Liburan Kemari Berasa Lagi di Luar Negeri

Sandboarding. Kuil-kuil eksotis. Goa dengan sungai bawah tanah. Dan hutan yang hijau di musim semi.

Di mana kira-kira bisa dapet pemandangan memukau macam begitu dalam satu tempat?

Tenang, nggak butuh paspor untuk cari tempat begituan di luar negeri. Itu semua ada di.. Jogja.

Yesss, jalan-jalan di Jogja nggak cuman gaul dengan kelakuan publiknya yang membumi. Tapi sekarang banyak tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi lantaran bikin kita kepingin pepotoan terus, sampai-sampai kita ngeri SD card kita kehabisan memori.

Asyiknya lagi, Jogja begitu gampang dijangkau; apalagi dengan kereta eksekutif Bima-nya yang super nyaman. Tinggal cek info tiket KA Bima di Traveloka misalnya, beres dah.

Dan, ini nih tempat-tempat piknik di Jogja yang bisa bikin saya lagi berasa di luar negeri.

1. Hutan pinus Mangunan, Bantul

Ini dia tempat wisata di Jogja yang jadi favorit lokal. Hutan pinus ini memang ada di Dlingo, Bantul, tapi jalan-jalan pagi di sini malah berasa lagi kayak di Pulau Nami. Saya sendiri berkeliaran di hutan ini seharian dan dapet buanyaak: pemandangan khas hutan pinus Jogja yang sangat alami, spot-spot foto yang instagrammable, view dari bukit menuju lembah Bantul yang menawan. Tiket masuk hutan pinus Mangunan ini bahkan cuman Rp 2k per orangnya.

2. Gumuk pasir Parangkusumo, Parangtritis

Mau sandboarding kayak di Peru atau di California? Di Parangtritis juga bisa. Dengan pasir yang luas, kita bisa selancar di atas pasir sampai puas. Dan bangganya lagi, tempat wisata di Jogja yang berupa gumuk pasir ini satu-satunya arena sandboard di Asia Tenggara lho. Pokoknya kalau mau cari tempat wisata alam di Jogja yang cocok buat berolahraga sambil senang-senang, gumuk pasir di Parangtritis ini juara banget.

A post shared by Sandboarding Parangtritis (@sandboardingparangtritis) on

3. Goa Jomblang

Bukan, bukan, ini bukan goa dengan sungai macam di Lebanon atau di Irlandia itu. Ini satu lagi tempat wisata di Jogja berupa goa yang tepatnya berada di Gunung Kidul, nggak jauhlah kira-kira dari Goa Pindul yang kesohor itu. Spot foto di Jogja berupa goa ini bentuknya vertikal, dan kini dikelola rakyat lokal untuk meladeni turis-turis luar negeri yang pingin main ke sini. Untuk turun ke gua ini kita perlu pakai tali, dan don’t worry, sudah ada guide berpengalaman yang bakal bimbing kita selama menelusurin goa ini lho.

4. Situs Warungboto

Apa? Kamu kira kolam ini kayak lagi di Siprus? Enggak laah.. Spot foto di Jogja ini adalah tempat nongkrongnya Sultan Hamengkubuwono di tahun 1500-an. Memang dulunya mangkrak, tapi setelah birokrat-birokrat Jogja itu memugarnya di sana-sini, kolam eks pesanggrahan ini jadi kelihatan cakep lagi dan dikaryakan menjadi primadona baru untuk tempat wisata di Jogja. Kalau ke sini, jangan lupa bawa kacamata item dan pakai tabir surya yaa.. Panas, tauk.

A post shared by Jogja (@jogja24jam) on

Kalau mau menikmati Jogja yang berasa di luar negeri ini, luangkan waktu aja 1-2 hari. Niscaya puas deh naik kereta Bima kemari demi senang-senang di Jogja yang eksotis ini.

Yang mana tempat wisata di Jogja yang jadi kesukaan kalian? Kasih tahu saya di kolom komentar yaa..

Keterangan gambar paling atas: Foto oleh Tegarramarizan, diambil dari artikel tentang Gumuk Pasir Parangkusumo

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

22 comments

  1. Reyne Raea says:

    Saya mupeng, alarm jalan-jalan berbunyi nih mbak hahahaha..

    Saya sudah sekitar 4 kali ke Jogja, dan baru pernah mampir ke Gumuk pasir Parangkusumo, Parangtritis.
    Bener-bener kudet ya saya hiks.
    Ke Jogja selalu ujung-ujungnya ke Pantai Parangtritis, Malioboro, Taman Pintar, Alun-Alun, keraton. betul-betul gak keren ya

    Udah gitu makannya kalau gak sup ayam Klaten ya McD hahahaha
    Tapi seneng deh sekarang bergaul dengan para blogger, jadi kebuka mata rasanya, dan tau kalau ke suatu daerah, kita musti nyobain yang mana.

    Semoga bisa ke Jogja di waktu dekat ini, dan harus nyobain ke 3 tempat yang belum pernah saya kunjungi ini 😀

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Kacau, saya malah jarang ke McD, hahhahaha..

      Ya, memang di Jogja sekarang banyak tempat (yang sebetulnya biasa-biasa aja tapi kini jadi) keren. Yang saya sebut di atas itu cuma sebagian, tapi di sekitarnya masih banyak lagi. Kapan-kapan saya akan nulis tempat lain yang menyenangkan di sekitar Bantul 🙂

  2. ninda says:

    goa jomblang itu kayaknya kerasa bener mirip di luar negeri
    perasaan banyak banget adegan di tempat yang mirip tempat itu deh mba

  3. Fanny F Nila says:

    Dari semuanya, aku pengen yg gumuk pasiiiiir :D. Omg, baru tauuu ada di Jogja. Soalnya planningku ke Dubai tahun depan, salah satu nya mau ikutan naik land rover trus dessert safari :D. Kata temenku yg udh kesana katanya ekstreme, karena bakal ngebut2an kayak jeep tour di merapi :).

    Kalo di jogja selain sand boarding ada dessert safarinya ga yaaa. Ga usah jauh2 ke dubai kalo ada 😀

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Kalau dessert safari kayaknya belum ada, Fan. Sebab ini gumuk pasir, bukan gurun, hahhahaa.. Tapi kalau kamu mau berkostum a la Sahara di gumuk ini kayaknya bolehlaah..

      Nanti cerita-cerita kalo baru pulang dari Dubai yaaaa..

  4. Senang banget mampir di sini.
    Insya Allah Medio November mau ke Yogja.
    Ini seperti pucuk dicinta ulam tiba!
    Hutan Pinus sudah ada dalam jadwal dari travel agent.
    Nah, tempat-tempat di daftar 2,3,4 dan 5 bisa jadi acuan.
    Terakhir ke Yogja 2006, dan hanya ke Borobudur, Mendut, ke resto Boyong Kalegan Sleman saja.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Semoga pikniknya ke Jogja menyenangkan. Kak Anna demen banget travelling petualangan, pasti happy banget ke tempat-tempat ini 🙂 Kalau udah sampai Mangunan, mention-in fotonya ke aku ya, Kak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *