Cara Menghilangkan Bulu Ketiak sambil Mengencangkan Wajah

Salah satu kemewahan paripurna dari klinik kecantikan masa kini adalah.. kamu bisa melakukan dua perawatan sekaligus dalam satu kali kunjungan. Seperti yang bakalan saya ceritain kali ini, saya mencoba cara menghilangkan bulu ketiak dengan IPL, sambil sekaligus setrika untuk mengencangkan wajah.

Kembali ke Klinik Kecantikan di Surabaya

Tiga hari setelah saya menjalani laser Jin-Ju di Puro Clinic, saya balik lagi ke sana untuk melanjutkan perawatan. Tujuan saya kali ini mau menghilangkan bulu ketiak, dan sekaligus mencegah wajah saya jadi kendor.

Petugasnya bilang bahwa ngilangin bulu ketiak itu sebetulnya cepet, nggak sampai 30 menit. Cuman problemnya, kudu buka baju. Beda dengan prosedur setrika wajah yang nggak perlu buka baju, cukup pakai baju kita seadanya pun sudah bisa dilakukan. Maka, supaya nggak terlalu ribet, saya pun dirawat setrika wajah dulu, lalu ngilangin bulu ketiaknya pun belakangan.

Menunggu giliran untuk perawatan di suatu klinik kecantikan di Surabaya.

Cara Mengencangkan Wajah dengan Setrika Wajah

Kenapa kok dinamain setrika wajah? Jadi sebetulnya alatnya sih biasa aja, macam alat pijet. Cuman alat ini nanti akan diurutkan di sekujur wajah kita, sehingga gerakannya ya rada-rada mirip lagi nyetrika gitu. Secara medis, alat ini sebetulnya bernama radiofrekuensi, alias RF.

Konsepnya setrika wajah itu sebetulnya begini lho. Kulit wajah kita ini kan terdiri atas jaringan kolagen yang regenerasi terus-menerus. Persoalannya, makin berumur, regenerasi kolagen ini makin lambat, sehingga sel-sel kulit mati yang numpuk di kulit kita makin banyak, tapi nggak kunjung diganti dengan sel-sel baru. Akibatnya seolah-olah kulit kita jadi menua, padahal memang sel-sel kulit yang baru itu belum nongol akibat kolagen kita sudah sedikit.

Untuk merangsang nongolnya protein-protein kolagen, lapisan kulit kita ini perlu dipijat-pijat. Makanya kita sering diajarin buat senam wajah kan? Itu maksudnya ya biar kolagen di kulit kita tumbuh lagi. Tapi senam wajah sendiri kurang efektif, karena ada alat lain yang lebih efektif, yaitu memijat kulit kita menggunakan alat semacam setrika bernama radiofrekuensi.

Cara mengencangkan wajah
Puro Diamond V-Lift adalah cara mengencangkan wajah a la Puro Clinic yang memakai setrika wajah. Wajah diolesi gel radio frekuensi, lalu gel ini di-scan menggunakan setrika wajah yang hangat. Suhu hangat dari setrika wajah ini akan merangsang kolagen di dalam lapisan wajah. Efeknya, kolagen pun bangkit dan meregenerasi kulit lama dengan kulit baru yang lebih kencang. Akibatnya, kulit menjadi nampak lebih muda lagi.

Setrika wajah ini nggak mijat wajah kita sembarangan lho. Untuk merangsang kolagen di wajah kita, perlu bantuan suhu kulit yang cukup hangat. Alhasil, yang namanya radiofrekuensi itu, pasti alat setrikanya ya bersuhu hangat. Terus, supaya suhunya itu masuk ke jaringan kulit menjadi efektif, perlu konduktor berupa gel. Oleh sebab itu, jika suatu alat radiofrekuensi akan dipijatkan ke wajah kita, pasti sebelumnya wajah kita akan dilumuri gel dulu.

Prosedurnya RF wajah ini dinamain Puro Diamond V-Lift. Puro itu nama kliniknya, sedangkan Diamond ini feature karakteristik dari radiofrekuensi di Puro Clinic. Di Puro ini, ketika suhu radiofrekuensi dipancarkan, secara bersamaan dari dalam probe RF-nya akan terpancar serbuk-serbuk berlian yang fungsinya merangsang pertumbuhan kolagen di kulit juga.

Diharapkan, jika kolagen tumbuh, maka terbentuk tekstur kulit yang lebih kencang, tidak menggelambir atau membentuk double chin. Syukur-syukur kulit jadi tirus, sehingga ditandain bentuk dagu jadi seperti huruf V. Makanya dinamain V-Lift.

Gambaran tentang setrika wajah yang saya jalanin ini bisa dilihat di video singkat berikut ini..


Gambaran tentang setrika wajah yang saya jalanin ini bisa dilihat di video singkat ini.

Saya menjalani Puro Diamond V-Lift ini nggak langsung setrika-setrikaan. Mula-mula wajah saya dibersihkan dulu menggunakan sabun pembersih dan scrub. Setelah kering, baru wajah saya mulai diolesin gel. Kemudian, mulailah wajah saya disetrika dengan probe radiofrekuensinya.

Rasanya hangat. Probenya dipijat-pijatin di sekujur pipi kanan saya, lalu dipindah ke pipi kiri. Kemudian balik ke pipi kanan lagi, lalu kembali ke pipi kiri. Gitu aja terus selama sekitar 15 menitan. Terapisnya mijat jidat saya juga, tapi cuman bentar doang. Memang lebih difokuskan ke pipi sih ini.

Masker Wajah

Setelah selesai radiofrekuensi, wajah saya dibersihkan dari gel, lalu ditutupin masker wajah berupa sheet mask.

Masker wajah
Ini saya lagi pakai masker wajah selama sekitar 15 menitan.


Sambil menikmati segarnya masker ini, saya main HP, berusaha keras nggak sampai ketiduran saking enaknya. Kalo ketiduran kan rugi :))

Bocoran Cara Memijat Wajah

Setelah pakai masker ini, wajah saya dipijat dulu oleh terapisnya. Caranya gini lho:

  1. Kedua jari diletakkan di dahi, lalu jari diputar-putar mengurut ke pinggir kiri-kanan wajah hingga menurun ke pipi.
  2. Kedua jari diletakkan di dahi, lalu diputar-putar hingga membentuk gerakan Yin-Yang.

Hayoo.. apakah kalian membaca ini jadi memijat-mijat jidat kalian sendiri? :))

Menghilangkan Bulu Ketiak

Oke, selesai maskeran, saya pindah ke ruang berikutnya untuk mulai ngilangin bulu ketiak. Jadi di Puro Clinic ini, prosedur penghilangan bulu ketiak dilakukan dengan treatment IPL.

IPL Therapy

Kepanjangan IPL

Intense Pulsed Light, alias sinar-sinar yang denyutnya cepat

IPL Therapy sebagai Cara Menghilangkan Bulu Ketiak

Konsep IPL ini sebetulnya adalah penyinaran sinar-sinar tertentu ke lapisan kulit, yang bertujuan menembak organ-organ tertentu (misalnya rambut). Dalam konteks menghilangkan bulu, sinar IPL ini menyasar rambut-rambut di luar lapisan kulit. Jadi, ketika sinar IPL ditembakkan, maka rambut akan patah.

Tapi, akar rambut tidak ikut kena tembak. Termasuk helai rambut yang masih di dalam akarnya pun juga tidak ikut kena tembak sehingga tidak mati. Dengan demikian, IPL ini cuman menghilangkan rambut di atas lapisan kulit aja, tetapi nggak mematikan keseluruhan rambut.

Namun, dalam beberapa testimoni pasien, pasien yang sudah mengalami 8-10 kali IPL pada rambut ketiaknya, bilang bahwa rambut ketiak mereka memang nggak pernah tumbuh lagi. Saya duga sih, sinar IPL ini menimpa folikel rambut, sehingga folikel menciut dan tidak menumbuhkan rambutnya lagi. Jadi sebetulnya, IPL ini bisa menghilangkan rambut ketiak secara permanen, asalkan dilakukan sampai berulang-ulang.

P.S. IPL bisa dikerjakan di wajah juga, misalnya pada tindakan IPL untuk mencerahkan wajah.

IPL Treatment pada Underarm di Puro Clinic

Sebelum saya mulai IPL ini, saya ganti baju dulu dengan kemben. Lalu saya tiduran di atas tempat tidur di klinik itu dengan berselimut, kemudian seorang perawat memakaikan kacamata renang seperti kemarin.

Oh ya, khusus tentang IPL ini tidak ada videonya ya. Soalnya susah nyutingnya, bo’.. :))

Pertama-tama dicobain ketiak kanan dulu. Terapisnya ngompres ketiak saya pakai kompres yang dingin sekali. Lalu dokternya (namanya dr Detty, sepengetahuan saya) nyalain mesin IPL dan nyentrong ketiak saya.

Ada rasa seperti cekit-cekit di ketiak. Tapi nggak apa-apa sih. Terus dokternya lanjut nyentrongin lagi, terasa sinarnya lebih banyak. Saya tetep baek-baek aja.

Saban kali dokternya selesai menembak satu helai rambut, terapisnya mengompres ketiak saya. Lalu rambut ketiak saya disinarin lagi, kemudian dikompres lagi. Gitu aja terus.

Selesai rambut ketiak kanan saya disinarin IPL, ganti IPl-nya menyinari ketiak kiri saya. Total kedua-dua ketiak ini ditembak sama IPL, tapi rasanya prosedurnya nggak lama-lama amat. Mungkin karena rambut ketiak saya memang cuman sedikit.

Harga Perawatan IPL Treatment untuk Underarm

Rp 1,2 juta (di Puro Clinic, Surabaya)

Pasca Pulang dari Puro Clinic

Pulang dari klinik itu, saya merasa wajah saya segar banget. Nih lihat penampakan kulit saya dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, terasa ada perbaikan kan? *ngetik ini sambil cengar-cengir*

Hasil RF Wajah, Before After.
Sebelah kiri atas: Wajah sebelum menjalani laser.
Kiri bawah: Wajah sesudah laser, sebelum RF Wajah.
Kanan: Sesudah RF Wajah.

(Maaf ya, nggak ada foto ketiak sebelum dan sesudah, wkkwkwk)

Oh ya, sebetulnya radiofrekuensi ini bukan satu-satunya pelayanan yang bisa kamu coba kalau ingin mengencangkan wajah ya. Jika kamu nanti sudah merasa perlu perawatan untuk pencegahan penuaan, kamu bisa coba servis high intensity focused ultrasound (HIFU) di klinik ini juga. Tapi yang jelas, aturannya adalah, sebelum melakukan perawatan pasti harus konsultasi dulu dengan dokter kliniknya.

Jadi, sudah metode apa aja yang kamu kerjakan, baik untuk mengencangkan wajahmu maupun untuk menghilangkan bulu ketiakmu?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

40 comments

  1. Udah lama banget nih saya ga pernah memanjakan diri ke klinik kecantikan, jadi ingin nyobain ngencangin wajah juga biar wajah terlihat makin seger dan sehat yah.

  2. Yg perawatan muka, jujurnya msh takut :D. Tapi treatment untuk menghilangkan bulu ketiak nih yg aku pengin bangetttt :D. Ngebayangin ga usah sering nyukur lagi, ga papa deh kalo utk awal2 masih hrs rutin lasernya . Aku juga heran mba, ama orang yang tahan bulu ketiaknya ga dicukur ato dipinset. Apa ga risih yo.. Cewe pula.. Sampe skr pun, aku masih ga ngerti apa fungsi bulu ketiak ini diciptakan 😀

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Tauk deh itu orang-orang Perancis atau Jepang kok seneng banget bergondrong-gondrong ria di ketiaknya. Aku aja risih banget kalau bulu ketiak sudah panjangan dikit. Tapi kurasa Tuhan punya rencana sendiri kenapa Dia menciptakan bulu ketiak, Fan. Untuk memberi nafkah kepada pabrik alat cukur, hahahahahaa..

      1. ngakak hahahaa tp emang iya sih aku agak gimana gitu kalau lihat cewek ketiaknya gondrong hahahaa, tapi emang bagi beberapa pria ketek gondrong tu seksi 🙁 contohnya Eva Arnaz yg jadi bintang bomsek jaman dulu

  3. April says:

    Mbak aku pernah denger kalau sbnrnya ngilangin bulket tu gak bisa selamanya, bener gak sih? Tapi ternyata bisa kalau dilakukan berulang ya? Tp sbnrnya bulket itu ada fungsinya gak sih kalau dr segi kedokteran haha, soalnyankalau dr estetika sih gak yo haha penasaran

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Bulu ketiak itu sebetulnya fungsinya untuk melindungi jaringan di bawah ketiak dari kuman. Cuman kalau kepanjangan ya kurang bermanfaat aja, gitu.

      Bulu ketiak ini bisa dihilangkan melalui IPL dan laser, asalakan prosedur ya dilakukan minimal 8x, tapi tentu biayanya mungkin belum terjangkau bagi kebanyakan orang di Indonesia.

  4. Lily Kanaya says:

    Aku pangling beneran liat mba Vicky, cantik bangetttt… Btw kadang IPL itu bikin nyandu kalo menurutku mba, karena ketika pulang dari treatment ngilangin bulu ketek langsung de pedenya selangit pake baju yang yukensi hihi

  5. Iya aku baca awal aku kira cara mengencangkan bulu ketiak :p. Aku selama ini ya pakai setrika wajah. Tapi nggak tahu, setrika wajahnya sama kualitasnya apa nggak ya. Tapi memang banyak yang bilang, setrika wajah bisa buat kencangkan wajah

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Bisa, setrika wajah itu memang untuk mengencangkan wajah. Tapi untuk melakukannya sebaiknya perlu hantaran suhu yang cukup hangat supaya efisien.

  6. Indah Juli says:

    Selama ini penasaran sama setrika wajah ini, tercerahkan juga dari postingan yang detail banget.
    Ku pengen nih, buat ngilangin flek-flek hitam di kulit wajah.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Aku kurang paham apakah setrika wajah itu bisa menghilangkan flek hitam atau tidak. Karena pekerjaan dari setrika wajah adalah mengolahragakan otot wajah. Sedangkan flek hitam itu timbul karena jaringan bawah kulit terbakar akibat sinar matahari. Aku rasa, kalau ingin menghilangkan flek, ya dengan laser, Mbak.

  7. lendyagasshi says:

    Kak Vick..
    Foto before nya naha rambutnya acak-acakan?
    Wkkwkw..totalitas sekali, kakakkuuu~

    Btw,
    Pas setrika wajah, alatnya agak ditekan ke wajah gitu yaa..?
    Makanya kerasa nyaman bangeett…

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, pas before itu, aku baru turun dari mobil dan kepalaku kan nempel ke sandaran mobil, jadinya acak-acakan :))

      Setrika wajah itu memang kudu ditekan ke wajah karena pekerjaannya adalah mengolahragakan otot wajah. Kalau nggak ditekan, maka otot wajahnya nggak dilatih sehingga sulit jadi kencang.

  8. cifer says:

    nah ini tuh treatment yang pengen aku coba, mengencangkan kulit wajah. belum coba cari sih untuk di Tangerang. oiya, untuk ibu hamil bisa ga sih?

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Aku kurang paham apakah radiofrekuensi ini boleh untuk ibu hamil atau tidak. Teorinya sih boleh aja untuk kehamilan sebelum usia 28 minggu, tapi tentu dokter operator treatmentnya lebih paham

  9. Keliatan banget bedanya ya mbak, aku belum lama juga pernah treatment pengencangan wajah. Hitung-hitung me time deh kalau perawatan gini. Sama kalau biasanya suka ke goda dengan perawatan lainnya juga, tapi sejauh ini aku belum pernah treatment untuk menghilankan bulu ketiak.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Ini pengalaman pertamaku untuk menghilangkan rambut ketiak. Cukup nyaman sih, tapi kurasa kalau pakai krim penghilang rambut juga sama efektifnya.

  10. Shani says:

    wah mantap mbak kelihatan loh efek bedanya sebelum treatment sama sesudahnya di foto kelihatan langsung lebih kenceng sama cerah gitu

  11. Aku belum pernah melakukan perawatan apa2 seperti yang dilakukan Mb Vicky. Pengin juga nih konsul ke dokter untuk mengetahui kira2 ada permasalahan apa di wajahku yang butuh untuk ditangani segera. Ndablek banget aku mba soal perawatan2 gini hihiii…

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Lhaa kalau pasiennya nggak merasa ada keluhan, ya nggak perlu konsultasi ke dokter, Mbak. Kami para dokter itu baru bergerak kalau pasiennya punya keluhan :))

  12. Maya Rumi says:

    perawatan paripurna yah mbak, wajah glowing, ketiak kinclong, mahal juga mbak untuk sekali perawatan ketiak 1.2 juta bisa bertahan brp lama itu keti bebas dr rambut2 ?!

  13. Hani S. says:

    Lihat videonya sambil mijat-mijat dahi sendiri dong, haha. Selama ini, aku baru berani Totok Aura aja untuk perawatan di Klinik Kecantikan, itu pun harus di Dian Kenanga karena udah berasa banget khasiatnya gak cuma ke wajah tapi ke kesehatan Sinus.
    Pengen deh coba setrika kayak gini, amannya konsul dulu ke dokter ya supaya gak salah pilih perawatan.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Setrika wajah ini nggak bisa dikerjakan di klinik ini tanpa konsultasi dokter. Karena efek sampingnya kurang baik bagi pasien yang punya penyakit jantung atau sedang hamil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *