Wajah Jadi Kencang, Bonus Bulu Ketiak Hilang

Kita nggak pernah paham kenapa kita mesti tahu cara mengencangkan wajah dan merawat wajah agar awet muda, sampai kita nyadar bahwa make up yang dulu sudah nggak cocok lagi di wajah.

Wajah saya masih kelihatan muda (yaa kalau dibandingin sama Audrey Hepburn :p). Namun saya baru mulai paham tentang penuaan ketika suatu hari saya kepingin bikin garis kelopak mata bentuk wing pakai eye liner.

Manfaat facial
Wajah saya pasca laser kemarin.

Dulu tuh kalau mau bikin garis wing gitu, tinggal menggoreskan pen liner-nya ke atas. Tapi sekarang, mau digoresin membukit pun, tetep aja jadinya garis itu mendatar.

Saya mulai curiga kalau garis mata saya mulai nge-drop, dan mungkin juga garis-garis lain di kulit wajah saya. Semenjak itu, saya mulai berusaha menerima kalau saya sudah mulai butuh anti aging. Supaya saya tetap bisa bikin wing eye, hahahaha..

Penuaan yang Bikin Kulit Kendor

Maka saya pun berusaha buka kitab kuliah lagi untuk mengingat-ingat, apa yang telah hilang dari kulit kita sampai-sampai kita jadi acak-acakan kalau mau bikin macam-macam garis dengan eye liner. Karena saya yakin yang namanya kulit mengendor itu nggak cuman di mata doang, tapi juga di tempat-tempat lain. (Saya masih ingat waktu bantu mandiin nenek saya ketika dos-q masih hidup, agak sedih ketika mergokin kulit dagunya rada menggelambir. She used to be so beautiful).

Ternyata, perbedaan besar antara kulit usia muda dengan kulit usia aging ada di kandungan kolagennya. Anak-anak muda punya kolagen yang bejibun di dalam tubuhnya, dan itu karena Tuhan memang bikinnya begitu. Tetapi setelah umur 20 tahunan, kolagen itu mulai berkurang.

Padahal, kolagen punya andil gede untuk regenerasi kulit. Kulit kita itu berlapis-lapis dan tumbuh, di mana normalnya sel kulit mati akan cepat tergantikan oleh lapisan kulit yang masih muda. Dan protein yang bertanggung jawab untuk penggantian lapisan kulit ini adalah kolagen.

Dengan adanya kolagen yang mulai sering bolos setelah umur 20 tahunan, bikin lapisan kulit jadi lamban regenerasi. Sel kulit mati akan tetap ada di sana, menjadi kusam dan menutupi lapisan kulit muda.

Sel kulit mati ini hanya gampang hilang seandainya kita rajin facial atau peeling. Tanpa acara bersih-bersih itu, yang ada di sekujur wajah kita cuman deretan sel kulit mati, dan itu sebabnya semakin berumur pun wajah kita jadi makin kusam.

Lalu terpikir oleh saya, mosok nggak bisa saya balikin kolagen itu supaya wajah saya kencang lagi, biarpun umur saya sudah 35 begini? Ternyata, kabar baeknya kolagen itu bukan hilang sama sekali, melainkan cuman melamban.

Kalau kolagen cuman melamban, itu bisa dirangsang. Kepingin merangsang kolagen? Suruh kulit berolahraga. Selain dengan senam muka, ternyata cara mengencangkan wajah yang bisa merangsang kerja kolagennya adalah radiofrekuensi. Dan coba tebak, di mana klinik kecantikan di Surabaya yang bisa kerjain cara merawat wajah macam radiofrekuensi ini? Ternyata Puro Clinic 😀

Mengencangkan Wajah di Puro Clinic
Puro Clinic Klinik kecantikan di Surabaya
Di Puro Clinic, sebuah klinik kecantikan di Surabaya

Ketika saya main lebih dalam lagi ke Puro Clinic, saya baru paham bahwa tempat itu ternyata punya layanan radiofrekuensi untuk wajah. Orang awam nyebutnya setrika wajah, tetapi saya sih lebih seneng menyebutnya “bikin kulit jadi berolahraga”.

Layanannya namanya Puro Diamond V-Lift, di mana kulit wajah akan diolesin gel radio frekuensi sambil dipijatkan. Gel ini akan merangsang kolagen di bawah kulit. Efeknya, kolagen akan bangkit dan meregenerasi lapisan kulit. Lapisan kulit yang muda akan bergerak naik, menggantikan lapisan kulit mati.

Hasilnya, kulit kelihatan lebih kencang. Dan karakteristik kulit yang kencang begini yang jarang dimiliki oleh orang-orang yang usianya sepantaran saya atau lebih tua daripada saya.

Paham akan cara mengencangkan wajah kayak gini, saya pun setuju buat bikin janji dengan Puro Clinic untuk prosedur terapi Puro Diamond V-Lift ini. Karena saya baru sempatnya setelah Jin Ju Tri-Laser kemaren, maka saya pun berencana kerjain perawatan pengencangan wajah ini tiga hari kemudian.

Puro Diamond V-Lift
Foto diambil di mobil, dalam perjalanan menuju Puro Clinic

Saya datang tiga hari setelah Jin Ju Tri-Laser, dan beautician­-nya nganterin saya ke ruang yang saya tempatin pas facial itu.

Beautician-nya memulai V-Lift ini dengan facial seperti biasa. Facial-nya seperti yang saya dapat tiga hari sebelumnya, berupa cuci muka pakai cleanser dan pakai scrub. Cuman nggak pakai pemasangan serum dengan vakum atau pun pengambilan komedo lagi. (Lagian komedo saya juga nggak ada, masih bersih bekas diambil sebelumnya, hihihihi).

Setelah muka saya bersih, beautician-nya pasang tisu di sebelah wajah saya. Lalu dia mulai ngolesin gel radiofrekuensi di pipi saya pakai spatula. Dia bilang bahwa semestinya gel ini terasa anget, tapi saya sih nggak merasa begitu.

Lalu mulailah beautician-nya nyalain mesin. Kemudian, sebuah alat yang buat saya mirip alat pijet, ditempelin di pipi saya yang sudah diolesin gel licin tadi. Beautician-nya menggeser-geserkan alat itu di sekujur pipi saya, seperti lagi mijet. Sekarang barulah saya merasa pipi saya rada anget, tapi nggak panas kok.

Cara mengencangkan wajah
Puro Diamond V-Lift adalah cara mengencangkan wajah a la Puro Clinic yang memakai setrika wajah.
Wajah diolesi gel radio frekuensi, lalu gel ini di-scan menggunakan setrika wajah yang hangat.
Suhu hangat dari setrika wajah ini akan menghantarkan gel untuk merangsang kolagen di dalam lapisan wajah.
Efeknya, kolagen meregenerasi kulit lama dengan kulit baru yang lebih kencang.
Akibatnya, kulit menjadi nampak lebih muda lagi.

Ada kira-kira dia mijetin sebelah pipi saya selama 15 menit. Lalu prosedur gel dan pijet berikutnya diulang lagi pada pipi berikutnya selama seperempat jam. Jidat saya juga dikasih gel dan dipijat begitu, tapi cuman dua menit aja.

Pijetnya enak. Saya mbatin kepingin tidur saking enaknya cara mengencangkan wajah begini, tapi kok rasanya rugi kalau saya sampai ketiduran..

Pijet-pijet pakai gel radiofrekuensi ini ternyata nggak cuman buat wajah lho. Di Puro Clinic, kita bisa minta dikerjain pengencangan dengan Puro Diamond V-Lift ini pada daerah sekitar mata, dagu, leher, lengan, dada, dan bahkan paha.

Biasanya yang senang terapi ini adalah mereka-mereka yang merasa kulitnya berkeriput, atau kulitnya sudah kendor. Malah buat yang merasa matanya ada lingkaran hitam kayak mata panda, atau mereka yang merasa dagunya menggelambir (biasa disebut double chin), bakalan senang banget disodorin terapi Puro Diamond V-Lift ini.

Masker Wajah dan Pijat-pijat  Yin-Yang Lagi

Selesai pijat, saya dipasangin masker wajah saya. Maskernya berupa masker lembaran gitu. Wajah saya dikompres pakai masker ini selama 15 menit, dan beautician-nya meninggalkan saya main HP-an selama saya lagi maskeran.

Masker wajah
Ini saya lagi maskeran di Puro Clinic. Rasanya dingin.
Sebetulnya enak nih masker kalau dibawa tidur, tapi saya malah pakai waktu 15 menit ini buat lihat video Puro Diamond V-Lift yang baru saya bikin.

Selesai maskeran, beautician-nya notok wajah saya. Begini lho cara memijat wajah saya yang dia kerjakan: Kulit jidat saya dipijat sambil ditarik-tarik ke arah mahkota kepala. Lalu dia tekankan jempolnya di pelipis saya, terus dia pijat sambil muter-muterin jempolnya itu. Begitu terus jarinya menurun, sampai ke pipi dan ke arah dagu saya.

Kemudian dia tekankan jari-jemarinya di jidat saya lagi, lalu dia melakukan gerakan favorit saya, yaitu membentuk gerakan Yin-Yang. Whoaaa..saya harus berusaha keras supaya nggak sampai ketiduran saking enaknya gerakan ini. Beautician ini nggak ber-Yin-Yang doang di jidat saya, tapi meluncur juga ke sekujur pipi dan hingga ke dagu saya.

Selepas itu, dia melari-larikan jari-jemarinya di sekujur pipi saya dan balik lagi ke jidat. Wah, enak..

Saya tahu sebagian dari Anda mungkin mulai memijat-mijat muka Anda sendiri sekarang, sambil baca tulisan ini.. Oke, ketimbang Anda mengkhayal gak karuan, nih saya kasih video pijat-pijat muka sekalian prosesi mengencangkan wajahnya dengan gel radio frekuensi itu. Silakan nyontoh sendiri ya di wajah masing-masing 🙂

Dan akhirnya, selesai deh acara terapi perbaikan kulit wajah ini. Saya merasa wajah saya lebih segar, dan ketika saya melihat di cermin, saya merasa muka saya ini lebih bersih dan rada lebih mulus.

Wajah saya setelah dipijat.
Lebih segar dan ronanya kelihatan terang.
Ini saya lagi siap-siap mau menjalani Hair Removal Laser.
Bonus Menghilangkan Bulu Ketiak

Sodara-sodara, ternyata saya beruntung banget. Nggak cuman semingguan ini wajah saya dicuci bersih. Nggak cuman wajah saya dilaser sampai bening. Dan nggak sekalian lemak-lemak di wajah saya digilas sampai tirus. Ternyata saya dapet bonus berupa..

..menghilangkan bulu ketiak. Dan cara menghilangkan bulu ketiak di Puro Clinic ini adalah pakai laser.

Semula saya ketawa. It’s just like..buat apa?

Lha ketiak saya nggak ada bulunya kok. Oke, ada sih, tapi paling cuman 5-7 helai.

Eh eh, sungguhan. Keluarga saya turun-temurun ngajarin bahwa bulu ketiak cewek itu harus gundul. Ketika cewek-cewek di keluarga saya mulai akil balik, maka yang diajarin ibu-ibu kami pertama kali adalah cara menghilangkan bulu ketiak dengan pinset. Makanya saya agak bingung kalau lagi ke Perancis dan lihat cewek-cewek itu bulu ketiaknya gondrong-gondrong. Emangnya nggak gatel, gitu?

Tapi saya lihat ada program laser juga buat ngilangin bulu ketiaknya dan saya pun iseng ingin nyobain. Laser di wajah aja saya betah, mosok sih laser di ketiak nggak betah?

Jadi, selesai saya mulusin contour pipi dengan Puro Diamond V-Lift, beautician-nya pun ngajak saya ke ruangan lain untuk prosedur Hair Removal Laser.

Hair Removal Laser

Sama kayak prosedur-prosedur laser lainnya di Puro Clinic ini, Hair Removal Laser dikerjain sama dokter. Bedanya, kali ini saya pakai adegan copot baju di ruang ganti, dan sebagai gantinya saya pun memakai kemben. Kembennya udah disediain ya sama kliniknya. Kalau Anda kepingin tiru-tiru saya bersihin bulu ketiak di sini, nggak usahlah bawa-bawa kemben sendiri dari rumah.. Berat, tau.

Sebelum laser dimulai, dokternya cerita dulu sama saya tentang apa yang akan dia lakukan dengan laser ini. Jadi jangan salah sangka ya, laser ini nggak mencabut bulu ketiak. Mungkin lebih tepatnya, laser hanya menghancurkan bulu ketiak di luar lapisan kulit. Akar bulu ketiaknya sendiri akan tetap ada, helai bulu yang berada di dalam lapisan kulit juga tetap ada.

Tapi, dalam beberapa testimoni pasien, beberapa pasien bilang bahwa setelah 8-10 kali laser di bulu ketiaknya, bulu itu nggak pernah tumbuh lagi. Saya sendiri menduganya, kalau laser diulang-ulang, lama-lama akan menciutkan kelenjar folikel bulu, sehingga bulunya nggak tumbuh-tumbuh. Jadi sebetulnya, asalkan laser ini diulang-ulang, laser ini bisa jadi cara menghilangkan bulu permanen juga.

Cara menghilangkan bulu permanen
Skema tentang cara menghilangkan bulu menggunakan laser.
Anggap saja bulu sedang dalam fase pertumbuhan.
Gelombang dari laser punya energi untuk menciutkan kelenjar rambut tempat bulu berada.
Ketika bulu tumbuh lagi, ia hanya punya kesempatan tumbuh dengan tipis karena kelenjarnya sudah mengecil.
Lama-lama bulu akan patah sehingga tidak tumbuh di atas permukaan kulit. Gambar diambil dari sini

Dokternya juga cerita bahwa pasien-pasien sebelumnya merasa kayak cekit-cekit gitu waktu dilaser di ketiaknya. Ya samalah kayak waktu dilaser wajah.

Setelah saya ngeh dengan semua cerita laser ketiak ini, saya pun setuju untuk memulai prosedur. Maka tiduranlah saya dengan tenang sambil dalam balutan kemben dan selimut. Dan saya pun pakai kacamata renang lagi kayak laser kemaren.

Oh ya, khusus tentang Hair Removal Laser ini nggak ada videonya ya. Soalnya susah nyutingnya, bo’, hahahahaa..

Pertama-tama dicobain ketiak kanan dulu. Ketiak saya dikompres pakai handuk yang dingin banget oleh beautician-nya. Lalu dokternya mulai nyalain mesin laser dan nyentrongin ketiak saya.

Bener, ada rasa seperti cekit-cekit di ketiak. Dokternya tanya, apakah saya nyaman. Saya bilang nggak sakit. Lalu dokternya nyentrongin bulu ketiak saya lagi. Rasanya kayak lebih keras gitu power-nya, tapi saya baek-baek aja.

Saban kali dia selesai melaser satu helai, beautician-nya ngompres lagi. Lalu bulu lainnya dilaser lagi. Terus dikompres lagi. Gitu aja terus.

Tapi nggak lama kok prosedur ini. Mungkin karena bulu ketiak saya emang cuman dikit banget. Pindah ke ketiak kiri, ya diulang lagi kompres-laser-kompres-laser lagi. Akhirnya selesai.

Oh ya, Hair Removal Laser ini cuman ngilangin bulu ketiak doang. Kalau kepingin mencerahkan ketiak yang tadinya hitam, ya ada lagi layanan lainnya (cuman saya belum ambil).

Menurut saya sih ya, laser bulu ketiak ini bermanfaat banget untuk orang yang bulu ketiaknya lebat kayak hutan hujan tropis. Atau untuk orang yang nggak tahan cara membersihkan ketiak dengan mencabutnya. Atau untuk orang yang alergian terhadap bahan wax pencabut bulu. Atau untuk nenek-nenek yang sudah terlalu letoy buat nyabut bulu ketiaknya sendiri. Atau untuk calon model iklan deodorant.

Dan nggak cuman bulu ketiak yang bisa dihilangkan. Anda lagi cari cara menghilangkan bulu di tangan atau di wajah tanpa risiko nyeri? Coba bereskan bulu-bulu Anda di sini.

Pasca Perawatan Kulit

Pulang dari Puro Clinic sore itu, saya merasa sumringah banget karena kulit wajah saya jadi terasa segar. Rona akibat laser wajah beberapa hari yang lalu juga makin kerasa pada saya. Meskipun masih ngelupas-ngelupas, tapi saya udah mulai berani pakai bedak lagi karena klontok-klontoknya udah nggak terlalu kentara.

Ini wajah saya setelah pulang dari Puro Clinic. Lumayan perbaikan kan ketimbang penampakan-penampakan sebelumnya? *ngetik ini sambil cengar-cengir*

Cara mengencangkan wajah di klinik kecantikan di Surabaya
Foto kiri atas: Sebelum melakukan facial dan laser di Puro Clinic.
Foto kiri bawah: Setelah menjalani Jin Ju Tri-Laser Glow.
Foto kanan: Setelah melakukan Puro Diamond V-Lift.

Memang saya nggak mengharapkan muka yang langsung cling kayak kaca transparan, soalnya kalau mau sekinclong itu, pasti lasernya harus minimal tiga kali dan untuk itu butuh waktu minimal dua bulan karena jedanya kan mesti lama. Tapi beberapa hari setelah terapi, saya pun mengakui bahwa muka saya memang jadi tidak sekusam dulu sebelum laser di Puro Clinic ini.

Jadi Puro Clinic Ini Klinik Apa Pula?

Puro Clinic ini adalah klinik kecantikan besutannya PT Puro Hamilton Group yang menjual jasa perawatan kecantikan premium. Ciri khasnya, metode-metode terapi di sini menggunakan standar perawatan dari asosiasi kedokteran estetika Korea.

Puro Clinic sendiri merupakan afiliasi dari jaringan perusahaan medis Dream International Holdings. Dream International Holdings ini sendiri adalah jaringan klinik kecantikan, dan anak-anak perusahaannya adalah klinik-klinik bedah plastik di Korea (dengan nama Dream Medical Group) dan Singapura (Dream Aesthetics and Plastic Surgery).

Klinik ini nggak cuman meladeni wajah, tapi sebetulnya melayani perawatan kecantikan di seluruh tubuh. Teknologi terapi yang ditawarkan pun macam-macam. Selain laser dan facial yang sudah saya ceritakan kemaren, plus pengencangan wajah yang saya alamin hari ini, juga ada terapi-terapi lainnya.

Beberapa contoh terapi lain yang dikerjain di Puro Clinic misalnya:

  • High intensity focused ultrasound, biasanya untuk pasien-pasien yang sudah menua dan jaringan bawah lemaknya sudah rusak. Terapi ini bisa untuk mengangkat bagian wajah mereka yang sudah kendor, misalnya di pipi, alis, kelopak mata, dan bahkan leher.
  • Pemberian botoks atau filler, biasanya untuk pasien-pasien yang kulit wajahnya sudah mulai punya garis-garis halus lantaran sudah defisit kolagen. Terapi ini bisa dipakai untuk memuluskan kulit mereka kembali.
  • Perawatan nano fractional radio frequency, biasanya untuk pasien-pasien yang lapisan kulitnya sudah rusak, misalnya karena bekas luka, vitiligo, hiperpigmentasi alias kehitaman berat, atau memang karena kepingin mengecilkan pori-pori wajah.
  • Revitalizer Infusion, berupa pemberian nutrisi perawatan kulit yang diaplikasikan langsung ke kulit, biasanya untuk pasien yang perlu perawatan anti aging, atau ingin bikin kulitnya lebih cerah dan tekstur kulitnya lebih bagus.
Beauty blogger Surabaya di Puro Clinic Surabaya
Beberapa pasien di Puro Clinic, lagi ngobrol tentang persoalan kulit masing-masing.
Setiap manusia tentu punya masalah yang berbeda-beda dan Puro Clinic bisa membantu menyelesaikannya.

Menurut saya sih, pelayanan di klinik sini cukup efisien ya. Umumnya calon pasien baca tentang klinik ini dari internet, lalu menelepon buat tanya-tanya. Resepsionisnya sering banget menyarankan untuk konsul sama dokter di kliniknya dulu, baru dokternya menentukan terapi yang mana yang cocok untuk pasiennya.

Resepsionis akan kasih saran slot waktu yang cocok buat pasiennya. Umumnya suatu perawatan berlangsung selama 30-60 menit, tergantung apa yang diambil. Facial misalnya, kalau nggak pakai ekstraksi komedo ya butuhnya cuman 10-20 menit. Beda dengan Puro Clarity Medi-Facial kemaren yang lama di bagian ngilangin komedonya. Laser juga rata-rata paling 30 menitan lah (kecuali Laser CO2 mungkin, soalnya pasti ada adegan anestesi dulu).

Bolak-balik saya kemari, saya sering papasan dengan macam-macam pasien. Ada remaja-remaja dibawa mamanya, untuk memuluskan muka yang penuh bopeng bekas jerawat. Ada ibu-ibu yang sudah jadi nenek-nenek, datang kemari lantaran kulitnya kepingin kelihatan lebih muda. Atau ini nih, kepingin ngilangin tattoo alis, wkwkwkwkw..

Malah nggak cuman cewek-cewek, di sini juga banyak pasien bapak-bapak. Rerata yang datang adalah om-om eksekutif gitu, yang kepingin kulitnya lebih mulus juga. Beberapa bapak bahkan datang dengan kepala sudah separuh botak dan ingin bulunya mulai tumbuh lagi. Kepala botak di sini bukan diobatin pakai obat doang, tapi pakai gabungan antara perawatan radiofrekuensi, laser dan infusion.

Perawatan di Sini, Yuk!
Beauty blogger Surabaya di Puro Clinic Surabaya, Indonesia
Bareng teman-teman sesama blogger dan content creator, lagi main di Puro Clinic. Kiri-ke-kanan: Rana Adelisa (@ranaadelisa), Ratna Ariani (@annelesmana), Dian Kusumawardani (@dee_arif), Yuniari Nukti (@yuniarinukti), saya.

Menurut saya, Puro Clinic di Tunjungan Plaza ini cukup bagus buat kita-kita yang kepingin memperbaiki permasalahan di kulit tanpa prosedur-prosedur yang invasif. Lokasinya yang berada di mall, lumayan familiar buat kita yang sehari-harinya sudah biasa ngesot kemari untuk bikin business meeting. Suasananya nyaman, nggak berisik, dengan servis yang cukup bagus dan para stafnya cukup friendly.

Dokternya sendiri sangat komunikatif. Saya sendiri bisa menulis sampai sedalam ini, sebab dr Eka, dr Detty plus para beautician-nya yang melayani saya banyak banget cerita-cerita tentang terapi mereka kepada saya.

Kalau Anda punya problem kepingin menghilangkan bekas jerawat, menghilangkan bintik hitam di wajah, atau ingin nyobain cara mengencangkan wajah, atau ada problem-problem lain di kulitnya yang kepingin diselesaikan dalam waktu singkat, bolehlah coba treatment di klinik kecantikan di Surabaya ini.

Kalau ini pertama kalinya Anda berurusan dengan teknologi dalam kecantikan, Anda bisa minta nyobain facial dulu. Dokter akan menentukan facial mana yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Butuh facial lengkap untuk anti aging sambil mengencangkan kulit? Mungkin akan disarankan untuk facial dengan HIFU.

Tetapi kalau Anda mau facial yang subpremium saja, bisa pilih Pre-Laser Rejuvenation Medi-Facial (tanpa ekstraksi komedo). Atau facial dengan aplikasi serum khusus untuk mencerahkan kulit (KKUM Brightening Medi-Facial). Atau facial dengan aplikasi serum khusus untuk anti aging (KKUM Anti-Aging Medi-Facial).

Alamat Puro Clinic Indonesia:

Tunjungan Plaza 6, Lantai 4, Nomor 18, Jalan Embong Malang 36, Surabaya 60261. Telepon: 031-9924-6266, 031-9924-5607, 0858-0823-3551.

UOB Plaza, Lantai B1, Unit N, Jalan Mohamad Husni Thamrin 10, Jakarta 10230. Telepon: 021-2907-5208, 021-2907-5209, 0899-9560-940.

 

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

8 comments

  1. Yg perawatan muka, jujurnya msh takut :D. Tapi treatment untuk menghilangkan bulu ketiak nih yg aku pengin bangetttt :D. Ngebayangin ga usah sering nyukur lagi, ga papa deh kalo utk awal2 masih hrs rutin lasernya . Aku juga heran mba, ama orang yang tahan bulu ketiaknya ga dicukur ato dipinset. Apa ga risih yo.. Cewe pula.. Sampe skr pun, aku masih ga ngerti apa fungsi bulu ketiak ini diciptakan 😀

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Tauk deh itu orang-orang Perancis atau Jepang kok seneng banget bergondrong-gondrong ria di ketiaknya. Aku aja risih banget kalau bulu ketiak sudah panjangan dikit. Tapi kurasa Tuhan punya rencana sendiri kenapa Dia menciptakan bulu ketiak, Fan. Untuk memberi nafkah kepada pabrik alat cukur, hahahahahaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *