Kamar Deluxe Executive di Best Western Papilio Surabaya

Kamar yang saya inepin ini nggak ada di agen travel online. Bahkan di website resmi hotelnya juga nggak ada. Makanya kali ini saya jadi semangat buat nginep di Best Western Papilio Surabaya lagi.

Cuaca Surabaya akhir-akhir ini panas banget, hingga saya nyerah dan kepingin tidur di hotel aja buat ngadem. Inget-inget tahun lalu saya ajak anak saya, Fidel, buat tidur di Best Western Papilio, bikin saya coba ngecek harga lagi di sana.

Kamar Baru di Best Western Papilio Surabaya

Pas saya kirim WhatsApp ke Best Western Papilio, adminnya Best Western Papilio nawarin saya kamar mereka yang baru, namanya tipe Deluxe Executive. Kamarnya tentu saja lebih bagus daripada kamar Superior yang saya inepin tahun lalu, katanya. Menurut adminnya, kalau saya ambil Deluxe Executive-nya sekarang, saya boleh dapet diskon, sehingga harga yang kudu saya bayar cuman beda tipis sama kamar Superior. Akhirnya, saya cobain aja kamar Deluxe Executive itu.

Saya nyoba kamar itu kemaren. Ternyata memang interior kamarnya lebih bagus daripada kamar Superiornya. 

Menurut saya sih, kingsize bed di kamar Deluxe Executive di Best Western Papilio Hotel ini bisa muat buat 4 orang dewasa.
Dekorasi di dindingnya juga lebih panjang dan nampak lebih lux daripada kamar Superior.
Sofa di dekat jendela cukup buat diduduki 3 orang dewasa.
Tempat tidur dialasi karpet bulu warna putih, bikin ruangan langsung nampak lebih mewah.


Meja tulisnya memenuhi seluruh dinding, leluasa banget buat naruh segala paperwork yang sering kita bawa kalau lagi staycation.
Cerminnya juga luas, bisa dipake bareng-bareng oleh saya dan suami, dengan kualitas cahaya yang sama bagus di kedua sudut.
Saya lagi keringin rambut setelah shower.
Kloset lega, disediain banyak gantungan baju.
Bisa simpen baramg rahasiamu di safety box yang berada di bagiam dalam kloset.
Sendal hotel baru saya pakai kalau mau berenang.

Kalian kalau mau cari kamar Deluxe Executive ini di online travel agent, belum tentu bisa dapet. Pasalnya, kamarnya ini sendiri baru mau dilaunching tahun depan, jadi sekarang belum bisa dipromosikan di online travel agent. Bahkan di website resmi Best Western sendiri, kamar Deluxe Executive ini juga belum ada.

Kenapa coba bisa begini? Jadi ceritanya, memang manajemen Best Western sudah lama pingin upgrade kamar Deluxe-nya supaya lebih trendy. 

Apa daya, dari sekitar 100 kamarnya yang bertipe Deluxe, kamarnya full booked melulu. Alhasil rencana mau renovasi kamar jadi tersendat-sendat karena nunggu kamar Deluxe-nya nganggur dulu. Makanya mereka bikin kamar Deluxe Executive-nya satu per satu, dan menawarkannya baru sedikit demi sedikit secara private.


Saya lagi ngelobi suami supaya mau cobain cabang Best Western lagi kalau pergi ke kota lain, biar dapet points Best Western Rewards.

Harga Best Western Papilio Surabaya untuk Kamar Deluxe Executive

Kalian juga bisa lho sewa kamar Deluxe Executive ini biarpun kamarnya belum ada di internet. Caranya WhatsApp aja ke admin Best Western Hotel Papilio, ke nomor 623199043000. Harga korporat untuk kamar Deluxe Executive ini sekitar Rp 900k-an. Tapi kalo kalian pesannya via WhatsApp, kalian bisa dapet korting 21%.

Dan sebetulnya potongan harga 21% ini nggak cuman berlaku buat kamar Deluxe Executive, Tapi juga berlaku buat semua tipe kamar, dengan harga yang dipotong dari harga terbaik pada hari itu. Oh ya, kalau pesannya via WhatsApp ini, ada rabat 15% lagi kalau pesan makan minum dan pakai laundry lho.

Masuk Klub Loyalti Best Western Rewards

Lantaran udah dua kali Fidel nginep di Best Western dan selalu seneng tiap kali tidur di sini, saya akhirnya mutusin buat masuk program loyaltinya Best Western, namanya Best Western Rewards.

Kalau punya kartu anggota Best Western Rewards ini, boleh check out lebih lambat sampai jam 16.00. Berguna banget nih buat kita yang kadang tertahan di suatu kota gegara pesawat atau kereta kita untuk balik itu baru berangkat sorean. 


Ini tampak kartunya kalau sudah masuk jadi anggota Best Western Rewards.

Buat pemilik kartu ini, ada jalur khusus buat check in di hotel. Kalau mau bermalam di sini, sore-sorenya dikasih kopi, teh, dan cemilan dulu. Mau beli makan di hotelnya, dapet reduksi harga 50%. Plus lagi ada diskon 30% buat laundry, dan potongan harga segini juga kalau kita mau pijet-pijet di hotel. Kalau ada kamar yang available, boleh upgrade kamar segala, dan dapet buah-buahan gratis juga.


Enak bener saya bobok di Best Western Papilio ini.
Sore-sore, ada staf yang nganterin kue ke kamar saya.

Terus, kalau punya kartu Best Western Rewards ini, saban kali bobok di hotel cabangnya Best Western, bisa dapet point. Kalau points ini dikumpulin dan jadi banyak, saya bisa dapet macem-macem keuntungan.

Perhitungan point-nya begini, tiap kali pembayaran sewa kamar di hotel Best Western melalui website resminya (atau melalui pesen secara walk in juga), harga kamar dikonversi menjadi United States Dollar. Tiap bayar 1 USD, akan dapat 10 points.

Macem-macemlah hadiahnya yang bisa dituker kalau points-nya sudah bejibun.

  • 1.000 Points, bisa dituker dengan voucher belanja di H&M.
  • 2.700 Points, bisa dapet voucher belanja di Athlete’s Foot.
  • 5.000 Points, boleh juga dibarter dengan 1.000 miles-nya Asia Miles Cathay Pacific.
  • 8.000 Points, malah dapet bermalam gratis di Hotel Best Western.

Tentu saja kartu Best Western Rewards ini ada levels-nya, mulai dari level Blue, level Gold Elite, level Platinum Elite, level Diamond Elite, sampai level Diamond Select. Kalau kalian sudah jadi anggota di loyalti jaringan hotel lain yang sudah sampai level Gold Elite klub itu misalnya, boleh banget daftar masuk Best Western Rewards dan langsung boleh jadi anggota level Gold Elite juga.

Dan bagian terbaiknya..

menjadi anggota Best Western Rewards itu keanggotaan seumur hidup, alias nggak ada kadaluwarsanya!


Kolam renang Bantimurung di berada di lantai 8.
Harga renang di BW Papilio Hotel Surabaya ini untuk non-tamu adalah Rp 70k.
Fidel senang berenang di sini sambil ngeliatin sawah, Jalan Raya Ahmad Yani, dan rel kereta api.
Itu kamar saya, nampak jendelanya setinggi 3 level dari kolam renang, kedua dari kiri.
Can you spot my head on the water? 😉

Buffet di Best Western Papilio

Pagi-pagi setelah bangun, saya turun sama Fidel dan suami saya ke restoran Mariposa buat sarapan. Restoran nampak lengang pagi itu, nggak kayak tahun lalu yang rame banget sama tamu-tamu yang lagi liburan. Bisa jadi lantaran saya datengnya pas weekday sih.

Lantaran sepi, saya leluasa milih meja, dan sengaja saya cari meja di area deket jendela. Area ini memang cenderung sepi, soalnya rada panas akibat sinar matahari yang masuk via jendela. Saya ambil meja yang mepet tembok aja, yang penting masih berlimpahan cahaya supaya bisa leluasa moto makanan.


Menu saya pas sarapan, dari atas keliling jarum jam: sereal Corn Flakes, roti gandum, salad sayur, pudding roti bertabur kismis merah.

Padahal tadi malem, saya sengaja cuma makan dikit, supaya bisa makan banyak-banyak di sarapan buffet ini. Tapi ternyata memang appetizers di sini pada bikin kenyang semua. Saya cuman ambil menu sesuai foto di atas. Segitu udah bikin kenyang lho. Suami saya sempat nawarin saya telor mata sapi dan sosis ayam, tapi saya menggeleng.

Ngomong-ngomong, menu di buffet sini memang macem-macem. Selain standar Amerika kayak roti dan sereal, juga ada stands yang sedia soto Banjar, polomendem (kayak kacang rebus), bakpao, dan pancake sama wafel. Sebetulnya saya pingin ngincipin brokoli dan kentang panggangnya juga, tapi saya kekenyangan euy..

Tepat pukul tujuh, tahu-tahu nongol tamu-tamu lain yang sudah berbaju batik rapi, masuk ke restoran. Sekejap aja tuh tempat langsung penuh. Kalau saya nguping dari pembicaraannya sih, kayaknya ini pegawai-pegawai pemerintahan yang mau rapat. Mungkin mereka pada nginep di sini karena SPPD-nya menginstruksikan begitu. Memang deket hotel sini rame sama kantor dinas sih.

Fidel yang saya kuatirin. Si bocah ini masih ngantuk dan belom mandi, jadi selera makannya belum bersemangat. Whoaa..kalau nanti dia laper gimana ya? Akhirnya saya bangun dan berbisik kepada salah satu waitress, minta ijin untuk bungkus beberapa croissants untuk Fidel. Eeh.. waitress-nya malah ambil piring dan persilakan saya buat tunjuk aja croissants mana yang saya inginkan. Saya pun tunjuk 2-3 buah croissants aja, lalu waitress-nya bawain roti-roti itu dalam sebuah kotak dus. Aseeek.. Fidel nggak akan kuatir laper deh nantinya..

Oh iya, saya bikin video singkat juga lho selama nginep di hotel ini. Tonton ya di bawah sini 🙂

Alamat Best Western Papilio Surabaya

Mau Nginap di Best Western ?

Khusus untuk Best Western Papilio ini, kamu bisa pesan kamar ke WhatsApp admin hotelnya, dan kamu bakalan dapet diskon 21% dari harga terbaik di hari itu.

Dan kalau kamu pingin tidur di cabang-cabang hotel Best Western yang lain di seluruh dunia, kamu bisa pesan pakai nomer keanggotaan di kartu Best Western Rewards-mu, dan tinggal bayar setengah harga kalau kamu mau pesen makan di room service-nya. Makanya buruan daftar Best Western Rewards sekarang, biayanya haratisss lhoo..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

6 comments

  1. inna says:

    Wah enak ya hotelnya kalau ada sinas ke surabaya aku mau mau coba nginep di sini ahh , makasih infonya kak sangat bermanfaat banget nie .

  2. Eddy Fahmi says:

    Hotel favoritnya fidel ini, soale bisa sering2 liat kereta api lewat di seberang jalan. Haha.

    Jadi enaknya bulan januari besok kita coba nginep di kota mana ma?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *