapat komentar yang banyak. Dan jangan lupa ajakin teman-temannya buat ikutan lomba blog ini juga melalui link referral kalian. Saya tungguin ya.. šŸ™‚ Nggak sabar nih baca tulisan kalian!

Catatan: Keterangan lebih lengkap tentang kompetisi blogging EV Hive ini bisa dibaca di halaman ini.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

25 comments

  1. Brillie says:

    Hi..
    Aku adalah salah satu mompreneur yang dari dulu kepingin banget nyobain ngantor di coworking space. Why?? Karena suasanya itu lho yang nyaman dan tenang. Kebayang kan kalau ngerjain kerjaan seperti desain, upload produk, dll gak digangguin bocil di rumah. Sedangkan kalau ngantor di cafe itu berisik, gak bisa fokus.

    Apalagi setelah tau kalau EV Hive ada di Tangerang, tepatnya di The Breeze. Wuih makin mantep! Aku sudah pernah ke The Breeze, tempatnya asyik buat gaul. Serius! Pemandangannya cakep, tempat parkir mobil luas, deretan resto yang keren dan makanannya enak2. Nggak salah sih kalau EV Hive milih The Breeze.

    Sepertinya aku mau ikutan lomba ini mbak vicky.. kebetulan udah lama nggak jalan2 ke BSD, jadi sekalian mau nyoba nyambangin EV Hive yang di The Breeze.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Ya, persis begitulah yang aku mau sampaikan tentang fungsi coworking space buat para pengusaha online kayak dirimu.
      Makanya mending cuap-cuap tentang fungsi coworking space deh di blogmu, lalu submit ke lombanya yah..

      Apalagi The Breeze BSD City kan tinggal ngesot dari rumahmu..bakalan cucok banget deh kalau kau foto-fotoan pas lagi kerjain websitemu di sana.
      Aku tungguin tulisanmu ya, Brill šŸ™‚

  2. indiRa says:

    Huaaa..udah semangat daftar nich Kak Vicky..but unfortunately saya gak tinggal di Jakarta. Terus gimana mau ambil foto-foto desain ruangannya ya Kak? Boleh ambip di web khan?

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Hai Dira šŸ™‚
      Tentu saja Dira masih bisa ikutan, biarpun cuma ambil foto dari websitenya aja. Dira tetap bisa menang di segala kategori lombanya lho..

      Saya tungguin tulisannya ya, Dira. Ciao!

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Halo, Kak Harie..saya nggak yakin Kak Harie nggak menguasai temanya.

      Kalau Kak Harie mau belajar sedikit tentang kenapa orang sebaiknya punya usaha sendiri (tanpa harus mengandalkan untuk bekerja pada pemerintah atau perusahaan lain), lalu belajar sedikit juga tentang kendala orang yang punya usaha sendiri tanpa punya kantor sendiri, lalu belajar sedikit juga tentang tersedianya ruang-ruangan kecil di perkotaan yang disewakan untuk wifian dan untuk belajar sambil bekerja, maka sebetulnya Kak Harie sangat bisa nulis untuk lomba ini šŸ™‚

  3. Wahhh mmg lg hits ya coworking space ini, di makassar juga ada yg serupa, yg disatukan dengan foodcourt cafe . Ada lomba blognya jg kemarin. Smoga di kota2 lain makin banyak coworking space kayak gini, ngasih anak2 muda peluang usaha , dan usahanya bs lebih total jadinya.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Mbak Qiah, saya senang banget di Makassar juga sudah ada coworking space. Berarti orang-orang yang punya usaha sendiri dan bekerja sendirian di sana juga sudah mulai diperhatikan untuk tumbuh.

      Ayo Mbak Qiah ikut lomba blog ini juga dong sambil cerita sedikit tentang coworking space di Makassar. Siapa tahu bisa menginspirasi kota-kota lain juga untuk bikun coworking space šŸ™‚

  4. zefy says:

    sudah ada yang begianian ternyata, kok aku kuper sekali heheheee……info lombanya menarik mbak, boleh ini Ikutan ahhh

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Hai, Stephanus šŸ™‚
      Anda bisa tetap ikut lomba blognya kok biarpun Anda tinggal di kawasan Jogja. Untuk foto pendukung, boleh gunakan foto-foto dari websitenya EV Hive.
      Saya tungguin tulisannya ya šŸ™‚

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Heyy..ayo ikutan! Mas Dhanang kan usaha sendiri, pasti butuh kerja di coworking space juga.
      Aku tungguin tulisannya ya..pasti kece deh šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *