Indo Premier Sekuritas, Tempat Investasi Reksadana sekaligus Saham

Ok, yang kalian tunggu-tunggu akhirnya keluar. Kali ini, saya mau ngomong tentang tempat buat trading saham secara online. Di post tentang Indo Premier Sekuritas ini, akan saya kasih tahu lokasi buat mulai trading saham tanpa ribet, tanpa datang isi formulir njelimet. Dan bonusnya, di sini, kita nggak cuman bisa berbisnis saham, tetapi bahkan bisa investasi reksadana juga.

Saya inget tiga tahun yang lalu saya cerita tentang cara trading saham sambil liburan, dan kalian bingung tanya di mana saya bisa melakukannya. Memang jawabannya saya tahan-tahan, karena saya merasa orang mesti ngerti cara investasi reksadana dulu, baru naik kelas ke investasi saham. Tapi itu terdengar bertele-tele ya, karena belajar saham itu jelas butuh waktu dan tempat, masih harus didahului belajar reksadana dulu pula. Nyari tempatnya kan beda lagi?

Nah, makanya kali ini saya mau kasih tahu satu tempat di mana kita bisa belajar praktek investasi reksadana dan saham sekaligus secara online. Kenalkan.. Indo Premier Sekuritas.

IPOTFUND

Investasi Reksadana Online pada Platform Indo Premier Sekuritas

Beberapa tahun terakhir, iklim investasi cenderung lebih meriah, baik pada instrumen saham maupun pada instrumen reksadana. Untuk saham aja contohnya, nggak seperti sangkaan orang awam yang mesti dibeli pada perusahaannya langsung, tapi udah bisa dibeli secara online pada suatu sekuritas asalkan punya rekening efek pada sekuritas tersebut. Dan untuk beli saham itu, juga nggak perlu gepokan duit yang banyak.


Dengan bantuan Indo Premier Sekuritas, saya bisa berjual-beli reksadana dan saham sekaligus memantaunya, meskipun hanya melalui smartphone.

Reksadana bahkan lebih gampang lagi. Sekarang reksadana nggak cuman bisa dibeli di manajer investasinya langsung, tetapi masyarakat umum udah bisa beli di tempat yang lebih familiar bagi mereka. Orang-orang itu, ada yang seneng beli reksadana langsung di bank (karena memang mereka taunya lembaga keuangan itu ya cuman bank). Ada yang lebih suka beli reksadana di e-commerces unicorn kayak Tokopedia atau Bukalapak. Ada juga yang seneng beli reksadananya di e-commerces khusus yang memang menyebut dirinya supermarket reksadana.

Nah, saya sendiri termasuk tim yang lebih demen beli di supermarket reksadana ini. Dan dari beberapa supermarket reksadana yang ada di Indonesia, saya pilih IPOTFUND. IPOTFUND ini supermarket reksadana yang dibentuk oleh PT Indo Premier Sekuritas (saya sebut aja IndoPremier supaya nggak kepanjangan..)

Saya sendiri kenal IPOTFUND duluan ketimbang IndoPremier. Awalnya, dulu tuh ada website forum reksadana yang namanya PortalReksadana.com. Di website itu pertama kalinya saya belajar investasi reksadana, termasuk belajar menilai kinerja reksadana yang jumlahnya bejibun di Indonesia.

Waktu itu, setelah bisa menilai macam-macam reksadana, saya jadi ingin memiliki suatu reksadana syariah dari Sucorinvest Asset Management, soalnya imbal hasil tahunannya paling gede, wkwkwk.. Cuman kalau beli reksadana dari Sucorinvest Asset Management-nya kan agak susah, karena saya ogah kalo harus bikin rekening bank baru. Terus saya dapet info dari PortalReksadana bahwa reksadananya Sucorinvest itu bisa dibeli juga di supermarket reksadana IPOTFUND, asalkan saya mau jadi nasabahnya Indo Premier Sekuritas dulu. Kemudian saya pun daftar jadi nasabah IndoPremier, dengan membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) pada sekuritas tersebut. Lalu, saya masukin duit buat beli reksadananya Sucorinvest itu. Akhirnya keterusan top up melulu deh di RDN-nya IndoPremier sampai sekarang.

Selanjutnya, saya nggak cuman beli reksadananya Sucorinvest doang di IPOTFUND itu. Dengan uang saya di RDN IndoPremier, saya juga beli reksadana dari beberapa manajer investasi lain, misalnya dari Trimegah Asset Management, dari MNC Asset Management, dan lain-lain. Kadang-kadang saya nggak puas dengan reksadana yang saya beli, sehingga kemudian reksadananya saya jual, lalu hasil jualannya saya pakai buat beli produk reksadana yang lain. Tapi hampir semua reksadana yang saya beli itu dijual di IPOTFUND. Jadi duit saya ya muter di situ-situ doang.


IPOTFUND memberi informasi tentang reksadana mana aja yang paling besar nilai kepercayaannya di mata masyarakat.
Informasi dari datanya Indo Premier Sekuritas membuat kita jadi tahu mana reksadana yang tepat untuk dijadikan instrumen investasi.


Eh pernah ding saya beli reksadana di suatu bank, tapi kemudian saya jual karena saya ketemu reksadana kompetitor yang imbalhasilnya lebih bagus. Kok ya kebetulan reksadana kompetitornya dijual di IPOTFUND, jadi saya rasa beli di IPOTFUND itu lebih praktis. Praktis karena kalau tidak puas, tinggal switching ke reksadana lain yang dijual di IPOTFUND itu juga.

IPOTSTOCK

Uang di RDN Indo Premier Sekuritas Bisa buat Beli Saham Juga

Kebetulan, selain berinvestasi reksadana, saya juga berinvestasi pada saham juga. Soal ini kayaknya udah beberapa kali saya ceritakan ya tentang kehidupan saya sebagai trader saham, dan hal-hal apa aja yang mesti dipelajarin dulu sebelum jual beli saham.

Jujur aja, awalnya saya masuk jadi investor saham ini bertahun-tahun yang lalu, nggak semudah kayak sekarang. Dulu tuh saya kudu browsing sendiri buat cari sekuritas yang cocok dengan kantong saya, padahal saya masih pemula dalam investasi saham. Sekuritas-sekuritas itu umumnya matok bahwa kalo mau berjual-beli saham itu, minimal kudu punya duit Rp 10 juta. Lha saya waktu itu belum berani gelontorin duit segitu banyak untuk hal yang masih asing buat saya.

Belakangan saya baru ngeh bahwa Indo Premier Sekuritas ternyata nggak semahal itu kalau mau berjual-beli saham. In fact, kalo kita cuman setor duit sejumlah Rp 100k aja, itu pun udah bisa dipake buat beli saham. Ya memang pada prakteknya kalo mau beli saham perusahaan yang bagus, saya sedia duit minimal Rp 3 jutaan, tapi kan intinya bukan itu. Kunci dari trading saham terletak pada kemampuan menahan emosi ketika harga saham itu naik-turun tidak karuan, bukan pada jumlah modal yang digunakan untuk membeli saham.

Indo Premier Sekuritas sendiri punya lini bisnis untuk jual beli saham, bernama IPOTSTOCK. Dan di platform IPOTSTOCK ini, kita bisa beli saham apapun, dengan duit cuman minimal Rp 50k aja (dengan catatan, asalkan harga sahamnya memang cocok dengan duit yang kita setorkan. )

Saya sendiri masih ingat bahwa saya pernah beli sahamnya $PWON hanya dengan modal Rp 47.000,-.

IPOTGO

Memantau Investasi Kita di Indo Premier Sekuritas

Terus, sebagai investor, tentu saya kepingin bisa monitoring dong duit saya sudah berkembang sampai segede apa, baik yang saya investasikan pada saham maupun pada reksadana itu. Nah, kalau dulu-dulu, ketika saya ingin mantau reksadana dan saham saya, saya cuman bisa memantaunya melalui IPOTFUND atau IPOTSTOCK di laptop. Tapi, sekarang IndoPremier udah berkembang lagi. IndoPremier punya aplikasi untuk monitoring itu
yang bisa kita instalasikan di smartphone kita. Namanya, IPOTGO.

IPOTGO ini nggak gede lho ukurannya, mungkin kurang dari 2 MB. Menu utamanya yang paling sering saya buka adalah Portfolio, Reksadana, dan Saham.

Di menu Portfolio IPOTGO, saya bisa lihat daftar reksadana dan saham yang sudah saya miliki pada IPOTFUND maupun IPOTSTOCK. Berapa masing-masing harganya kini di pasaran. Dan terutama, sudah dapat imbal hasil berapa persen pada reksadana itu semenjak saya beli. Jadi berinvestasi itu langsung terasa gitu untungnya, nggak cuman di teori awang-awang doang.


Memantau portofolio reksadana yang saya miliki di Indo Premier Sekuritas melalui aplikasi IPOTGO.
Saya punya 5 reksadana, dan pada aplikasi IPOTGO tertera berapa masing-masing nilainya saat ini.
Pot G/L menunjukkan keuntungan yang saya dapatkan sekarang dari reksadana tersebut.

Gimana kalau kepingin beli reksadana/saham lain yang kita belum punyai? Oh, gampang banget. Contohnya nih, di IPOTGO sini, kita bisa lihat List Reksadana, untuk cari tahu reksadana apa aja yang tersedia di pasaran. Ada sekitar 235 reksadana yang dijual di IndoPremier, dan bisa diurutkan mana yang memberi imbal hasil paling gede dalam 1 bulan terakhir. Kalau kita seneng reksadananya, tinggal tekan B alias BUY alias beli. Jadi milik kita deh (asalkan dana untuk membelinya cukup sesuai saldo di dalam rekening IndoPremier kita yaa).

Untuk beli saham pun hampir sama aja, cuman menunya ya beda, yaitu List Saham. Di sini ada keterangan harga terakhirnya berapa, emiten yang mana yang kenaikan harganya paling kenceng, dan emiten yang mana yang nilai transaksi hariannya paling gede. Again, kalau kita pingin beli sahamnya, ya tinggal tekan BUY lagi. Tuh, gampang kan ya beli saham tuh.

(P.S. Saat ini, saham $ASRI alias PT Alam Sutera Realty bisa kamu beli dengan harga minimal Rp 34.200,- aja. Nggak kurang murah apa lagi, coba?)

IPOT ULTIMA

Pelengkap Trading Saham di Indo Premier Sekuritas

IPOT ULTIMA ini juga aplikasi untuk monitoring investasi di IndoPremier, tetapi lebih spesifik untuk memantau portfolio saham kita di IPOTSTOCK dan sekaligus memantau pasar saham di Bursa Efek Indonesia. Perbedaan yang saya lihat paling mencolok pada IPOT ULTIMA, adalah kemudahannya untuk mengetahui volume pasar, sehingga bisa memilih harga beli atau harga jual yang kita inginkan.

Ambil contoh begini. Saya pingin beli saham $ICBP, tapi budget saya nggak sampai Rp 10.000,- per lembarnya. Kalau saya cuman buka $IPOTGO, cuman ada harga pada menit itu juga, sehingga saya cuman bisa beli sesuai harga yang tertera di sana, kan?

Nah, sedangkan pada aplikasi IPOT ULTIMA, saya bisa melihat berapa volume pasar untuk menekan harga beli, dan berapa besar pertahanan harga jual sahamnya. Jika pada aplikasi IPOT ULTIMA nampak bahwa volume pemilik $ICBP lebih kuat untuk mempertahankan harga di atas Rp 10.000,-, maka saya nggak perlu buang waktu untuk berharap bisa dapet saham itu dengan harga murah. Tapi kalau di aplikasi IPOT ULTIMA nampak bahwa volume pasar lebih kuat untuk menghendaki harga turun di bawah Rp 10.000,-, maka boleh dong saya pasang harga Rp 9.975,- pada BUY ORDER.

Jadi IPOT ULTIMA ini lebih cocok untuk investor yang kepingin eyel-eyelan soal harga saham, sedangkan IPOTGO itu cocoknya untuk investor yang kepingin “beli saham itu berapa pun harganya, yang penting dapet” atau “pokoknya jual aja tanpa banyak mikir-mikir”.

Running trade saham pada IPOT ULTIMA, aplikasi trading saham oleh Indo Premier Sekuritas (kiri).
Menu running trade untuk emiten $ICBP, menunjukkan volume permintaan pasar untuk harga rendah lebih besar (9.595 lot) daripada penawaran investor untuk mempertahankan harga sekarang (Rp 10.150,-/lembar) (foto tengah).
Sementara itu saya mencoba menawar untuk membeli 1 lot saham $ICBP dengan harga Rp 10.000,-/lembar pada formulir BUY ORDER (foto kanan).

Kelebihan Indo Premier Sekuritas

Jadi, singkatnya, menurut saya sendiri sih, IndoPremier ini sekuritas yang cukup bagus untuk teman-teman yang kepingin belajar investasi reksadana dan saham sekaligus. Dengan menggelontorkan modal yang cukup minim, katakanlah Rp 100k aja, kita bisa pakai untuk beli reksadana di IPOTFUND, atau beli saham di IPOTSTOCK. Bahkan, kalaupun kita lagi nggak tahu mau beli reksadana apa atau mau saham apa, duitnya yang masih nganggur itu tinggal ditaruh di IPOTPAY. Masih inget kan ya, saya pernah cerita tentang IPOTPAY, di mana duit yang nganggur itu bisa dipakai buat top up GOPAY, bayar listrik, atau sekedar buat bayar belanjaan di Tokopedia.

Ini mah judulnya, menabung di Indo Premier Sekuritas itu bisa sekaligus untuk investasi reksadana dan saham, dengan dana minim.

Sebetulnya, bahkan dana di RDN Indo Premier Sekuritas bisa dipakai untuk investasi pada obligasi dan ETF. Cuman karena saya belom pernah beli obligasi atau ETF, maka saya belom bisa banyak cerita tentang hal ini.

Cara mendaftar untuk memiliki RDN pada Indo Premier Sekuritas sendiri sebetulnya cukup gampang. Lihat poster di bawah ini ya..

Saya sendiri, setelah bergabung bertahun-tahun jadi nasabahnya Indo Premier Sekuritas, mengakui bahwa nggak ada sekuritas lain yang semenarik ini di Indonesia. Ya ada sih lembaga keuangan lain yang bisa jadi tempat untuk berinvestasi saham dan reksadana sekaligus, tetapi mesti aja minta deposit minimalnya banyak, minimal ya jutaan gitu. Beda dengan IndoPremier, yang deposit minimalnya cuman Rp 100k. Itu pun juga kalau memang mau diniatkan untuk investasi ya. Karena sebetulnya, kalau cuman daftar jadi nasabah doang di IndoPremier (alias belom bisa memutuskan mau beli reksadana apa atau mau beli saham apa), maka daftar doang itu gratis.

Dan kalau cuman daftar doang di IndoPremier, saya nggak dijejalin newsletter finance tiap minggu pada email saya. Jadi nggak ganggu lah.

Nggak Ngerti? Kontak IndoPremier Aja

Kita bisa hubungi stafnya Indo Premier Sekuritas di cabang terdekat dengan rumah kita:

Indo Premier Sekuritas Jakarta

Jalan Jenderal Sudirman 28, Wisma GKBI 7/F, Suite 718, Jakarta 10210, Telepon 021-57931200

Indo Premier Sekuritas Surabaya

Wisma Dharmala, Jalan Panglima Sudirman 101-103, Surabaya 60271, Telepon 031-548-7050

Sebetulnya ada sekitar 15 Kantor Cabang dari Indo Premier Sekuritas, plus 15 Kantor Perwakilan dan Galeri Investasi yang berada di seluruh Indoneisa. Kamu tinggal cari yang terdekat denganmu ya 🙂

Percaya deh, sudah berkali-kali saya nelfon mereka untuk sekedar menanyakan pertanyaan-pertanyaan newbies, tapi mereka selalu menjawab dengan bahasa awam yang ringan.

Kamu mau coba investasi reksadana atau saham? Yuk download aplikasi IPOTGO-nya Indo Premier Sekuritas dulu. Tanyakan kepada saya kalau belum paham ya.. 😊

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

5 comments

  1. CREAMENO says:

    Saya pakai ini juga khusus IPOTGO~ memang bagus aplikasinya dan mudah saat pendaftaran serta penggunaannya 😀 dan memang enaknya di IndoPremier bisa mulai dari Rp 100.000 saja, dibanding beberapa sekuritas lain yang harus mulai dari jutaan. Hehehe, salam cuan ya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *