Batiqa Hotel Darmo – Surabaya, Menampilkan Restoran Rooftop yang Menawan

Berdiri menjulang di kawasan Darmo, Batiqa Hotel di Surabaya pusat yang anggun ini menawarkan restoran rooftop yang cozy dan pemandangan kota yang menakjubkan.

Sebetulnya tidak banyak hotel di Surabaya dengan konsep restoran yang menawarkan pemandangan atas atap yang indah. Restoran rooftop di Surabaya umumnya berada di hotel bintang 4 atau 5. Alhasil, biaya yang harus dikeluarkan untuk makan di sana pun cukup selangit, hampir sama tinggi dengan langit yang dicakar oleh tinggi menara yang mengayominya. Para business-travelers yang booking hotel di Surabaya untuk beristirahat, tentu terlalu letih untuk membayar setinggi ini. Padahal mereka tentu kepingin menikmati kota Surabaya di malam hari meskipun hanya 1-2 malam saja.

Batiqa Hotel menjawab keinginan sederhana itu. Jaringan hotel bintang 3 yang satu ini sekarang telah membangun cabang mereka yang ketujuh, dan sang Kota Pahlawan pun dipilih jadi lokasinya. Untuk menciptakan titik lokasi yang strategis, mereka memilih membangun hotel di Darmo, Surabaya. Dan sebagai trademark icon dari cabang hotel mereka yang dinamai Batiqa Hotel Darmo ini, mereka membangun outlet makan berupa steak house dengan rooftop di lantai 15-16 dari menara mereka.

Maka berdirilah Batiqa Hotel Darmo di Jalan Darmokali 60, Surabaya pusat. Bangunan hotel kecil ini tampak menjulang tinggi dengan ke-16 lantai berkapasitas 87 kamar.

Pemandangan dari restoran rooftop di Surabaya
Pemandangan dari balkon Rooftop Steakhouse Darmo di Batiqa Hotel Darmo, Surabaya

Dari restoran rooftop hotel ini, saya menikmati pemandangan metropolitan yang cantik dengan Sungai Kayoon yang membelah kota. Saya bahkan baru berdecak kagum, alangkah indahnya Jembatan Ujung Galuh yang melintang di atas Sungai Kayoon itu dengan lampu-lampunya yang gemerlapan, ketika saya berdiri di balkon steak house itu di malam hari.

Nama Batiqa sendiri berasal dari dua kata, Batik dan Quality A. Batik adalah icon atas seni kerajinan khas Indonesia, sedangkan Quality A berarti kualitas terbaik. Kedua kata ini menjadi lambang dari filosofi hotel manajemen yang ingin menyajikan layanan hospitality dengan kualitas terbaik sambil tetap mengusung keramahan staf yang khas Indonesia.

Event Blogger Gathering di Restoran Rooftop

Batiqa Hotel Darmo sangat aware bahwa terlalu sayang untuk tidak memperkenalkan restoran-restoran mereka yang ciamik kepada khalayak publik, jadi mereka pun mengundang para blogger di Surabaya untuk menikmati suasana ramah di restoran mereka sore ini.

Pertama-tama, 2 orang staf hotel, Lala dan Risha, mengajak kami tour keliling hotel. Mereka membukakan pintu kamar-kamar, supaya kami bisa leluasa mengincipi kenyamanan kamarnya. Saya pun juga nggak melewatkan kesempatan berfoto-foto singkat di atas tempat tidur kamarnya. Semua travel bloggers senang foto-fotoan di kamar hotel, biarpun kadang-kadang mereka nggak nginap di situ.

Kami juga ditunjukkan meeting halls di lantai 3. Formasi kursi di meeting halls ini bisa ditata sesuka hati, mulai dari bentuk board yang mejanya segi empat standar, bentuk classroom, sampai bentuk cocktail yang tanpa meja.

Di seberang meeting hall Semanggi terdapat musholla, lengkap dengan tempat wudhu yang unisex dan beberapa potong mukena. Mereka sangat peduli dengan kebutuhan tamunya untuk sholat.

Selesai tour, kami ngobrol-ngobrol dengan Food Beverage Manager Sri Utami sambil menikmati rooftop restoran mereka di lantai 16. Mereka bercerita tentang keinginan Batiqa Hotel Darmo Surabaya yang ingin menyediakan akomodasi hotel di Surabaya pusat yang nyaman bagi para business travelers.

Mereka juga mengadakan games berupa tebak-tebakan untuk para blogger yang hadir. Alhamdulillah, saya akhirnya ikut jadi salah satu pemenang dan dianugerahi voucher makan di cabang Batiqa Hotel tersebut. (Wah, seneng banget saya, karena nanti voucher ini mau saya pakai untuk makan bersama suami dan anak saya).

Diskusi pun jadi menyenangkan ketika mereka menanyai para blogger tentang hal-hal apa yang menarik dari kota Surabaya sebagai kota tujuan para pelancong dan pecinta makanan. MC-nya menanyai saya tentang tempat apa yang menarik bagi pengunjung Surabaya dari luar kota, dan tanpa ragu pun saya menyahut bahwa pelancong sangat antusias terhadap jembatan Suramadu. Maka saya mengusulkan pada hotel untuk menyediakan one day trip bagi tamu yang ingin mengunjungi jembatan Suramadu, karena Suramadu ini sudah menjadi icon buat kota Surabaya. Tim Batiqa Hotel Darmo cukup senang mendengar saran saya ini.

Travel blogger Indonesia cabang Surabaya
Para blogger yang bersenang-senang malam ini di Batiqa Hotel Darmo, Surabaya.
Formasi belakang dari kiri ke kanan: @selamethariadi, Arif, @dee_arif, @nduk_ike, @masdito_, Reza Adiguna (General Manager hotel), @ririskho23.
Formasi depan: @wiwidwadmira, @dekcrayon, @child_smurf, saya yang cantik, @mentionsari, @renidwiastuti, @adeuny, @mbak_avy, Risha, Lala, @deteksi.

Acara sore ini diakhiri dengan demo makanan oleh chef dan bartender di Rooftop Steakhouse Darmo di lantai 15. Kami langsung bersorak melihat sego grudukan yang telah tertata indah di atas meja makan. Setelah menonton demo makanan oleh chefnya dan demo pembuatan minuman oleh bartendernya, kami pun mengganyang nasi bancakan itu sambil ditemani musik a la 70-an.

Fasilitas yang Membetahkan

Memfokuskan hotel untuk sasaran tamu business travelers, Batiqa Hotel Darmo pun menyediakan meeting halls di lantai 3 yang bisa menampung sampai 100 orang. Dengan menyewa paket meeting senilai Rp 300k saja untuk per orangnya, kita bisa menggelar meeting hingga sekitar 12 jam, termasuk bonus makan 2x dan coffee break. (Paling murah, cukup Rp 80k/pax saja untuk meeting sekitar 3 jam). Tentu saja ini harga yang cukup kompetitif untuk ukuran paket meeting hotel di Surabaya pusat yang berbintang tiga.

Tamu yang menginap dan masih butuh kerja dengan kecepatan tinggi bisa menikmati fasilitas wifi yang kencang. Saya menggunakan wifi mereka ketika bekerja di sana sepanjang sore ini, dan kecepatannya melesat untuk saya pakai streaming video.

Mereka bahkan punya fitness centre untuk mengakomodasi para tamu yang kepingin tetap bugar selama bepergian. Tersedia pusat kebugaran berkapasitas 3 mesin treadmill di lantai 2, persis bersebelahan dengan bistro, seolah mengingatkan para tamu agar tak lupa berolahraga meskipun telah menyantap makan siang yang lezat.

Kamar untuk Berdua Ada, untuk Keluarga pun Ada

Sesuai namanya, semua kamar dihiasi dengan dekor batik. Ini menjadi ciri khas Batiqa Hotel, di mana tiap kamar pasti didekor dengan kerajinan seni yang dibuat oleh penduduk lokal tempat hotel itu berada. Khusus untuk Batiqa Hotel Darmo ini, kamar-kamar dihiasi dengan lukisan batik bikinan pengrajin dari UKM di kawasan Gang Dolly.

Ada tiga tipe kamar yang disewakan di dalam hotel ini, yaitu Superior Room, Suite Room, dan Family Room. Semua kamar punya meja kerja, mini bar dengan kulkas yang dingin (oh kulkas, sungguh fasilitas kamar favorit saya yang kecanduan minuman dingin) dan fasilitas wifi yang juga sama kencangnya.

Superior Room rata-rata berukuran 18 meter persegi, cocok untuk tamu yang datang bermalam hanya untuk event bisnis. Di tiap kamar disediakan empat buah bantal dengan selimut yang hangat dan shower room di kamar mandi dalam.

Suite Room berukuran sekitar 40 m2, cocok untuk tamu yang merasa perlu ruangan private yang lebih leluasa untuk bekerja. Di kamar ini tersedia living room dengan sofa untuk duduk melepas penat sembari menonton tv 32” atau membaca majalah yang telah disediakan. Juga terdapat meja lipat yang berfungsi sebagai working station dan sekaligus bersambungan dengan meja tempat coffee maker berada.

Bahkan yang saya sukai, di kamar ini juga tersedia walking closet lengkap dengan meja setrika. Tamu yang nginap di sini bisa memastikan baju mereka tetap rapi dengan budget perawatan pakaian yang tetap minim. 😊

Tapi, ketika saya mengupload foto-foto saya di hotel ini ke Instagram tadi sore, teman-teman saya malah berdecak kagum melihat foto saya di Family Room. Bagi tamu yang sedang mencari family room hotel di Surabaya, saya pastikan family room ini recommended banget.

Kamar bertarif sewa sekitar Rp 1 juta per malamnya ini langsung jadi favorit banyak orang, sebab selain menyediakan sebuah double bed berkapasitas dua orang seperti biasa, kamar ini juga punya tempat tidur tingkat yang sangat cozy untuk anak-anak. Tangga di bunk bed ini juga sangat aman, karena selain pagarnya permanen, anak tangganya sendiri juga menempel ke dinding. Alhasil, kamar ini cocok banget bagi tamu yang mencari kamar hotel untuk 4 orang di Surabaya, apalagi bagi tamu yang membawa anak-anak kecil.

Bistro dan Steakhouse yang Menyenangkan

Saya ingin cerita sebentar tentang restoran-restoran di Batiqa Hotel Darmo ini. Iya, betul, restoran-restoran. Nyatanya, nggak cuma restoran rooftop yang mereka miliki, tapi mereka juga punya restoran lain yang berkonsep bistro.

Bistro mereka bernama Fresca Bistro yang berada di lantai dua. Outlet makan berkonsep totally resto ini berkapasitas sekitar 200 orang dan menyajikan makanan Indonesia untuk pangsa market menengah ke bawah. Ada open kitchen untuk chef yang tengah memanggang daging di atas penggorengan besi yang besar. Sementara di salah satu sudutnya yang luas, terdapat salad bar untuk meletakkan sayur-sayuran dan buah. Sedangkan di teras bistronya sendiri, terdapat coffee shop untuk melayani pengunjung yang ingin ngopi sambil menikmati udara segar. Tamu-tamu hotel umumnya diarahkan untuk sarapan di sini.

Restoran mereka lainnya adalah Rooftop Steakhouse Darmo di lantai 15-16 yang saya ceritakan tadi. Restoran rooftop ini menjadi istimewa lantaran jadi satu-satunya cabang Batiqa Hotel di seluruh Indonesia yang sudah memiliki restoran rooftop.

Restoran di lantai 15 ini nampak casual dan cozy, dengan balkon menghadap utara yang pintunya terbuka lebar. Tempat ini cocok buat tamu yang ingin makan secara a la carte, dan hidangannya merupakan masakan Barat. Mereka yang ingin merokok bisa menikmati balkon sambil menikmati pemandangan kota. Juga ada iringan live performance band tiap akhir pekan, dan kadang-kadang mereka mengundang DJ.

View dari restoran rooftop di Surabaya
Pemandangan sore hari dari balkon Batiqa Hotel Darmo, Surabaya

Bagian atas steakhouse ini yang berada di lantai 16 difungsikan untuk acara-acara private macam company gathering, pesta ulang tahun, karaoke, atau bahkan wedding. Cocok untuk tamu yang mencari tempat meeting di Surabaya yang nyaman. Area ini juga dikhususkan bagi tamu yang ingin menghindar dari asap rokok. Kita bisa memesan ruangan private ini sambil menikmati hidangan dari Indonesia maupun masakan Barat.

(P.S Batiqa Hotel Darmo menyediakan paket wedding dengan tarif mulai dari Rp 100k per orang untuk 220 pax. Dengan bonus menginap semalam bagi pengantin, cukup terjangkau ya untuk ukuran paket wedding di hotel Surabaya.)

Makanan yang Menggugah Selera

Dalam gathering blogger ini, chefnya, Hendra Setio, memamerkan menu-menu masakan yang menjadi best seller di kedua outlet makanan di Batiqa Hotel Darmo ini. Ada burger charcoal, berupa sandwich hitam berisi patty yang dilumuri campuran saus dari mustar, mayonnaise, serta fusion antara bawang bombay dan saus caramel.

tenderloin steak di Batiqa Hotel Darmo Surabaya
Tenderloin steak yang dibuat dengan tenderloin yang di-marinade pada waktu last minute, lalu dibakar.

 

Salmon di Batiqa Hotel Darmo Surabaya
Saya sendiri lebih tertarik pada salmon yang dihidangkan chefnya.
Salmon ini disajikan bersama ragout jamur, creamy spinach, dan disiram saos hollandaise.

Untuk mengangkat nuansa Asia dan khususnya Indonesia, chef-nya juga menghidangkan laksa.

Laksa di Batiqa Hotel Darmo Surabaya.jpg
Laksa bikinan chef di Batiqa Hotel Darmo ini memadukan nuansa Asia peranakan dengan nuansa negeri Indonesia sendiri.
Laksa di sini berupa telur rebus dan udang ebi yang dibumbui dengan kecombrang.

Chef ini nampak sangat menggemari ebi, sehingga tak heran, ia juga memasukkan bumbu ebi dalam nasi gorengnya.

Nasi goreng di Batiqa Hotel Darmo Surabaya
Nasi goreng dengan bumbu balacan yang dipadukan dengan ebi.

Chef-nya bahkan juga bereksperimen untuk mengkombinasikan nuansa Indonesia dengan genre masakan Barat. Kelihatan ketika ia menunjukkan pasta aglio olio bikinannya.

Pasta di Batiqa Hotel Darmo Surabaya
Pasta aglio olio ini dibumbui dengan lombok dan daun kemangi agar terasa sentuhan cita rasa Indonesia-nya.

Di pojok bar, kita bisa nontonin barista membuatkan kopi pesanan kita. Baristanya nampak semangat membuatkan kami cappuccino, signature tea, mocktail, dan The Stormy. Signature tea khas Batiqa Hotel Darmo ini berupa flavoured tea yang dicampur dengan sirup Monin rasa apel.

Mocktail di Batiqa Hotel Darmo, Surabaya
Mocktail

 

Milkshake strawberry di Batiqa Hotel Darmo Surabaua
Minuman The Stormy ini adalah milkshake strawberry yang dicampur dengan sirup Monin leci, susu, dan yogurt.

Cappucino yang didemokan baristanya kepada kami cukup nikmat. Tim baristanya menggunakan biji robusta dan biji arabika, yang disuplai oleh perkebunan-perkebunan kopi di pulau Jawa maupun Sumatera. Memang Batiqa Hotels Management punya misi ingin memberdayakan potensi Indonesia, karena itu mereka bersikukuh ingin memakai biji kopi buatan lokal.

Saya ingin cerita khusus tentang masakan yang kami lahap malam ini, yaitu sego grudukan. Kalian pasti sudah sering ya makan nasi bancakan dengan lauk-pauk yang dihidangkan di atas daun pisang secara rame-rame dari meja panjang gitu. Nah, konsep ini juga diadopsi di Batiqa Hotel Darmo, dan tim F n B hotel ini menamainya Sego Grudukan.

Dalam Bahasa Jawa, grudukan itu artinya diserbu rame-rame.

sego grudukan di Batiqa Hotel Darmo Surabaya
Sego grudukan merupakan nasi putih dengan lauk pauk dan sayuran berupa kare ayam, terong balado, rendang sapi, urap-urap, dan lalaban yang diraup bersama sambal matah dan sambal bajak plus krupuk (tak nampak di foto).
Bentuk kembang yang dibuat dari nasi putih ini merupakan bentuk yang menyerupai logo dari Batiqa Hotel yang memang berupa bunga anggrek.

Nah, saya ini sebetulnya nggak doyan urap-urap lho. Tapi ngeliat @ikeyuliastuti dan Mbak @renidwiastuti yang maem urap-urap bareng saya, kok sepertinya lahap sekali. Maka jadilah saya ikutan ngambil urap-urap itu. Pas saya makan, whoaaa..ini kok urap-urapnya enak sekali, nggak kayak yang biasa dimasak di rumah nenek saya, hahahaha..

Saya pun jadi nambah, nambah terus, dan nambah lagi. Lama-lama Mbak Reni teler di sebelah saya, dan Ike pun akhirnya menggumam, β€œAku kelempoken..” (kekenyangan, Jawa). Saya menatap kedua orang itu sambil menggeleng-geleng, sementara bentuk nasi di sego grudukan masih berupa kembang yang kelopaknya mulai rontok. Lalu, tanpa basa-basi, saya pun ambil nasi lagi, sambil mengunyah rendang sapi campur urap-urap, sedangkan tangan saya meraup krupuk dan mencocolnya ke sambal bajak. Saya masukkan ke mulut, krauss.. krauss.. nyam.. nyam..

Sego grudukan ini bisa kalian pesan di Rooftop Steakhouse Darmo ya. Jatah sepaket sego grudukan bisa cukup untuk 6 orang, kata orang hotelnya sih. Tapi entah kenapa, menurut saya yang perutnya buncit ini, kayaknya masih bisa buat 8 orang deh..

Mau lihat suasana kamar hotel ini secara dinamis? Tonton video saya yang nggak sampai 2 menit ini ya.. πŸ™‚

Booking Batiqa Hotel Darmo Surabaya

Butuh booking hotel bintang 3 di Surabaya? Voucher untuk nginep di Batiqa Hotel Darmo sekarang sudah ada di situs travel online. Harganya sebetulnya nggak beda jauh dengan pesan sendiri di batiqa.com. (Khusus untuk tipe Family Room perlu dipesan langsung ke batiqa.com.)

Tapi khusus sampai bulan Desember 2018, ada diskon sampai 40% jika kalian bayar di batiqa.com dan nunjukin boarding pass naik kereta api, horee…. Tatacaranya bisa ditanyakan ke email reservation.surabaya@batiqa.com ya. Jangan lupa sebutkan di email kalian bahwa kalian mengetahui promo diskon ini dari Vicky LaurentinaΒ 😊

Tips memesan kamar di Batiqa Hotel Darmo: Sertakan request kamar menghadap utara, supaya kalian bisa menikmati pemandangan sunset dari jendela sekaligus melihat indahnya Jembatan Ujung Galuh di atas Sungai Kayoon.

Alamat Batiqa Hotel Darmo – Surabaya: Jalan Darmokali 60, Surabaya.

Telepon 031-995-34-000.

Apakah kalian sudah pernah booking hotel di jaringannya Batiqa Hotel? Ceritain dong pengalaman kalian nginep di sana di kolom komentar 😊

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

22 comments

  1. Fanny F Nila says:

    Yg ini hotel batiqa nya kereeen siiih. Aku pernah nginep di batiqa palembang Vic. Lbh kecil sih, ga setinggi ini. Tp di sana kamarnya juga nyamaaaan bangeeet. Aku sempet seharian ga mau kemana2, cuma mager dlm kamar sambil nonton film di tv channelnya :). Trus makan di restonya juga enak2. Karena waktu itu di palembang, restonya nyediain pempek, celimpungan, tekwan. Enaaaak byangeeet :p. Nyobain hotel batiqa di kota lain sih aku ga bakal nolak :p. Itu family roomnya bakal bikin anak2ku ga bakal bisa diem sih πŸ™‚

  2. Restoran rooftop banyak di hotel bintang 4/5 karena di sana banyak #CrazyRichSurabayans, nyahahaha. Hm, nggak semua business travelers merasa “sayang” makan di rooftop hotel 4/5 sih, karena business traveler yang tajir (apalagi perusahaan2 gede) juga banyak. Aku punya temen hotel reviewer yang kalo dinas selalu diinapkan di hotel-hotel mewah.

    Mbak, aku penasaran sama family room-nya. Rp 1 juta? Kamarnya luas kah? Soalnya kamar triple yang di Ibis Budget cukup jauh di bawah itu.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Luas family room ini sekitar 36 m2. 25% dipakai untuk area kamar tidur tingkat, 25% untuk kamar mandi, 25% untuk tempat tidur utama, dan 25% lagi untuk area wardrobe-mini pantry.

      Kamar triple kan biasanya muat untuk 3 orang dewasa aja ya? Nah, family room di hotel ini bisa muat untuk 4 orang, jadi 2 orang tidur di tempat tidur bertingkat, sedangkan 2 orang lagi tidur di tempat tidur utama.

  3. rezkypratama says:

    baru tau ada hotel ini di surabaya
    mungkin sering keliling surabaya gak ngeh kalau ada hotel ini
    dari foto2 dan share pengalamannya kayaknya cocok ini buat ngadain acara gathering disini
    semoga besok2 ada yang ngajakin hehe

  4. Dian Radiata says:

    Aku selalu suka hotel yang punya resto di rooftop. Suka aja makan malam sambil ngeliatin lampu2 kota. Eh, itu family roomnya lucu ya.. Anak2 pasti seneng tuh..

  5. Lihat foto Sego Grudukan bentuk kayak kupu2 wiiih langsung latah laper deh hihihi… Menunya bervariasi banget ya kayaknya apa aja ada di Batiqa Darmo Hotel ini πŸ™‚ Btw aku udah pernah nyeberang Jembatan Suramadu pas waktu itu mampir bentar ke Madura. Oh ya, meskipun ini hotel bintang 3 tapi seperti bintang 4 atau 5 ya keren deh! Sip makan2 dilanjutin hahaha.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Memang di restoran ini, menunya dari wilayah Indonesia, wilayah Asia Tenggara sampai wilayah Barat. Sebetulnya ada juga rawon disajikan di sini, tapi aku nggak upload, karena aku nggak sempat ngincipin, lantaran rawonku diambil tetangga, hahahaa..

      Aku sendiri juga tidak merasa berada di hotel bintang 3 di sini, Mbak Nurul. Soalnya, di kamarnya ada kulkas. Jarang banget sekarang aku nemu hotel bintang 3 yang mengandung kulkas, maka hotel ini sebetulnya worthy banget untuk kelasnya πŸ™‚

  6. Belum pernah ke Surabaya, nih, mba.. Kalo liburan ke sana sama keluarga bisa jadi referensi tempat nginap, nih.. Pingin ngajak anak2 nginap di bed tingkat kayak gitu.. hihi.. Baguuus hotelnya.. Aku suka banget roooftop-nya.. Makanannya juga tampak enak-enak.. πŸ˜€ Trims tipsnya mbaa biar dapat view kece dari kamar.. πŸ˜€

  7. Mugniar says:

    Iya benar. Saya pun penasaran dengan jembatan Suramadu. Salah satu tempat yang ingin saya datangi kalau ke Surabaya. Pernah ke Sby tapi belum ada jembatan itu.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Orang luar Surabaya itu seneng banget kalau diajak lihat Suramadu. Saya yang rumahnya beberapa kilometer dari Suramadu aja bosen, ke sana cuma kalau nganter tamu aja, hahahhahaha..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *