Susu Soya Bikin Anak Alergi Tetap Berprestasi

Alergi susu sapi pada anak memang bikin senep. Selain bikin gampang sakit-sakitan, tumbuhkembangnya jadi ikutan lambat. Tapi untungnya, ada susu soya yang bikin anak #AlergiTetapBerprestasi dan bermain ceria lagi. Senangnya lagi, bulan ini, dengan minum susu soya dari merk yang satu ini, anak Anda bisa menangin asuransi pendidikan lho.

Alergi Susu Sapi, menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia)

Alergi susu sapi adalah suatu reaksi yang tidak diinginkan yang diperantarai secara imunologis terhadap protein susu sapi. Alergi susu sapi biasanya dikaitkan dengan reaksi hipersensitivitas tipe I yang diperantarai oleh IgE. Namun demikian, alergi susu sapi dapat diakibatkan oleh reaksi imunologis yang tidak diperantarai oleh IgE ataupun proses gabungan antara keduanya.

Akibat Alergi Susu Sapi

Anak-anak yang alergi susu sapi umumnya bisa langsung ketahuan alergi ketika mereka baru berumur 4 bulan. Tetapi, yang mestinya jadi bahan prihatin itu, ketika anak-anak alergi ini terlambat ketahuan bahwa mereka ternyata punya alergi susu sapi (misalnya setelah berusia 1 tahun). Karena gegara terlambat itu, mereka kehilangan hari-hari penting dalam masa periode emas tumbuhkembangnya lantaran sibuk melawan gejala alerginya.

Anak-anak yang punya alergi susu sapi ini menghadapi problem yang cukup sulit.
Pertama, mereka menderita akibat segala macam gejala alergi susu sapi yang mereka alami.
Pasalnya, anak-anak yang punya alergi susu sapi ini memang punya ciri khas pada sistem pencernaan mereka yang belum terlalu matang. Akibatnya, saluran cerna mereka cenderung menolak protein susu sapi, sehingga jika kena susu sapi ini mereka menjadi cenderung sakit perut atau mencret-mencret.
Selain itu, sel-sel kekebalan tubuh mereka juga belum matang benar, sehingga bila bertemu protein susu sapi, sel-sel ini meradang dan bikin huru-hara pada tubuh berupa gatel-gatel/eksim, sampai batuk pilek.

Ilustrasi anak yang memiliki alergi susu sapi.
Ditandai hidungnya memerah karena pilek, pertanda gangguan pernafasan yang bisa disebabkan alergi.
Tetapi yang sangat kentara adalah kulit pipinya yang nampak bercak kemerahan dan cenderung bersisik, yang 50% kemungkinannya juga disebabkan alergi.
Anak seperti ini biasanya rewel karena memang tidak nyaman oleh kondisi badannya sendiri.
Gambar oleh Amanda Catherine dari Pixabay.

Kedua, pertumbuhannya agak terhambat karena gizi yang mereka minum dari susu itu tidak masuk. Sebab-musababnya ya karena saluran cerna mereka yang tadi yang cenderung resisten terhadap susu sapi, alhasil nutrisi dari susu sapi pun batal masuk terserap. Kita tentu sudah hafal apa akibatnya kalau nutrisi tidak masuk. Sulit mengharapkan anak-anak ini jadi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Akibat dari kedua problem ini bisa kelihatan ketika mereka mulai masuk sekolah nanti. Anak-anak yang nggak tumbuh cenderung minder karena badannya kecil-kecil. Mereka yang gagal berkembang pun jadi kalah cerdas, kalah tangkas, kalah gesit, kalah segala macam.

Haruskah Alergi Susu Sapi Menghambat Anak menjadi Pintar?

Sebetulnya alergi susu sapi itu akan hilang sendiri. Kira-kira setelah umur tiga tahun, sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang tadi saya bilang belum matang itu, akan mulai matur sehingga pelan-pelan bisa menerima gizi dari susu sapi.

Tapi mosok mau tunggu anak berumur tiga tahun dulu supaya gejala-gejala alergi susu sapinya hilang? Karena dalam tiga tahun itu bisa terjadi apa saja: termasuk periode emas pertumbuhkembangan anak di mana otak mereka mencapai 80% volume otak dewasa. Lagi semangat-semangatnya menyerap pelajaran, Buebu! Sayang banget jika mereka gagal belajar, gagal olahraga, hanya karena sering mencret / gatal-gatal / bersin-bersin akibat alergi susu sapi.

Untungnya, ada cara buat mencegah reaksi alergi ini lho. Idenya begini, salah satu komponen sistem kekebalan tubuh ini berada di usus. Pada anak normal (tidak alergi), mereka punya bakteri probiotik khusus bernama Bifidobacterium yang membuat usus mereka jadi nyaman menerima nutrisi apapun, termasuk susu sapi. Keberadaan bakteri itu bisa diilustrasikan pada gambar berikut ini.

Ilustrasi bakteri Bifidobacterium di dalam usus.
Keberadaan bakteri ini mencegah reaksi alergi, termasuk alergi susu sapi.
Anak-anak yang alergi susu sapi tidak memiliki kemewahan bakteri ini, karena jumlah Bifidobacterium yang mereka miliki terlalu sedikit, makanya saban kali usus mereka ketemu susu sapi, usus mereka ngamuk-ngamuk.
Gambar oleh Skeeze dari Pixabay.

Terciptalah ide, gimana kalau kita masukin aja bakteri Bifidobacterium ke dalam usus anak-anak yang alergi susu sapi? Jika bakteri Bifidobacterium ini cukup di dalam usus mereka, sistem kekebalan di saluran cerna mereka akan lebih toleran, sehingga gejala-gejala alergi mereka pun jadi berkurang dan bahkan hilang. #AllergySolution yang jenius toh?

Tentang Bifidobacterium longum BB536 dan Bifidobacterium breve M-16V

Kedua spesies bakteri Bifidobacterium ini sudah lama beken di kalangan ilmuwan nutrisi lantaran dianggap bisa menekan reaksi alergi.
Menurut Chyn Boon Wong (2019): Bifidobacterium longum BB536 memperbaiki mikrobioma usus, dengan menghambat imunoglobulin E yang selama ini memicu reaksi alergi. Maka, ketika Bifidobacterium longum BB536 ini berada dalam saluran pencernaan, gejala alergi pun menjadi menghilang.
Mirip seperti hasil penelitiannya Tadao Enomoto (2014): Pemberian Bifidobacterium breve M-16V dan Bifidobacterium longum memperbaiki mikrobiota usus, sehingga mengurangi gejala alergi pada anak-anak. Penelitian ini terbukti pada anak-anak alergi yang berusia 10 bulan dan 18 bulan.

Susu Soya sebagai Solusi Alergi

Susu Morinaga Soya

Apakah bakteri probiotik ini mesti dimasukkan sebagai suplemen? Oo tentu tidak seribet itu, Kawan.. karena ternyata Bifidobacterium ini bisa dimasukkan dalam bentuk susu. Dan susu yang bisa kita temukan di pasaran dan mengandung Bifidobacterium ini adalah.. Morinaga Chilkid Soya.

Morinaga Chilkid Soya

Sudah sering kita lihat para orang tua sekitar kita memberi anak-anak mereka susu soya sebagai pengganti gizi bagi anak-anak mereka yang alergi susu sapi. Nah, Morinaga #Chilkid Soya ini salah satu susu soya juga, yang dibikin PT Kalbe Nutritionals.

Yang menarik dari Morinaga ini adalah keunggulan formula mereka yang dinamain Moricare+ Prodiges. Moricare+ Prodiges inilah yang jika rajin dikonsumsi, akan membuat anak Alergi Tetap Berprestasi.

Isi dari Moricare+ Prodiges dalam Chilkid Soya ini, sesuai pada gambar logo di atas, bisa ditelaah berikut ini:
1. 100% protein soya. Terdiri atas L-metionin, karnitin, asam amino esensial, vitamin, dan mineral. Alhasil, meskipun ini susu soya, tapi kualitas nutrisinya sama dengan susu sapi.
2. Asam lemak, zat besi, dan asam amino, untuk pertumbuhkembangan otak. Karena tujuan akhirnya adalah supaya kecerdasan multitalenta anak alergi tetap berkembang.
3. Bakteri probiotik Bifidobacterium longum BB536 dan Bifidobacterium breve M-16V, yang saya ceritakan di atas. Ditambah Prebiotik FOS yang mengembangbiakkan bakterinya, dan nukleotida yang mematangkan saluran cerna si anak alergi yang rentan tadi, menyebabkan pertahanan tubuh anak tetap mantap meskipun anaknya punya alergi.
4. Kalsium dan vitamin D, yang membuat anak alergi tetap tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Dan khusus untuk poin ke-3 tadi, bakteri-bakteri Bifidobacterium sudah terbukti dalam penelitian, telah mengurangi reaksi alergi pada anak-anak. Dengan masuknya Bifidobacterium ini dalam Moricare+ Prodiges pada Morinaga Soya, tak heran bahwa:


100% Bunda SETUJU Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges mengurangi gejala alergi dan alergi tidak muncul lagi.

#ChilkidSoyaSolusiAlergi

Rangkaian Susu Kedelai (Susu Soya) oleh Morinaga

Morinaga Chilkid Soya bukan satu-satunya susu kedelai (soya) yang diproduksi oleh PT Kalbe Nutritionals. Chilkid Soya didesain untuk diminum anak berusia 1-3 tahun.
Sedangkan untuk usia 3-12 tahun yang masih alergi susu sapi, sebaiknya diberikan produk lain berupa Morinaga Chilschool Soya.
Sesuai kebutuhannya, kadar zat-zat gizi pada Chilschool juga lebih banyak daripada kadar zat tersebut pada Chilkid. Termasuk, konsentrat bakteri Bifidobacterium pencegah reaksi alerginya juga lebih banyak pada Chilschool.

Tunjukkan Susu Soya Anda di Morinaga Allergy Week

Morinaga begitu perhatiannya terhadap pengaruh alergi bagi masa depan anak ini, sehingga mereka memutuskan untuk bikin event istimewa pada Morinaga Allergy Week tahun ini. Seperti yang bisa kita lihat di Facebook Morinaga Platinum, bahwa bulan ini (oke, nggak persis begitu, tapi lebih tepatnya ya sampai 3 Juli 2019), Morinaga bikin acara yang bernama Bekal Prestasi.

Di acara Bekal Prestasi ini, konsumen-konsumen yang membeli #SusuMorinaga bisa diikutkan dalam kontes foto. Hadiahnya tokcer banget buat membimbing anak alergi untuk jadi berprestasi: asuransi pendidikan senilai Rp 50 juta rupiah.

Mau ikutan? Detail caranya bisa dilihat pada Syarat dan Ketentuan Bekal Prestasi ini, tapi garis besarnya sebetulnya begini:
1. Beli #SusuAlergiAnak Morinaga ChilkidSoya, atau Chilschool Soya, atau Chil Kid P-HP.
2. Upload foto anak kita sedang bersama #SusuAlergi tersebut ke Instagram sambil mention Instagram @morinagaplatinum.
3. Laporkan struk pembeliannya kepada Morinaga, untuk ditukarkan dengan suatu Kode Unik.
4. Kode Unik ini tinggal kita inputkan ke dalam website BekalPrestasi bersama link post Instagram kita tadi.

Foto-foto dan caption yang paling bagus akan dapat hadiah voucher belanja atau bahkan hadiah asuransi pendidikan.
(Dan sebaiknya kita kirimkan Kode Uniknya sekarang, sebab ada hadiah Asuransi Jiwa untuk 1.000 orang pengirim pertama). Lombanya hanya sampai 3 Juli 2019 yaa.

Tentang kegiatan #BekalPrestasi dalam #MorinagaAllergyWeek ini, bisa kita kulik lebih lanjut di kanal-kanal sosmednya #Morinaga yang udah saya sebutin di atas ya. Termasuk juga di account Twitternya Morinaga, @morinagaid. Lihat juga yuk video-video ide bermain bareng anak di channel Youtube-nya Morinaga Platinum.

Suka? Bahkan saya pun tergiur. Yuk, Teman-teman Sesama Orang Tua, kalau anakmu sekiranya punya alergi, segera konsulkan ke dokter ahli #AlergiAnak untuk segera mendapatkan #SolusiAlergi yang komprehensif.

Disarankan untuk beralih kepada susu kedelai? Selalu pilih susu soya yang sudah terfortifikasi dengan nutrisi kebutuhan anak kita dan sekaligus mengandung bakteri probiotik untuk menghilangkan gejala alergi anak kita.

Anak yang alergi tetap berhak untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal mencapai prestasi. Dan susu kedelai (susu soya) yang kita pilihkan untuknya, sangat menentukan kemampuannya untuk mencapai prestasi itu kelak.

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

28 comments

  1. Tetangga saya, anak-anaknya semua minum susu soya. Bukan karena alergi, tetapi mereka memang keluarga vegetarian. Anak-anaknya tumbuh kembang dengan sehat dan pintar. Makanya saya gak menganggap kalau susu soya jadi kalah kelas dengan susu sapi karena melihat tetangga.

    Tetapi, informasi seperti ini memang penting. Masih banyak yang belum tau kalau alergi susu sapi, bisa tetap minum susu. Ganti aja dengan susu soya seperti Chil-Kid Soya supaya tumbuh kembangnya tetap baik

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Terima kasih, Mbak Chi. Memang itu sebetulnya tujuan utama saya menulis ini. Ada sekitar 7% dari seluruh anak balita Indonesia yang masih menderita alergi susu sapi, dan sebagian besar dari mereka dibiarkan orangtuanya untuk tidak minum susu apapun, karena saking takutnya orang tua mereka.
      Saya mengharapkan, melalui informasi di halaman ini, orang tua mulai berani memberikan susu soya sebagai pengganti susu sapi. Karena, meskipun punya alergi susu sapi, anak tetap berhak untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal. 🙂

  2. mude says:

    Aku punya teman yang anaknya alergi susu sapi, sering sakit, ternyata saat diperiksa alergi dr susu sapi. Gejalanya juga hmpir sama, seperti yg mbak tulis, sering flu, idungnya jdi merah-merah.
    Dan dr dokter diberi resep susu morinaga soya, sudah mau 6 bln konsumsi alhmdulillah cocok katanya.

  3. Maria Soraya says:

    Sepupuku alergi susu sedari kecil. Dulu susunya harus khusus yg belinya di toko tertentu dan harganya mihil. Alhamdulillah ya sekarang ada morinaga soya yang produknya aku pernah lihat di supermarket dan harganya cukup terjangkau.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Memang ada orang yang alergi terhadap susu, dan jenis susu yang paling sering membuat alergi adalah alergi susu sapi. Untuk pengganti kalorinya, maka diperlukan susu soya atau susu partial hydrolized protein. Dan, kedua macam susu ini memang mahal karena produksinya juga mahal. Jadi, Morinaga Soya ini memang sangat menolong sekali.

  4. Syaiful BS says:

    Ohiyaa bener juga yaa kak, ada juga anak-anak yang alergi susu sapi. Tapi untung sekarang udah ada solusinya yah kak jadi ngak bingung lagi hehe

  5. Tidak semua anak bisa menerima susu formula dari sapi. Oleh karena itu jika sudah timbul gejala alergi orang tua harus tanggap terhadap produk yg dikonsumsi anaknya. Susu saya ini memiliki kandungan yg dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi anak pun disebut juga susu anti Alergi

  6. Ida says:

    Wah Morinaga perhatian kepada masalah ini luar biasa juga ya… Semoga saja makin banyak yg bs teredukasi ttg hal ini..

  7. Visya says:

    Betul banget mom. Alergi susu sapi jangan sampai menghalangi si kecil berprestasi. Syukurlah ada susu soya dari Mariana yg bantu memenuhi kebutuhan susu si kecil yaa.

  8. Fenni Bungsu says:

    Kalau kurang cocok susu sapi yang jadinya menimbulkan alergi pengaruhnya kurang menyenangkan ya untuk anak-anak, sampai pilek dan pasti rewel karena badannya lagi nggak nyaman

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Betul. Karena susu sapi ini memicu sel-sel ketahanan tubuhnya untuk bereaksi. Padahal reaksi sel-selnya itu berupa pilek yang tentu mengganggu si anak. Makanya anak yang alergi susu sapi jangan dipaksa minum susu sapi, tetapi diminumkan susu soya yang mengandung probiotik untuk mencegah gejala pilek alerginya kumat.

  9. Alergi itu memang bikin tak nyaman ya
    Kasian anak-anak jadi terhambat pertumbuhan dan perkembangannya hanya karena konsumsi makanan dan minuman yang terbatas
    Untunglah sekarang ada Morinaga Soya
    Galau karena alergi hilang sudah

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Bener, Mbak Arni. Makanya jangan sampailah anak alergi lalu jadi nggak tumbuh dan nggak pandai. Minum susu soya bisa membuat mereka tetap bisa mengejar prestasi 🙂

  10. Damar Aisyah says:

    Anakku minum susu ini juga, Mbak. Dulu jaman anak mbarep juga. Sekarang yang varian rasa baru malah lebih enak ketimbang yang lama. Jadi tenanglah ya, ibu-ibu yang anaknya punya masalah alergi susu sapi. Nggak perlu khawatir bekal prestasi si kecil nggak lengkap

  11. Memang kasihan juga anak yang alergi susu sapi ya, Mbak. Jadi menghambat pertumbuhannya. Dan walau bisa hilang dengan sendirinya, tapi waktunya lumayan lama.
    Untunglah sudah ada susu yang bisa mengatasi soal ini.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Ya, susu ini memang diciptakan untuk mengurangi masa penderitaan anak alergi susu sapi yang harus berjibaku dengan penghambat pertumbuhannya. 🙂

  12. Adhe says:

    Walaupun belum punya anak hehe, tapi informasi ini sangat membantu utk ak share ke kakak2 saya supaya notice akan hal ini dan tambah sayang sama anak2 nya. Terimakasih yah mbak 🙂

Leave a Reply to Maria Soraya Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *