Libur Lebaran dengan Aplikasi Booking Hotel Murah

Untuk bisa rebutan booking hotel murah melalui aplikasi, saya lebih seneng booked dulu tapi bayarnya belakangan.

Mendadak ke Semarang

Pas mudik Lebaran gini, sebetulnya saya dan adek saya berencana mau liburan aja di rumah Grandma kami di Kreyongan. Kami memang udah lama banget nggak liburan bareng, semenjak adek saya sibuk dengan kerjaannya di Bogor. Kebetulan adek saya dan suaminya dapet cuti agak lumayan lama, jadi mereka pakai cutinya untuk ngincipin tol Trans Jawa buat nyetir ke rumah Grandma.

Ternyata, biarpun teorinya cuman 14 jam di jalan, tetep aja perjalanannya lama lantaran kemacetan di tol. Alhasil mereka kapok menghabisi tol seharian, dan mereka mutusin buat pulang dengan cara nyicil perjalanan. Setelah 3 hari di Kreyongan termasuk sholat Ied di stadion sebelah rumah, mereka langsung mau pamit balik ke Bogor.

Tampang kemacetan arus mudik Lebaran (kiri), jalan adek saya menuju rumah Grandma nampak lancar, tapi pada jalur sebaliknya nampak kendaraan-kendaraan dengan volume tinggi. Foto (kanan) adalah rest area yang juga dipadati pengunjung.

Karena adek saya masih kepingin liburan bareng saya, dia ngajakin saya dan suami saya ikutan cabut juga ke arah Bogor. Nggak usah sampai ke Bogor-nya, tapi sampai Semarang aja. Setelah sampai Semarang, rombongan kami akan berpisah dan saya bisa balik ke Surabaya. Suami saya akhirnya mufakat, asalkan suami saya bawa mobilnya sendiri dan akan buntutin mobil adek saya dari belakang.

Hati saya sendiri masih setengah galau waktu meninggalkan Kreyongan, soalnya masih belum jelas mau nginep di mana selama di Semarang. Saya rada kurang sreg juga buat nginep di hotel, karena pasti sampai di hotel nanti kami langsung masuk kamar masing-masing, tanpa bercengkerama. Itu mah namanya bukan liburan bareng, tapi itu namanya ya check in bareng atuuh..

Padahal tujuan saya liburan ini kan supaya bisa bercengkerama sama adek saya lagi ketika kami berdua masih kecil dulu.

Akhirnya saya bismillah aja jalan menuju Semarang. Di dalam mobil suami saya, saya oprek-oprek aplikasi booking hotel di HP saya. Sementara itu, adek saya di mobil depan kami.

Booking Hotel Online, Susah Cari Kamar yang Enak

Situasi rakyat kalau lagi liburan lebaran ini nggak beda-beda jauh dari prediksi saya. Orang-orang ternyata banyak yang memilih melakukan perjalanan bareng-bareng keluarga masing-masing, makanya hotel-hotel pun pada diserbu. Dan kebanyakan hotel yang laris itu biasanya hotel yang memang cucok buat diinepin sama keluarga, misalnya yang tiap unitnya berisi 2-3 kamar tidur sekaligus. Padahal yang justru model suites atau apartemen ini yang saya inginkan.

Saya berusaha nurunin standar. Kalau nggak nemu suites, ya minimal nemu hotel yang masih ada kolam renangnya gitu. Jadi anak-anak tetap bisa bermain bareng-bareng di kolam, bukan malah ngamar di kamar masing-masing. Ternyata hotel beginian aja juga laris di Semarang. Bahkan saya perhatiin, hotel yang nggak ada kolamnya malah kurang laku ketimbang hotel yang punya kolam renang. Sekali-kalinya saya dapet hotel berkolamrenang yang masih kosong, ternyata tinggal tersisa kamar-kamar VIP yang tarifnya mahal-mahal sak donyo.

Saya jadi nyesel kenapa kami mendadak banget bikin rencana mau staycation bersama di Semarang ini. Tau gitu, pasti saya booking-nya jauh-jauh hari biar bisa dapet apartemen 2 bedrooms di Semarang.

Buka Aplikasi Booking Hotel Murah

Lalu saya coba buka Tiket Dot Com. Semula saya nggak berharap banyak bakalan dapet suites di Semarang, tapi mata saya tertumbuk pada tulisan promo Lebaran-nya. Tiket Dot Com ini diskonnya lagi gede banget jika pakai kode promo, antara 8-12%. Satu hal yang saya sukain dari aplikasi satu ini, saya bisa menyetel tampilannya supaya harga yang ditampilkan adalah harga yang sudah termasuk pajak. Jadi saya nggak perlu ngitung bayaran dua kali.

Saya salin aja kode promo hotel Lebaran yang ditawarin di halaman depannya, lalu saya mulai cari hotel di Semarang. Saya minta 2 kamar tidur untuk diinepin 4 orang dewasa dan 2 anak-anak, pasang filter “minta kolam renang”.

Hotel pertama yang saya temukan ternyata nilai reviewnya kecil, lalu saya pindah ke hotel kedua. Hotel kedua lokasinya di deket bandara, artinya jauh dari ruas jalan tol, jadi saya skip. Lalu saya nemu hotel ketiga ini.. Grand Candi Hotel Semarang.

Yang pertama saya notice tentu saja foto kamarnya. Kamar tidurnya kelihatan cantik dengan lukisan di temboknya. Saya buka petanya, dan lokasinya ternyata sesuai nama hotelnya, di kawasan Candi yang saya tahu daerah itu bebas banjir. Saya membaca hotel itu lebih seksama, berusaha mencari-cari cacat. Tapi kok saya nggak nemu cacatnya.

Foto kamar Grand Candi Semarang beserta petanya pada aplikasi booking hotel murah Tiket.com.

Tapi saya terlalu suka lihat foto kamarnya, jadi saya putuskan untuk booking sambil masukin kode promo yang saya salin tadi. Di halaman request-nya, saya tulisin “Minta kamar bersebelahan dengan connecting door. View kamar yang terbaik.” Lalu, saya pilih di situ, mau bayar di Alfamart.

Biasanya saya seneng bayar pakai BCA Klikpay aja supaya bisa langsung bayar. Tapi kalau bayarnya di Alfamart, berarti ada waktu sekitar 1 jam untuk diskusi dengan adek saya, mau jadi take the room or leave it. Saya sengaja pilih bayar belakangan, yang penting kamarnya saya booked dulu. Supaya kamarnya nggak diambil orang.

Setelah email berisi instruksi pembayaran masuk ke inbox saya, saya pun kirim pesan ke WhatsApp adek saya. “Tolong lihatin foto kamar ini, lokasinya di Grand Candi Hotel. Kamu mau nggak?”

Adek saya lama nggak bales, ternyata dia lagi menentukan kuliner apa yang deket sama hotel itu. Setelah nemu bahwa ternyata hotel itu deket sama Sate Kambing 29, dia pun oke.

Begitu di depan Kali Jatiroto kami menemukan Alfamart, saya langsung minta suami saya berhenti. Saya masuk ke minimarket itu, lalu melambaikan kode booking ke kasir. Mbak di kasir itu langsung pinjam HP saya dan menagihkan cukup Rp 1,7 jutaan saja. Saya hampir meloncat kegirangan di depan rak Kinderjoy karena dapet kamar bintang lima sebanyak dua biji hanya dengan bayar segitu.

Irit Berkat Kode Promo Hotel

Kami tiba di Semarang hampir sore. Parkiran Grand Candi Hotel penuh, tapi tukang parkirnya sigap mengarahkan mobil-mobil kami ke kantong parkir yang kosong. Saya langsung menghampiri concierge dan minta koper-koper kami diambilkan dari bagasi sementara saya sendiri check in di lobby.

Begitu check in-nya beres, concierge-nya mendorong kereta berisi koper-koper kami ke atas.

Jangan ditanya betapa senangnya Fidel ketika menemukan connecting door di antara kamar saya dan kamar adek saya. Dia jadi bisa hilir mudik bareng sepupunya mondar-mandir antara kedua kamar itu.

Adek saya seneng banget karena saya dapet kamar ini secara murah di Tiket Dot Com. “Kok kamu bisa dapet harga segitu sih?”

“Lhaa kan ada kode promo Lebaran, Dek..” kata saya sambil mengelap tangan saya yang berlumuran minyak. Lumpia ini, minyaknya betul-betul kebangetan.

Adek saya lalu minta diajari caranya nyari kode promo Lebaran itu. Saya suruh dia buka aplikasi Tiket Dot Com di HPnya. Di halaman depannya, langsung ketemu slideshow berisi promo-promo tiap produk voucher. Kalo tiap slide dipencet, nanti keluar kode promonya bareng TnC-nya. Ada promo tiket pesawat lah, promo voucher hotel lah, promo sewa mobil juga ada.

Khusus untuk Lebaran ini, selama 11-24 Juni 2019, ada kode promo NGINEPHEMAT yang bakalan kasih diskon 12% untuk pemesanan hotel, jika minimum value transaksinya Rp 1 juta. Tapi kalau nilai transaksinya nggak sampai segitu, alias minimum Rp 300 ribu aja, diskonnya cukup 8% aja. Segitu ya gede laah..

Happy Booking Hotel Bintang Lima Online

Kami seneng banget tidur di sana. Fidel suka kolam renang hotelnya, soalnya salah satu kolamnya khusus anak-anak dan terpisah dari kolam untuk orang dewasa. Adek saya suka lokasinya, jelas (dia ngomong ini sambil nunjuk-nunjuk juragan sate kambing di dekat hotel). Suami saya pun demen, soalnya sarapan hotelnya ternyata nyediain nasi goreng babat gongso yang merupakan makanan khas Pati.

Saya jelas suka connecting door di antara kedua kamarnya.

Saya lagi nemenin anak saya main puzzle di kamar Grand Candi Hotel Semarang.

Sebetulnya kami ingin sekali tidur di sana lebih lama, tapi sayang adek saya harus cepet-cepet balik ke Bandung. Dia ingin tiba di rumah ibu kami di Bandung sebelum malam, supaya bisa beristirahat banyak. Karena persis besoknya, mereka harus lanjut nyetir lagi ke Bogor.

Saya sendiri juga kudu segera meninggalkan Semarang, karena saya dan suami kudu kerjain photo session di ruas jalan tol Ngawi.

Kami akhirnya berpisah setelah meninggalkan hotel dan balik ke tempat tinggal masing-masing. Saya sendiri mengawasi bangunan hotel itu dengan puas sampai bangunan itu menghilang di ujung Jalan Si Singamangaraja, dan saya berminat balik ke sana lagi. Untung ada aplikasi booking hotel murah yang masih bisa kasih saya kamar di Grand Candi ini, meskipun ini masih liburan Lebaran. 🙂

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

40 comments

  1. Suzannita says:

    Jadi semakin lebih praktis dan hemat karena banyak promo ya, apalagi bisa booking nya di satu tempat kalian bisa booking tiket pesawat juga

  2. Ida says:

    Wah seru mba ya kalau mendadak gitu jadi banyak.dramanya haha ..untungnya skrg ada aplikasi pesan hotel jd terbantu banget..

  3. Rizka says:

    Tiket.com yaa, aku belum pernah pake. Lumayan juga promonya nanti download deh aplikasinya, kayaknya banyak promo yaa

  4. Grandys says:

    Wuah aku kok jadi mupeeeeeng ini hotel bintang 5 harganya 1.7 dengan 2 kamar ulala sekali. Trus ada kuliner sate juga, aduhai banget lah ya mba liburannya. Mantuuul

  5. lendyagasshi says:

    Biarpun serba dadakan tanpa rencana, alhamdulillah….
    budget tetap aman.
    Hehhee…
    Grand Candi Hotel memang perpeduan hotel tradisional dan modern.

  6. Desy Yusnita says:

    Emang ibu-ibu pasti teliti banget sama yang namanya diskon, promo dan sebagainya. Ku jadi bangga baca ceritanya juga trus mau staycation juga hehehe

  7. Tiaranab says:

    Wah lumayan irit juga ya mba, aku juga kemarin mendadak jadi wisatawan ke Cirebon! Duh harga kamarnya ampun-ampun mahal banget mana pilihannya hanya sedikit. Tapi diaplikasi lain sih lumayan juga dapet diskon wkkw kemarin disini harganya lebih mahal :”) ah tau gitu pake kupon ini ya wkwkw belum tau kemarin.. makasih mba <3

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Nah kan.. aku semula juga nggak tau ada kode promo ini. Baru ngeh pas terpaksa berburu hotel kemaren, maka jadilah aku ngubek-ngubek semua aplikasi buat nyari kode promo hotel, dan dapetnya Tiket.com ini lah.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Enggak, Mpo :)) Aku nggak dapet bonus Kinderjoy. Aku cuma bilang, aku hampir menari di depan rak Kinderjoy yang ada di depan kasirnya Alfamart :))

  8. Waahhh….enggak colek aku mba pas di Semarang. Bisa kuampiri lah, trus bisa ikutan nunut renang heheheee…. Becanda mbaaa…

    Grand Candi ini salah satu hotel di Semarang yang nyaman sekali hotelnya meskipun termasuk hotel lawas. Yang paling aku suka adalah sarapannya. Banyaaaaak sekali jenisnya. Roti pastry-nya enak enaaaakk..

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Nah, soal pastry itu aku agak nyesel, Mbak. Mosok kemaren itu yang nginep di sana banyak banget, alhasil aku kehabisan croissant. Alhasil aku cuman dapet muffin doang sama ngiris ciabatta. Sedih deh aku.

  9. ivonie says:

    liburan dadakan itu lebih terrealisasi ketimbang yang biasa direncanakan, kamar hotelnya kece itu mbak, bisa nih buat referensi kalau liburan ke Semarang.

  10. Indah Nuria says:

    Kalau ada diskon memang lumayan banget jadinya.. bisa hemat atau buat beli oleh-oleh. Aku sih so far banyak pakai diakon membership mba.. oke juga!

  11. Aku pun kalo cari hotel suka baca reviewnya dulu, berapa banyak bintang yang didapet, fasilitasnya gimana trus yang terakhir di approved sama pak suami gak hahaha

  12. Tori says:

    ak pnyn aplikasi tiket.com tp blum prnah pake haha, mayan bgt nih promo nya mba, 2kamar bintang5 cuma 1,7 aja, kamarnya jg bagus dan nyaman ✨

  13. salfok nih mba sama kode promo NGINEPHEMAT berlaku sampe 24 juni yah?
    pengen staycation gitu di Bandung bosan di Cimahi wae hahaha.. jadi pengen kepo tiket.com

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Aku biasanya gak batal liburan endingnya. Soalnya kalau sampai liburannya batal, maka akan ada berjuta transaksi non-refundable yang hangus. :))

  14. Mellisa says:

    Meskipun liburannya mendadak, tapi dapat kualitas bintang 5+harga promo+ada kolam renangnya. Wah ini sih puas banget ya pasti. Paket hemat tapi kualitas top.

  15. Nur Arviani says:

    seru ya bacain cerita yg pada mudik, kaya mba vicky yang setelah mudik masih nambah liburan mendadak. Untungnya sekarang cari akomodasi tuh gampang krna banyak jasa online kaya tiket,com belum lagi diskon diskonnya yang bikin sumringah pas bayar krna jadi bikin lebih irit.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Dan cerita liburan mendadak ini selalu aja berulang tiap tahun. Padahal saya selalu antisipasi jauh-jauh hari kalau mau liburan supaya nggak terserang situasi kehabisan kamar hotel yang enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *