Terobosan Sewa Studio Foto di Surabaya, Dapat Banyak Set Tematik

Pernah saya kelabakan nyari studio foto Surabaya. Jadi, enam tahun lalu, saya tunangan dan kepingin prewed. Nyari studio foto terbaik di Surabaya buat prewed indoor, namun nggak ada yang sreg. Mosok bayar harga standar, tapi dapetnya cuman file 3 pose? Atau, boleh dapet file raw sampai ratusan pose tapi bayarnya hingga jutaan?

Saya yakin bukan saya belaka yang centil kepingin mengabadikan momen dengan foto beraneka gaya. Nggak hanya posenya yang beragam, malah kalo bisa backgroundnya ganti-ganti. Apa daya studio foto murah di Surabaya rerata sudah mematok cuma dapat ganti latar maksimal 2 kali, konsumen dapet hasil fotonya paling beberapa lembar doang. Kita dandan berjam-jam demi photo session photo session doang nggak lebih lama daripada 30 menit.

Chill Bill, Venue Baru untuk Sewa Studio Foto Surabaya

Sampai kemudian, minggu ini saya denger bahwa ada zona lagi buat sewa studio foto Surabaya. Nggak hanya sebagai studio foto, namun studio ini mengandung cafe juga. Lantaran penasaran, saya coba njajal lokasi itu.

Chill Bill ini, ternyata memang cafe yang lebih memfokuskan usahanya sebagai foto studio di Surabaya. Lantai bawah dikonsentrasikan area makan, sedangkan lantai atasnya dijadikan studio foto. Yang unik, ternyata konsepnya adalah penyewaan studio foto per jam-jaman, tetapi dalam sekali nyewa itu konsumennya boleh pakai lima setting sekaligus yang temanya berbeda-beda.

Saya pun nyobain studio fotonya Chill Bill bareng suami dan anak saya. Ternyata, memang studionya menarik. Sebuah ruangan berukuran sekitar 10 x 4 meter disekat-sekat menjadi lima set dekorasi pemotretan. Sepertinya cocok nih ruangan buat kegiatan photo session yang mengusung beraneka tema dalam waktu sehari.

Sebuah meja panjang untuk make up terpasang di salah satu dinding, lengkap dengan cermin rias dan lampu-lampu di sekeliling cerminnya.

Macam-macamlah set dekor disediakan oleh pemain anyar photo studio Surabaya ini.

Satu section dinding yang bertemakan taman, lengkap dengan bangku taman, lampu taman, dan background rumput vertikal sebagai latarnya.
Malah disediakan sepeda segala berisi pot-pot kembang yang asri.
Kalian yang kepingin cari studio foto keluarga Surabaya, pasti seneng lihat setting ini.


Section yang bertemakan urban street.
Saya sangat menyukai trap undak-undakan yang nampak ciamik sekali jika dipakai buat pose grup bersusun.
Belum lagi bean bag empuk merah ini, sungguh pas buat foto grup bertemakan edgy yang ceria.
Sebetulnya, bean bag merah ini bisa lho untuk pemotretan bayi.

Tema rumah classy yang cozy.
Bangku kekinian dengan sandaran tinggi melengkung menjadi point of interest, berpadu dengan dinding rumahan yang disertai pot tanaman a la kebun nenek.
Sebaran batu kerikil putih menyiratkan rasa glamour pada set tematik yang satu ini.

Dekorasi yang mengingatkan saya akan photobooth di kondangan.
Bermodalkan latar dari kain putih bertekstur, dihadang sebuah pot rotan elegan yang berisikan bunga-bunga besar.
Set ini sebetulnya sejalan tema simple chic yang tidak memerlukan terlalu banyak properti.

Setting berupa nuansa kayu, menciptakan suasana rustic yang kental.
yang jadi favorit saya, malah sekat yang berada di sebelahnya.
Eksposan bata merah yang disemen menjadi undak-undakan di hadapan dinding, membuat saya sangat menikmati pose saya di sini.
Belum lagi properti berupa aneka keranjang rotan dan gulungan tali rami yang tergeletak berantakan, menciptakan kesan country di musim gugur.

Saya jadi nyesel kemari membawa cuma satu pakaian, ya gaun ungu yang sedang saya kenakan itu aja. Sekiranya saya tahu bahwa ada lima (atau malah tujuh?) set yang bisa saya gunakan seenaknya dalam 2 jam ini, saya pasti akan bawa 9 model pakaian yang beragam gaya.

Menurut saya sih, studio foto Chill Bill ini klop bagi orang yang ingin foto dalam background yang beda-beda, namun tidak punya waktu luang demi pergi ke banyak area hanya demi selfie-selfie-an. Sesuai juga bagi content creator yang sedang mengerjakan fashion project, di mana model mesti berfoto dengan pakaian dalam kurun waktu yang terbatas. Atau foto keluarga kecil, di mana tiap anggota keluarga ingin difoto sendiri-sendiri dengan tema yang berbeda-beda.

Harga Foto di Studio Chill Bill

Aturan main dalam menyewa studio foto di sini sangat sederhana. Studio ini disewakan per kurun waktu 2 jam, lebih murah lagi jika konsumen mau membayar 4 jam atau bahkan 6 jam sekaligus.

Harga sewa studio ini tertera berikut:

DurasiSenin s/d JumatSabtu s/d Minggu
2 jamRp 600.000,-Rp 800.000,-
4 jamRp 1.000.000,-Rp 1.200.000,-
8 jamRp 1.600.000,-Rp 1.800.000,-

Sekali sewa, studio ini hanya dapat diisi oleh maksimal 8 orang, dan itu sudah termasuk fotografer plus crew periasnya juga. (Ada tagihan ekstra jika jumlah orangnya melebihi 8). Semua properti di studio ini dapat digunakan, asalkan tidak mencapai overtime dan tidak sampai rusak. Ada fasilitas penyewaan lampu juga.

Ngomong-ngomong, konsumennya memang harus membawa fotografer sendiri. Jika ingin menyewa fotografer/make up artist dari Chill Bill juga bisa, tetapi sewa fotografer/make up artist ini akan dikenai biaya tambahan.

Alternatif Lain untuk Coffee Shop di Surabaya

Oh ya, saya inget dulu setelah photo session untuk prewed, saya dan tim itu langsung lapar luar biasa. Selepas taking foto terakhir, kami langsung ngebut ke suatu cafe bagus di Surabaya demi isi bensin. Bayangin, masih pake kostum prewed, langsung melahap jajan dengan buas.

Kayaknya bukan saya doang tipe konsumen studio foto yang melapar pasca photo session berjam-jam, makanya Chill Bill pun sudah mengantisipasi kemungkinan ini dengan menyediakan cafe di bagian bawah studio.

Cafe di Jambangan ini jualan blended coffee seperti dan frappe, selain ada kopi seduhnya juga. Rasa kopinya cukup harum, dan bikin seger juga. Ada kopi seduh manual juga lho, plus teh dan mocktail juga konsumen yang nggak mau berkafein ria. Niatlah pokoknya buat jadi pentolan coffee shop di Surabaya selatan.

Sudut favorit saya di cafe Chill Bill ini adalah lounge di bagian depan.
Karena di sana, ruangannya berasa private, ada meja panjang di mana orang bisa makan sendirian, dan jumlah colokannya bejibun.

Makanannya sendiri juga cukup lumayan mengenyangkan untuk ukuran cafe di Surabaya. Sepuas foto-foto, saya makan ayam bakar merah dari cafenya Chill Bill ini. Ternyata rasa gurih asin manisnya enak juga, mirip masakan rumahan seperti halnya tempat kuliner di Surabaya pada umumnya.. Tapi lantaran rada pedes, ayam ini nggak saya kasih ke anak saya buat nyicipin. Sebaliknya, anak saya pun lahap makan french fries-nya.

Bagaimana pun, saya tetep happy karena Chill Bill ini membuat peta persaingan studio foto Surabaya makin ramai. Kamu yang sedang mencari studio foto wisuda atau studio foto bayi Surabaya, boleh banget beli paket sewa di Chill Bill ini. Dengan beragam tema yang didapat cuma dalam satu kali pembayaran, bikin photo sessionmu makin menyenangkan karena kamu pasti kepingin mengesplorasi semuanya. Eh, saya jadi kepo nih, dari sekian banyak foto yang saya kerjakan di Chill Bill di atas, foto yang mana yang jadi favoritmu?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

34 comments

  1. Ya ampun… studio sekarang keren-keren yaa.. saya sudah hampir gak pernah main ke studio foto lagi jadinya yang diingat studio foto dengan background kain polos aneka warna sama lukisan-lukisan apalah gitu.. jadul banget deh pokoknya. wkwkwkwk..

    Kusuka banget dengan tema urban street dan nuansa kayu itu euy.. cakeupppp banget buat foto bareng teman se geng.

    btw, kalau kita pengen punya background tema sendiri atau tambahan perabotan apalah gitu bisa gak yang diakomodir sama studio fotonya??

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Properti yang ada ya properti yang di foto-foto ini aja, Ndah.

      Tapi gini ya.. kalau kamu mau bawa properti sendiri, boleh banget. Termasuk mau bawa background (sebenarnya backdrop sendiri kan yang kau maksud?) sendiri, juga boleh banget. Sing penting, barang-barang bawaanmu nggak sampai ngerusak properti miliknya Chill Bill, gitu aja 🙂

  2. Marga Apsari says:

    Chill Bill ini ada di dekat rumahku di Tangerang juga, dan makanannya enak! Tapi kalau di cabang Surabaya ini kayanya seru juga ya ada studio fotonya 😀

  3. Anis says:

    Ke-1 lokasi buat pepotoan sudah dapat banyak sekali tempat yang instagramable, apalagi ada juga Cafe yang menunya kayak di rumah sendiri jadi tambah bikin nyaman dan terasa dekat sekali di hati

  4. Iya, ya. Kalau bawa lebih dari 1 baju jadinya lebih seru. Stok foto juga bisa lebih banyak. Kalau ajakin teman-teman selama gak melebihi batas maksimum, jatuhnya lebih murah lagi

  5. Saya jadi izan zaman dulu diajak ke studio foto. itu paling layarnya polos, atau taman hahaha. Dan ini bisa 5 settingan keren ya, Mbak. Dan pas lihat foto-foto, Mbak Vicky saya membatin, wah sayang kok bajunya sama semua dalam setiap tema. Eh.. ternyata Mbak Vicky juga nyesal cuma bawa satu. Padahal kalau beda tema, beda baju makin keceh ya, Mbak hehehe.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Ya, semula saya nggak tahu bahwa studionya punya banyak setting. Saya sangka saya cuma bakalan lihat satu background lalu selesai. Ternyata saya melihat yang lebih canggih dari itu 😀

  6. Visya Al Biruni says:

    Wow konsepnya unik. Kafe plus studio foto. Akupun ngerasain banget susahnya cari studio foto dengan harga affordable huhu. Kalo Chill Bill di Jakarta udah Ada studio fotonya belum yah? Hihi kali aja udah.

  7. Reni says:

    Sudah lama sekali tidak ke studio foto, sekarang studio foto bisa di konsep sedemikian rupa ya, angin segar nihbiat yang suka foto-foto.

  8. Inna Riana says:

    wow foto studio jaman now keren banget ya. kalo jaman baheula cuman dikasi bekgron poster gede doang kan hihihi.
    asyik banget abis foto2 trus tinggal makan di cafenya

  9. Emmm nice info banget ini buat yg lagi butuh moment diabadikan. Nah, kalaupun harus bawa fotografer sendiri sepertinya g masalah deh ya, karena tempatnya yg udh instagramable habis. Tinggal pilih sesuai selera.

    Ini namanya terbosan dalam usaha fotogfafer, kalau ruang meeting ada co space kalau ini studio yg disewakan. Waktu minim yg 2 jam pun bisa membuat kita bebas berekspresi pastinya ya dengan latar yg berbeda-beda.

    Udahannya lapar?cuss tinggal ngemil di lantai 1..wahhh semua bisa jadi duit nih buat owner nya yg kreatif dalam melihat pangsa pasar ya mbak salam kenal

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Ya, meskipun bukan jasa fotografernya yang jadi produk unggulan, tapi saya rasa ini mengedukasi customer bahwa membikin foto yang bagus itu nggak bisa hanya bermodalkan background cakep aja. Pelan-pelan nanti customer akan balik lagi minta jasa fotografer 🙂

  10. Ariefpokto says:

    Apik yo,kita ga perlu repot lagi. bisa berapa jepret juga selama memory card belum penuh bebas berekspresi .hari gini kan banyak yg senang difoto. jadi bisa mengeksplorasi banyak gaya disini

  11. foto yg paling ataaaaaaas, aku sukaaaak vic ;). Pose kakimu itu, kliatan elegan :D. harus aku tiru tuh cara penempatan kakinya :D.

    aku bukan tipe yg suka foto2 sih. tiap kali difoto aja, gaya gitu2 doang . emg susah berpose. tapi kalo liat foto orang2 aku lumayan suka, nambah referensi gaya yg seperti apa yg bisa aku tiru :D.

    bagus ya konsep fotonya. bisa pake props puas, hrg jg ga terlalu mahal. malah enak sih kalo bisa bawa fotographer sendiri. aku blm nemu yg begini di jkt.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Mosok sih, Fan? Bisnis sewa studio foto udah agak lama di Surabaya, aku pakai jasa ini buat prewed 7 tahun yang lalu. (Tunangan) ku cuman sewa studio doang waktu itu, sedangkan fotografernya bawa sendiri. Jauh lebih memuaskan ketimbang beli jasa fotografi di studio foto yang dipotretin stafnya dan kita cuman nunggu fotonya dicetak secara terbatas.

      Memang kelemahannya kalo nyewa studio begini, kita yang kudu mikir sendiri konsep fotonya. Mau adegannya kayak gimana, mau pose kayak gimana. Tapi buatku, ya di situlah proses kreatifnya :)) Ini masih mending dengan harga segini udah dapet props ini itu. Kompetitornya yang kupakai dulu, nggak kasih props, cuman kasih background doang, padahal harganya sama :))

      Kapan-kapan kalo kita ketemuan, kuajakin foto-fotoan pake gaya ini gaya itu. Yang nggak pake banyak usaha, sesuailah dengan umur kita yang udah mau encok ini :)) *wink*

  12. nana says:

    suka sama set yg putih classy. ini kalau misal buat ketemuan sama temen temen trus lanjut foto foto, bayarnya patungan bisa nih 😀

    btw tempat parkirnya enak nggak mbak?

  13. Eddy Fahmi says:

    Nah cafenya ini beda dari cafe2 lain. Cemilannya rasa cemilan rumahan, pastel, ote ote, dadar jagung, cocok wes sama seleraku. Dan yg paling penting adalah walopun studio/cafe ini baru, tapi sudah dikenali google maps, jadi ga repot kalo mau kesitu pake jasa ojol/taxol. Ga repot nyetir & parkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *