Berburu Promo untuk Liburan Bareng Orang Tua

Bruk! Tahu-tahu sesuatu yang besar menindihin saya. Saya terbangun, dan ternyata di atas muka saya sudah ada wajah anak saya yang cengar-cengir lebar. “Mama, bangun!”

Saya mengernyit ketika nyadar di pipinya ada butiran nasi. “Kamu sudah makan?” tanya saya sambil ngucek-ngucek mata. Lha biasanya untuk makan itu, dia nunggu saya suap kok.

Tahu-tahu ibu saya nongol sambil bawa mangkok kecil. Tangannya main-mainin sendok di mangkok. “Kowe turu ae.. Anak-e wis ta’ dulangi semur ket mau!” (Kamu tidur saja.. Anaknya sudah aku suapi semur sejak tadi)

Saya nyengir dalam hati. Oh indahnya liburan di rumah kakek-neneknya Fidel. Saya bisa bangun rada siangan karena sudah ada yang manasin bahan sarapan, wkwkwkwk..

Liburan Bersama Orang Tua

Inilah yang saya suka kalau lagi liburan bareng orang tua saya. Urusan makan anak saya diambil alih oleh ibu saya, sementara saya bagian mandiin dan nyiapin bajunya doang.

Memang kalo lagi liburan bareng ortu, saya cenderung memanfaatkan hari-hari ini buat “istirahat” dari kerjaan mommy things. Ibu saya sangat demen ngurusin cucunya, terutama sangat terobsesi buat nyuapin anak saya karena resah lihat berat anak saya yang nggak nambah-nambah. Saya melihat air mukanya begitu bahagia kalau lagi nyuapin Fidel, sangat demen eksperimen dengan macam-macam menu. Fidel sendiri senang disuapi ibu saya karena ibu saya selalu punya 1001 cara untuk bikin acara makan yang menyenangkan.

Saya, yang sudah mulai kehabisan ide untuk nyuapin Fidel, akhirnya mendelegasikan urusan permakanan Fidel ini kepada ibu saya. Ibu happy, Fidel mau makan, saya bisa konsen ngerjain urusan perkontenan. Semua menang. Liburan toh nggak setiap hari.

JD Flight JD hotel
Liburan terakhir kali saya dengan ibu saya di Jogja.
Ketika itu, ayah saya lagi ke reuni dengan kolega-koleganya, jadi kami manfaatin saat itu buat liburan bareng.

Tapi itu nggak bisa sering-sering terjadi. Saya tinggal di Surabaya, sedangkan ibu saya tinggal di Bandung. Atas nama efisiensi waktu dan biaya, kami nggak bisa sering-sering liburan bersama. Jadi biasanya kami milih nunggu ada event yang mengharuskan kedua orang tua saya keluar kota, baru saat itu saya manfaatkan untuk mendatangi kota tujuan itu untuk liburan bareng.

Dan salah satu kota yang jadi favorit ibu saya untuk berlibur itu, adalah Surabaya. 😊

Liburan di Surabaya

Ibu saya dulu lahir di sini. Masa kecilnya ada di sekitar rumah kakek saya di kawasan Indragiri, jadi kenangan tentang kota ini lumayan melekat di benaknya. Kalau ke Surabaya, ibu saya senang dianterin lihat-lihat daerah itu untuk mengenang masa kanak-kanak, sambil sesekali makan tahu campur kesukaannya (dan suami saya selalu bagian menyetir untuk urusan ini). Pergi-perginya beberapa jam aja, soalnya ibu saya kesumukan oleh hawa Surabaya dan selalu kangen kamar hotel. Di kamar pun nggak tidur, tapi guyon sama Fidel. Sesimpel aja liburan ibu saya itu di Surabaya.

Dan biasanya ibu saya nggak liburan sama saya lama-lama. Paling-paling 1-2 hari doang. Karena ayah saya juga ikut, padahal ayah saya nggak tega ninggalin prakteknya lama-lama (ayah saya masih praktek pediatri di Cimahi biarpun mestinya sekarang sudah pensiun).

Bulan depan, kedua orang tua saya itu kepingin ke Surabaya lagi. Soalnya bulan depan itu ada seminar untuk dokter anak di kawasan Surabaya barat sana selama dua hari, dan ayah saya ingin ikutan. Ibu saya juga kangen pingin main sama Fidel. Jadilah, saya disodorin tugas buat beliin tiket pesawat Bandung-Surabaya untuk mereka.

Beli Tiket Pesawat

Pas kemaren saya lagi baca-baca berita tentang dunia per-start-up-an (saya ini pembaca setianya Tech In Asia lho), saya baru ngeh bahwa salah satu e-commerce langganan saya, JD.id, mulai jualan tiket pesawat juga. Section mereka yang jualan tiket pesawat ini namanya JD Flight (bisa dibuka di http://flight.jd.id) dan mereka jualan tiket pesawat ke seluruh Indonesia dan tujuan luar negeri juga.

Jd flight
Sekarang tiket pesawat bisa dipesan juga di JD.id. Di JD Flight-nya JD.id, tiket pulang pergi lebih murah kalau dipesan dari maskapai yang sama. Cukup buka JD Flight dan tiket dari segala maskapai ada di sana.

Asyiknya, di JD Flight ini, kita nggak cuman mudah pesan tiket pesawat doang, tapi juga bisa beli tiket masuk spot-spot main yang sering jadi tempat liburan banyak orang. Kalau kita buka menu Liburan Low Season di https://www.jd.id/promo-tiket-indonesia-low-season-low-budget.html, kita bisa menemukan macam-macam tiket masuk Ancol, Trans Studio, sampai Bali Bird Park (yang di Gianyar itu), dengan harga yang cukup miring.

Ambil contoh nih, yang saya inget tuh tiket masuknya Bali Bird Park di agen-agen biasanya dijual seharga seratus ribuan. Sedangkan, kalau belinya di JD Flight, belinya cukup sampai Rp 85k doang. Atau, berapa yang biasanya Anda bayar kalau beli tiket Trans Studio Bandung? Di JD Flight, harganya cukup Rp 215k aja. Murah kaan..?

Mencoba JD Flight

Makanya nih, karena saya tertarik dengan servis anyarnya JD.id online yang berupa JD Flight ini, saya mau nyobain beli tiketnya. Belinya nggak dalam kuantitas gede, saya cobain buat beli tiket pesawat untuk ayah ibu saya demi liburan mereka ke Surabaya bulan depan.

Pertama saya masuk nih ke halaman JD Flight. Tampilannya halamannya mirip kok dengan halaman-halaman untuk cari tiket pesawat umumnya. Saya masukin tanggal penerbangan yang saya mau, lalu saya ketikkan asal dan tujuan penerbangan.

Kemudian saya disodorin jadwal pesawat untuk cek harga tiket pesawat terbang yang ada selama hari itu. Ada filternya juga lho, seperti kepingin jadwal penerbangan pesawat berangkat pagi/siang/malam. Atau kepingin pakai maskapai apa, mau pakai Garuda atau Air Asia, atau maskapai lainnya, terserah. Sampai alternatif untuk kemungkinan ganti tanggal penerbangan.

Lalu saya pilih jadwal yang saya mau, kemudian saya masukkan nama kedua orang tua saya yang akan jadi penumpang penerbangan itu. Tertera jumlah uang yang mesti dibayar, udah termasuk pajak dan tetek-bengek lainnya. Sebetulnya ada tawaran untuk ikut asuransi perjalanan, tapi saya nggak centang kolom ini.

Masuk ke halaman check out, saya tinggal pilih mau bayar pakai apa. Ada pilihan bayar pakai kartu debit, kartu kredit, cicilan, clickpay, account virtual, sampai bayar di Alfamart atau Alfamidi.

Saya pilih bayar pakai account virtual aja, supaya nggak usah konfirmasi-konfirmasi ke customer service segala. (Saya ini orangnya lempeng, males basa-basi sama customer service, hihihi) Oh ya, virtual account-nya bisa milih lho, mau transfer ke BCA, Bank Mandiri, Bank Permata, atau pakai ATM Bersama.

Beberapa menit kemudian, nongol notifikasi di inbox email saya. Ada email dari Traveloka.com yang berupa attachment berisi tiket pesawat ke Surabaya atas nama ayah dan ibu saya. Cuplikan tiketnya ada di gambar ini yaa..

JD Flight
Screenshot pemberitahuan atas tiket saya dari JD.id

Lho, Kok Ada Nama Traveloka?

Yes, betul, ternyata kalau saya lihat-lihat JD.id ini kerja sama dengan Traveloka untuk berjualan tiket pesawat ini. Power engine dari pencarian tiket di websitenya JD.id ini pakai engine dari Traveloka. Tiket pesawatnya sendiri diterbitkan oleh Traveloka. Jadi kira-kira kalau beli tiket pesawat di JD Flight ini ya sama aja rasanya dengan beli tiket di Traveloka.

Memang saya baca sih beberapa bulan yang lalu bahwa pembiayaan perusahaannya Traveloka Indonesia ini antara lain berasal dari JD.id juga. JD.com (perusahaan e-commerce global yang jadi induknya perusahaan JD.id di Tiongkok) kayaknya paham bahwa orang Indonesia senang banget liburan, sekaligus juga senang banget bayar liburannya secara online. Makanya mereka kepingin jualan tiket pesawat online di Indonesia juga dengan cara kerja sama bareng Traveloka.

Yang asyiknya lagi, di halaman JD Flight ini kita juga bisa nemu promo-promo ke beberapa tempat liburan di luar negeri. Contohnya nih, di JD.id ini, harga tiket masuk ke Universal Studios di Singapura atau pun Jepang lebih murah. Ada juga tiket masuk ke Gardens by the Bay dan ke Lotte World Korea, yang tentu saja lebih murah daripada kalau kita ngecek toko sebelah (ngetik gini berasa kayak Ernest Prakasa, hahahaha..)

Senengnya nih, tiket-tiket yang saya sebut di atas itu umumnya lebih fleksibel. Kalau kita beli tiket masuk tempat wisata di e-commerce lain, meskipun murah juga tapi biasanya tanggalnya dibatasin cuman sekian puluh hari doang. Tapi kalau beli di JD.id ini, tanggal pemakaiannya lebih panjang. Sehingga, kita yang mungkin masih galau menentukan cuti liburan pun nggak terburu-buru untuk segera pakai tiketnya.

Rencananya saya juga mau coba pakai JD Hotel untuk pesan hotel buat liburan. Channel hotelnya JD.id ini juga lumayan seduktif, soalnya bulan ini ada diskon sebesar Rp 100.000 kalau pesan kamar hotel menggunakan kode promo JDHOTELHEMAT. JD Hotel ini nggak medit lho, kode promonya boleh dipakai tiga kali, plus masih boleh digabung pakai promo dari bank pula. Kira-kira diskonnya bisa kombo nih, wkwkwkwk..

What I Think

Wah, saya seneng banget beli tiket pesawat murah buat ayah ibu saya di JD Flight-nya JD.id ini karena prosesnya nggak ribet. Angan-angan kepingin liburan keluarga untuk menyenangkan hati ibu saya yang rindu cucu pun bisa jadi kenyataan setelah reservasi tiket di JD Flight.

Anda mau liburan ke mana nih bulan depan? Mau coba cek harga tiket pesawat terbang pakai JD Flight, nggak?

JD.id Customer Service: 1500 618 ext 6

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

18 comments

  1. retno says:

    wah ternyata banyak juga keuntungan pakai JD.ID ini ya mbak… aku baru nyadar. Betewe itu potonya di Westlake Resort ya mbak….kayak familiar

  2. Fanny F Nila says:

    Waaaahhh sebagai pecinta traveling, aku ketinggalan kayaknya kalo ga nyobain ini. Coba ah ntr mau cari tiket ke medan . Td aku lgs tertarik mau coba JD. iD krn kode promonya bisa dipake lbh lama :). So far sih aku msh setia ama traveloka. Tp kode promo di sana cm bisa sekali pakai. Lumayan bgt kalo bisa sampe 3x 😀

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Wkwkwkw..tentang pembatasan pemakaian kode promo itu memang penting banget. Pernah tuh aku berada dalam situasi di mana aku mesti pesen hotel 3 biji. Padahal kode promo cuma boleh dipakai sekali. Alhasil aku bingung nentuin mana pesanan yang paling mahal buat dipasangin kode. Ah..ribet amat hidupku, hahahaha..

  3. Hastira says:

    sekarang memang banyak dimudahkan dan sdh banyak aplikasinya dan tinggal lihat kelebihan apa ya

  4. Blog Sabda says:

    jd id sudah melebarkan bisnisnya ke tiket pesawat skrng ya mbak, kalau saya sih tetap pakai traveloka,

    mungkin ini sangat memudahkan bagi pelanggan setia jd.id makanya mereka menyediakan tiket pesawat meskipun engine nya pakai traveloka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *