Trend Baru: Beli Tiket Masuk Tempat Wisata Online

Kadang-kadang kita cuman mau pergi ke sana aja. Tapi begitu tiba di sana, kita nggak tahu harus ngapain. Bahkan tahu tempat wisata di sana pun enggak.

Sering banget kan liburan kita jadi zonk lantaran pas sudah tiba di sana, kita malah celingukan kiri-kanan, eh di kota ini kita mau ngapain ya?

(Terus akhirnya isi liburan kita malah bergantung kepada hasil tanya-tanya sama staf resepsionis hotel..)

Dan penyebab umumnya liburan jadi zonk itu biasanya dua.

  • Tempat wisata yang mau dituju itu ternyata jauh, sedangkan kita nggak nyiapin kendaraan ke sana. Atau ..
  • Tempat wisatanya kemahalan, entah itu sekedar tiket masuknya, atau di dalamnya masih ada item-item yang kalau mau dinikmati itu perlu tiket tambahan, and so on..

Informasi Tempat Wisata Kan Ada di Mana-mana

Untungnya sekarang, masa abad kegelapan di mana kita cuman meraba-raba (dan berekspektasi cenderung berlebihan) tentang tempat liburan sudah mulai berlalu. Sekarang kan banyak banget paket tour yang dijual secara online. Durasi paket tour yang saya maksud ini ya singkat-singkat aja. Paling-paling cuman 3-6 jam, yaa paling parah mungkin 12 jam. Pokoknya nggak sampai harus nyunat jatah cuti segala deh.

Petting zoo di Farm House Lembang
Kegiatan kasih minum sapi di tempat wisata Farm House Lembang.
Masuk tempat wisata ini bisa dengan beli tiket masuknya di internet.

Dan istimewanya paket tour ini, kita nggak usah mikirin transportasi segala. Kita cuman perlu kasih tahu aja mau dijemput di hotel mana, lalu pengusaha tournya tinggal jemput kita pakai mobil dia. Terus kita dianterin deh ke tempat wisatanya, lalu senang-senang. Selesai, terus dianterin pulang ke hotel. Selesai, kurang enak apa, coba?

Dan yang sedia paket tour online ini, antara lain Traveloka. Yap, sudah biasa pakai Traveloka untuk pesan tiket pesawat atau pesan voucher hotel, kan? Nah, sekarang Traveloka juga jualan paket tour segala, dan paketnya bisa kita beli di aplikasi Traveloka. Tepatnya, di menu Attractions and Activities.

Dari Tiket Tempat Wisata sampai Paket Tour

Menu Attractions and Activities di Traveloka ini sebetulnya berisi macam-macam menurut kota lokasi tournya. Biasanya, saya ketikkan nama kota yang saya tuju di kolom “Search places or activities”. Nanti, keluar macam-macam pilihan paket tour di kota itu.

Nah, ada 6 macam produk paket yang ada di menu Attractions and Activities ini, antara lain:

  • Attraction, berisi produk-produk tiket tempat wisata.
  • Event, isinya voucher untuk konser musik atau event insidentil
  • Entertainment, jualannya berupa tiket masuk tempat permainan
  • Sports, buat kita-kita yang senang masuk tempat olahraga, misalnya gym
  • Beauty and Spa, disukai orang penggemar voucher salon atau tempat pijat
  • Tour, ya isinya paket tour yang umumnya udah termasuk tiket tempat wisata, sewa mobil dan makan

Kayak saya ambil contoh nih. Misalnya saya ketik Bandung. Maka di menu Attraction, ditawarin tiket masuk Farm House Lembang, The Lodge Maribaya, dan Trans Studio. Di menu Beauty and Spa, keluarnya voucher salon Zen Spa,  Yopie Salon, dan voucher Men’s Skin Centre.

Sementara di section Tournya, ada pilihan Bandung Utara Farm House Tour 1 Day Tour. Isinya adalah dianterin jalan-jalan naik mobil menuju The Lodge Maribaya, mejeng a la noni Belanda di pedesaan Farm House Lembang, plus ditemani makan di restoran.

Farm House Lembang Bandung
Saya lagi berdiri di Farm House Lembang, Bandung.
Kostum Belanda yang saya pakai ini disewa di tempat ini, sambil saya pakai jalan-jalan keliling tempat wisatanya dan kasih minum sapi di peternakan.

Ada juga pilihan Angklung Show and Walking Tour, yang mana acaranya antara lain adalah belajar main angklung di Saung Angklung Mang Udjo, lihat gua bersejarah di Hutan Juanda, dan makan malam di jalanan Braga.

Di kota-kota lain juga kurang lebih pilihannya ya mirip-mirip.

Medan nih, ada pilihan Medan City Tour 1 Day Tour. Kegiatannya ya tour ke Istana Maimun, eksplor rumah-rumah ibadah bersejarah di Medan, dan silaturahmi sama buaya di Taman Buaya Asam Kumbang. Ada juga Trip to Medan – Berastagi – Sipiso Piso – 1 Day Tour, yang ngajak tamunya ke Berastagi, lihat Air Terjun Sipiso Piso, dan pulangnya dioleh-olehin ulos gratis.

Kawasan Bali malah lebih banyak lagi pilihannya. Ingat dulu saya pernah cerita tentang tempat wisata Ubud yang untuk dikunjunginnya perlu waktu 2 malam sekalian nginep? Nah, ambil aja pilihan Wakaland Cruise to Ubud. Maka, kita bisa main ke kebon kopi Teba Sari, jalan-jalan di Campuhan, sekalian ke air terjun Kanto Lampo, dan pulangnya tetap dianterin ke hotel kita, biarpun hotelnya ada di Uluwatu sekalipun. Kalau mau bawa mobil sendiri ya hayu aja, tinggal beli tiket Garuda Wisnu Kencana Cultural Park atau tiket Bali Zoo, di menu Attractions and Activities-nya Traveloka ini.

Sebelum pergi dari hotel untuk jalan-jalan, saya biasa mengecek di internet, ada tempat wisata apa yang terdekat dari sini.
Kalau saya bisa beli tiket masuknya secara online, malah lebih menyenangkan bagi saya.

Tiket Murah dan Gaptek Free

Kalau menurut pandangan saya sih ya, paket-paket tour di menu Attractions and Activities-nya Traveloka ini cocok banget buat turis yang nggak ngerti jalan ketika lagi liburan di kota lain. Soalnya, seperti yang saya jelasin di atas, sering banget liburan itu jadi zonk cuman gegara kesasar, nggak tahu mau makan di mana, dan rada kurang perencanaan piknik.

Dengan adanya paket tour ini, udah disediain guide (yang kadang-kadang merangkap jadi supir juga) yang siap nganterin tamu sekaligus jadi tukang dongeng tentang tempat wisatanya. Dan mereka sudah kerja sama dengan merchant-merchant restoran, sehingga tamu tinggal diarahin buat makan di sana. Tamunya tinggal duduk manis ajalah.

Tapi saya sendiri nggak terlalu senang pakai paket tour. Soalnya, saya ini orangnya suka customize tour dan doyan menyasar-nyasarkan diri, hahaha. Jadi biasanya saya seneng rental mobil doang (dan kalo bisa ya lepas kunci, nanti saya tinggal bawa Google Maps aja dan menikmati petualangan). Kebetulan saya memang orangnya nyaris selalu riset dulu sebelum pergi jalan-jalan, soalnya saya kalau jalan-jalan itu kan ya juga sambil kerja bikin konten.

Cuman yang saya acungin jempol dari menu Attractions and Activities ini adalah voucher-voucher Attraction-nya. Pasalnya, kalau pakai voucher di sini, sangat ngirit waktu, nggak perlu sampai ngantre lama-lama. Apalagi kalau di waktu weekend kan, antrean di depan loketnya aja udah panjang banget. Bikin pegel nunggu, padahal belum masuk.

Harga Tiket Masuk Bali Safari Marine Park

Safari Explorer: Rp 144.000,-
Safari Legend: Rp 264.000,-
Night Safari: Rp 431.000,-
Jungle Hopper Pass: Rp 718.000,-
Dragon Pass: Rp 1.052.000,-
Leopard Pass: Rp 1.467.000,-
Rhino Pass: Rp 2.030.000,-
Tentang Bali Safari and Marine Park pernah saya tulis di sini.

Harga Tiket Masuk Farm House Lembang Bandung

Traveloka: Rp 22.500,-
On the spot: Rp 30.000,-
Soal Farm House Lembang Bandung ini bisa dilihat di sini ya.

Harga Tiket Masuk Ciputra Waterpark Surabaya

Traveloka: Rp 45.000,-
On the spot: Rp 75.000,-
Baca tentang waterpark di Surabaya super keren itu di artikel ini ya.

peraturan Ciputra Waterpark Surabaya
Berenang asyik di Ciputra Waterpark Surabaya.
Harga tiket Ciputra Waterpark Surabaya di internet bisa diskon sampai 35%.

Mau Coba Beli Tiket Wisata Online?

Menu tiket-tiket tempat wisata dan paket tour praktis ini bikin kita jadi gampang bepergian tanpa kudu cuti. Cobain deh weekend ini, anggap aja kamu udah bisa cabut dari kantormu pada hari Jumat sore. Langsung ngibrit aja ke stasiun kereta, terus gandol kereta menuju Jogja.

Tiba di Jogja subuh-subuh, ambil mobil sewaan yang udah kamu booking sebelumnya. Tancap gas menuju Magelang, arahkan mobilmu ke Punthuk Setumbu buat nontonin matahari terbit. Kalau sudah rada terang dikit, coba pergi ke Gereja Ayam. Enjoy pemandangan menuju Candi Borobudur dari atas atap gereja ini.

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

On the spot: Rp 15.000,-

Harga Tiket Masuk Wisata Gereja Ayam Magelang

Tiket masuk: Rp 15.000,-
Shuttle jeep: Rp 7.000,-

Wefie dengan latar belakang kepalanya Gereja Ayam.
Obyek wisata Gereja Ayam Magelang ini punya tiket masuk dengan harga yang tidak sampai Rp 20k.

Puas? Yuk kita ambil HP kita, terus pesan tiket masuk Candi Borobudur di menu Activities and Attractions-nya Traveloka. Setelah voucher udah di tangan, cuss menuju Candi Borobudur dan masuk melalui gerbang tamu internasional yang nggak pakai ngantre.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Jam normal:
Usia > 11 tahun: Rp 38.000,-
Usia 2-10 tahun: Rp 19.000,-

Tempat wisata di Magelang
Saya lagi ngajarin Fidel tentang seni relief yang dipahat pada tembok-tembok di Candi Borobudur.
Jika kita datang menjelang matahari terbit atau terbenam, umumnya situasi di sini lebih sepi.

Setelah makan siang, baru kita balik ke Jogja dan arahkan mobil menuju Sindu Kusuma Edupark. Beli dulu tiket masuknya di Traveloka, dan nikmatin theme park-nya berikut lampu-lampunya yang memesona itu di malam hari.

Harga Tiket Masuk Sindu Kusuma Edupark

Tiket masuk dan Light Festival: Rp 48.000,-
All Day Pass dan Light Festival: Rp 101.000,-
Daily Pass: Rp 69.000,-

Besoknya, bawa mobil kita ke kawasan Bantul. Di sana, hutan-hutan pinus yang hijau udah nungguin kita buat ngajak kita olahraga sambil menghirup udara bebas. Duduk-duduk di Hutan Pinus Mangunan sini berasa kayak lagi duduk di hutan musim semi di luar negeri lho.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

On the spot: Rp 2.000,-

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

On the spot: Rp 2.000,-

Terus, belokkan mobil ke arah Gua Pindul. Di sana, sodorin tiket masuk Gua Pindul dan nikmatin menyusuri sungai di bawah gua dengan stalagtit-stalagmitnya yang ciamik.

Harga Tiket Masuk Gua Pindul

On the spot: Rp 50.000,-

Harga Paket Wisata Gua Pindul di Traveloka

Plus tour ke Air Terjun Sri Gethuk dan Pantai Indrayanti: Rp 702.000,-
Plus tour ke Tebing Breksi dan Candi Ijo: Rp 1.355.000,-

Main di Gua Pindul sendiri ini sekitar 1-2 jam, makan siang, lalu balik ke stasiun. Kembalikan mobilnya, lalu balik pakai kereta ke kota asalmu.

Liburannya dapet banyak tempat wisata, nggak capek ngantre, enak apa enak?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

35 comments

  1. Wah yg di Surabaya udah ke gereja ayam, aku yg di Jogja malah blm ke sana. Padahal pengin liat sunrisenya, makasih ya rekomendasi Travelokanya. Tar beli paket tournya ke sana.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Adeeuuhh..malu-maluin nih orang Jogja belom naik ke Gereja Ayam, hahaha.. Cobain deh tour Punthuk Setumbu ini, biar gak ketinggalan dari orang Surabaya 😀

  2. Eko Nurhuda says:

    First time here, first time to comment hahaha.
    Aku selama ini make Traveloka buat booking tiket pesawat sama kereta aja, belum pernah nyobain atraksi dan lainnya. Buat booking hotel aja cuma sekali hihihi. Jadi pengen nyobain deh beli paket tour di Traveloka. Mayan, tinggal datang aja di kota tujuan terus duduk manis ada yang ngurusin. Cara traveling gak ribet terutama kalo pas ngajak anak-anak.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, memang paket tour itu asyik banget. Tinggal dijemput-antar ke hotel/stasiun/bandara. Nggak usah ngantre beli karcis. Nggak usah mikirin rute ke tempat wisata. Kita cuma ngobrol doang sama anak-anak di mobil 🙂

  3. Beli tiket atraksi di Traveloka emang efektif banget yak mba. Nggak perlu antri umplek-umplekan. Eh btw, gaun batik merahnya cakep banget mba. Belinya di traveloka juga kah? hahaha *kabur

  4. Zulaeha says:

    Pas banget nih sebentar lagi paksu ada liburan panjang. Yang Bandung itu kayaknya kece, udah lama pengen foto a la none Belande di Lembang sambil ceritanya belajar merah susu sapi.
    Tapiiiii… kok Jogja kayanya juga kece nih. Borobudur, Gua Pindul, Sindu edupark.
    Aih, kalau gini ceritanya bisa ambil 2 paket sayaa… 😛
    (mendadak kemaruk)

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Bisa banget lho ini. Kira-kira nanti jadinya begini:
      1. Ambil kereta Malabar dari Malang ke Bandung. Berangkat malam, tiba di Bandung pagi.
      2. Tiba di stasiun Bandung, ambil taksi online, menuju Farm House Susu Lembang buat belajar merah susu sapi.
      3. Malamnya, ambil kereta Lodaya atau Turangga dari Bandung ke Jogja. Turun di stasiun Tugu Jogja subuh.
      4. Subuh, langsung ambil paket Sethumbu Package yang nanti akan mengantar ke Borobudur. Setelah tour, sorenya minta diantar ke Sindu Edupark.
      5. Dari Sindu Edupark, ambil taksi online ke Wonosari, lalu langsung check in di hotel di Wonosari.
      6. Besoknya, langsung dijemput untuk tour ke Gua Pindul. Siangnya minta diantar ke Stasiun Lempuyangan lagi.
      8. Ambil kereta sore dari Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Solo Balapan. Setibanya di Solo, oper ke kereta Malioboro Ekspres untuk balik ke Malang.
      9. Tiba di Malang subuh.

      Total 5 hari 4 malam. Kalau berangkatnya 14 Desember besok, untuk 2 orang pun biayanya nggak sampai Rp 3,5 juta. 🙂

  5. Wah baru tahu menu attraction ini mb bikin mudah semuanya ada ditraveloka ya mba. sebagai org cimahi yg deket ke lembang aku belum pernah ke farmhouse hahaha abisnya males sama macet n ngantrinya :p

  6. Artha Amalia says:

    Waaah asyik yaaa kalau voucher2 lengkap ada di traveloka. Bener banget, kalau antre ke tempat atraksi kan lama. Mending beli tiketnya di traveloka. Gak pake antre, datang2 tinggal tunjukin tiket terus masuk dann main deh

  7. Barusan ngecek ternyata di kota saya juga sudah ada vouchernya. Sayangnya masih belum banyak euy voucher atraksi yang disediakan. Moga nanti nambah lagi jadi nggak perlu ribet deh kalau mau piknik

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya Koh. Sayang nih untuk atraksi di Palembang baru ada kolam renang sama tempat main anak-anak. Kayaknya nungguin Koh Ded bikin biro travel dulu buat rekomendasi tour pake Transmusi, hahahaha..

  8. Lho kok asik banget ya paket atraksi ini
    Kita gak perlu pusing-pusing nyusun itinerary, tinggal pilih aja paket yang tersedia. Pastinya sudah diperhitungkan waktu tempuh, jarak dan lokasi wisatanya ya
    Ide bagus nih buat yang liburannya terbatas hanya saat akhir pekan saja

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, kalau pilih menu Attractions, kita bisa filter atraksi yang dicari, mau yang makan waktu kurang dari 3 jam, durasi 3-6 jam, atau durasi lebih dari 6 jam. Jadi kita bisa memperhitungkan waktu, berapa lama yang akan kita habiskan di suatu tempat. Waktunya juga jelas, misalnya atraksi itu buka dari jam berapa sampai jam berapa. Tournya bisa dimulai jam berapa dan tutup jam berapa. Asyik kan?

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Terima kasih, April. Sebetulnya Gereja Ayam letaknya di Magelang, bukan di Jogja. Tetapi ketika aku pergi ke gereja ini, perjalanannya ternyata cuma sejam dari hotelku di Jogja. Jadi sayang juga sih kalo ke Jogja tanpa mampir ke gereja ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *