Gampang Memasak Bersama Yummy App

Memasak itu kadang-kadang bisa bikin bosen kalau yang dimasak itu ya resep yang itu-itu aja. Kadang-kadang pingin ganti menu, tapi nggak ngerti cara bikinnya. Atau pingin masak resep yang lain, tapi nggak tahu bumbunya, betul nggak sih? Nah, kali ini saya mau cerita dikit tentang pengalaman saya memakai sebuah aplikasi resep masakan bernama Yummy App. Aplikasi ini sudah saya pakai selama berbulan-bulan lho, buat menyimpan resep. Dan dari aplikasi ini nih, saya jadi belajar resep-resep baru dengan mudah.

Yummy App, Aplikasi untuk Menyimpan Resep Masakan

Yummy App ini pertama kali saya temukan ketika lagi googling resep untuk masak di rumah.

Begini penampilan aplikasi resep masakan Yummy App di Google Play Store.

Waktu itu di Play Store dijanjiin, bahwa Yummy App ini bakalan mengandung banyak video tutorial memasak. Cocok deh buat saya yang sering koleksi video masakan sampai Google Drive saya kepenuhan. Tahu sendiri kan ya, saya ini lebih paham sama suatu resep kalau resepnya didemoin pakai video, bukan cuman pakai foto doang, wkwkwk..

Nah, saya download dong aplikasi Yummy App ini. Dan ternyata memang bener banyak video resepnya, tapi nggak berat kok buat play videonya, alhasil saya jadi suka banget.

Terus..

Di Yummy App ini ada feature Resep Favorit buat nyimpen resep-resep yang kita sukain.

Asyik ya, jadi ke depannya kalau kita kepingin masak resep yang kita temuin di sini, nggak perlu browsing lama-lama lagi.

Tapi masih banyak lagi nih feature Yummy App yang lain, saya akan ceritain satu per satu.

Yummy Tips, untuk Resep Masakan Sehari-hari, Mudah, dan Praktis

Keitka kita buka halaman utama, kita akan nemu menu Kategori dengan sub-menu Yummy Tips. Yummy Tips ini terutama berisi tip-tip masak sederhana lho. Misalnya nih, salah satu tip yang saya tandain adalah cara memasak udang agar tidak sampai kematangan. Berguna banget kalau kita lagi masak udang yang besar-besar, biasanya ada risiko udangnya terlalu alot kalau apinya nggak bisa kita kontrol. 

Menurut Yummy Tips ini, caranya yang betul tuh, sebaiknya udang dimasak dulu sampai setengah matang, lalu tiriskan  dulu. Kemudian bumbu dimasukkan ke wajan bekas menggoreng udang ini, lalu ditumis. Nah, baru kembalikan udangnya ke dalam wajan yang berbumbu ini. Kemudian udangnya dimasak sampai matang.

Yummy Resep Dasar, untuk Resep Masakan Rumahan

Sub-menu Yummy Resep Dasar ini berada di menu Kategori juga, sebelahan sama sub-menu Yummy Tips. Saya lihat sub-menu Yummy Resep Dasar ini bakalan sering banget buat kita aplikasikan pada masakan-masakan kita lho.

Contohnya nih, ada resep Bumbu Dasar Kuning, dibikinnya dari bawang putih, bawang merah, yang kemudian dilumatkan dengan jahe, lengkuas, dan kunyit.

Ini contoh penampilan resep Bumbu Dasar Merah pada aplikasi resep masakan Yummy App.
Bumbu dasar merah ini terdiri atas cabe yang diulek bersama bawang merah dan bawang putih.

Dan masih banyak resep basic lainnya untuk masakan rumahan kita, yang bisa diintip di sub-menu Yummy Resep Dasar di Yummy App ini.

Penjaga Imunitas, dari Resep Masakan Sederhana Sehari-hari

Di masa pandemi sekarang kan lagi musimnya orang bikin masakan atau minuman untuk menjaga kekebalan tubuh ya? Nah, Yummy App juga nyediain feature khusus untuk itu lho, yaitu berupa menu Penjaga Imunitas.

Menu Penjaga Imunitas ini bisa dilihat di halaman pertama, di bawah menu Kategori. Isinya banyak berupa minuman sebangsa empon-empon, minuman buah, dan sop. Contohnya nih lemon grass tea, dibikinnya dari teh yang dituangin air rebusan serai. Ada juga wedang uwuh, yang dibikin dari rebusan kayu manis, secang, dan rempah-rempah lainnya, yang selengkapnya bisa dilihat di menu Penjaga Imunitas ini ya. 

Masak, untuk Masakan Rumahan dengan Modal Minim

Ini feature uniknya Yummy App yang saya lihat jarang banget dijumpain pada aplikasi-aplikasi resep memasak lainnya. Feature ini ada pada menu utama aplikasinya, berada di paling bawah layar, dengan simbol wajan dan sutil. Kalau kita pencet icon Masak ini, kita akan disodorin pertanyaan Di kulkas ada apa? Kita tinggal ketik 1 atau 2 bahan makanan yang kita punya di kulkas rumah kita sekarang, lalu akan muncul usulan resep-resep masakan yang menggunakan kedua bahan tersebut.

Feature Masak ditemukan pada baris bawah layar aplikasi Yummy App.
Setelah terbuka, isi pada kolom Di kulkas ada apa mengenai bahan makanan yang kita punya di rumah kita.

Feature Masak dalam Yummy App ini membuat kita bisa tetap memasak meskipun hanya berdasarkan sumber daya yang kita punya.

Komunitas, untuk Berbagi Resep Masakan

Resep-resep yang diberi video di aplikasi Yummy App ini umumnya dibuat oleh tim chef Yummy App-nya sendiri. Tapi kita sebagai pengguna aplikasinya bisa juga berbagi resep kita lho. Resep kita bisa di-upload pada menu Komunitas, yang ada di paling bawah layar, sebelah icon Home.

Cara upload-nya, dengan memencet icon Buat Resep. Tuliskan bahan-bahan dan cara memasak resep kita, disertai foto-foto dari masing-masing langkah Cara Memasak tersebut. Bisa lho lihat-lihat dulu contoh resep yang sudah di-upload duluan oleh pengguna Yummy App lainnya. 

Oh ya, resep-resep yang di-upload oleh para pengguna itu kudu dikurasi dulu oleh chef-nya Yummy App. Resep kita bisa aja disetujuin, atau malah diminta direvisi supaya bisa dimuat. Jadi nggak ada risiko kalau nyontek resep di Yummy App lantas masakannya jadi nggak sedap, hahaha…

Cari Resep dan Chef Yummy

Kolom Cari Resep dan Chef Yummy ini adalah kolom search-nya aplikasi ini, berada di halaman depan, paling atas layar. Bisa dipakai kalau kita ingin cari resep dari suatu masakan. 

Nah, istimewanya, pada kolom ini, kita ditawari filter untuk menyaring resep berdasarkan harga bahan dan durasi memasaknya. Pencarian harga bahan resep bisa difilter menjadi resep yang harga bahannya kurang dari Rp 10.000,-, harga bahan antara Rp 10.000,- hingga Rp 100.000,-, atau bahkan harga bahan yang melebihi Rp 100.000,-. Sedangkan waktu pembuatan tiap resep difilter menjadi resep yang pembuatannya kurang dari 30 menit, antara 30-60 menit saja, atau bahkan memerlukan waktu lebih dari 1 jam.

Begini nih pengalaman saya menggunakan kolom Cari Resep untuk membuat kue.

Contoh Resep Kue Mudah untuk Pemula

Pada kolom Cari Resep di Yummy App, saya tuliskan kata kue. Lalu muncullah puluhan resep kue, kemudian saya filternya dengan resep yang durasi memasaknya kurang dari 1 jam (supaya saya nggak kelamaan di dapur). Ada selusin usulan resep kue, tapi saya pilih salah satunya aja, yaitu kue dadar red velvet.

Resep kue dadar red velvet ini ialah salah satu resep kue mudah untuk pemula yang saya dapatkan pada aplikasi Yummy App.

Ini resepnya. Tepung terigu, telur, red velvet, dan bahan-bahan lainnya dicampur dengan mentega, lalu didadarkan. Sementara itu, buat filler dengan menggunakan coklat dan kelapa parut, yang dimasak dengan santan. Kulit dadar tadi diisi filler coklat ini, lalu digulung. Cara menggulungnya ini bisa dicontek di video dalam aplikasi Yummy App ya, supaya rapi kalau mau ditiru.

Bikin Masakan Rumahan Jadi Lebih Mudah dengan Yummy App

Alhasil, banyak dari features-nya Yummy App ini yang bikin saya lebih gampang memasak, apalagi karena saya masih pemula banget dalam urusan dapur-dapuran begini. 

Banyak Resep Masakan Sehari-hari yang Murah Meriah

Feature filternya jelas memudahkan saya mengontrol anggaran untuk memasak. Kayak contohnya, ketika saya ingin bikin cemilan yang biaya bahannya ngirit, saya cukup tekan sub-menu Cemilan pada menu Kategori, lalu tekan menu filter dan memilih harga < Rp 10.000,-. Hasilnya, saya dapat usul berupa resep Chicken Toast.

Resep chicken toast ini berupa daging ayam yang dilumatkan bareng telur menjadi adonan, lalu dibumbuin. Adonan ayam lumat ini diolesin pada roti, lalu rotinya digoreng. Rotinya jadi enak karena ditaburin biji wijen lho.

Cemilan murah lainnya yang juga saya temukan pada sub-menu ini adalah Wingko Babat. Gambarnya seperti di bawah ini.

Salah satu menu mudah di kategori Cemilan pada aplikasi Yummy App.
Wingko babat ini dibikin dari adonan tepung ketan, kelapa, dan telur, yang dicetak bundar dan dipanggang.

Banyak Resep Masakan Sederhana Sehari-hari untuk Pemula

Selain murah-meriah, resep-resep di Yummy App juga saya lihat gampang banget dipahami oleh pemula yang baru belajar masak sekalipun. Kategori Yummy Tips dan Yummy Bahan Dasar-nya bikin pengguna pemula jadi gampang ngerti tentang basic-nya resep makanan. Video tutorialnya itu sangat membantu lho, gampang dicontek.

Kayak contohnya di video Tips Telur Omelette yang saya temukan dalam Yummy Tips, saya dapat tip untuk memasak omelet menggunakan kantong zip lock. Terus, di video lainnya yang bertajuk Memfillet Ayam, ditunjukkan cara menguliti ayam, membelah ayam, dan membuang selubung kulit arinya. Sebetulnya cara-cara menguliti ayam begini cuman berani saya intip dengan ngeliatin tukang ayam di pasar lho, wkwkwk…

Nih saya kasih contohnya lagi, resep cemilan buat newbie masak yang saya temukan di Yummy App.

Contoh Resep Cemilan Mudah untuk Pemula

Pernah bikin mie donat? Mie goreng instant yang telah direbus, dicampur dulu dengan telur kocok. Campuran mie dan telur ini dibekukan dalam cetakan donat, kemudian dilaroni tepung panir. Goreng donat mienya, baru sajikan. Mudah kan membuatnya?

Aplikasinya Cepat Digunakan

Saya juga nggak jadi ambisius karena saya nggak butuh googling dulu untuk bikin menu baru. Mudah lho, cukup melihat feature memasak saja, kasih 2 bahan yang saya punya di kulkas, langsung muncul banyak usulan resep masakan.

Pernah suatu pagi itu saya bingung mau masak apa untuk makan malam nanti, karena tinggal ada tempe dan telur di kulkas. Saya buka menu Yummy App, buka menu Masak. Masukkan tempe dan telur, ketemunya banyak resep yang menggunakan keduanya. Saya filter dulu dengan memilih mau resep yang hanya butuh waktu 1 jam saja untuk eksekusi, dan biaya nggak sampai Rp 100.000,-. Ternyata kemudian, saya dapet usulan berupa resep steak tempe.

Menyimpan Resep dalam Resep Favorit

Steak tempe itu tidak langsung saya eksekusi, karena saya kan sibuk. Saya simpan dulu resep steak-nya dalam feature Resep Favorit. Ketika sudah agak lowong menjelang sore, baru saya eksekusi dengan membuka Resep Favorit itu.

Saya ikuti saja langkah-langkah yang dituliskan. Menumbuk tempenya dulu sampai halus, lalu mencampurnya dengan tepung dan telur. Membekukannya dulu di kulkas, lalu memanggangnya. Pas saya incipin hasilnya, ternyata enak. πŸ™‚

Steak tempe ini saya bikin setelah meniru resep steak tempe di Yummy App.
Resepnya saya bookmark dalam feature Resep Favorit, lalu saya ikuti langkah-langkahnya satu per satu.

Video Memasak yang Melimpah

Video tutorial di Yummy App ini sangat memudahkan belajar tentang cara membuat macam-macam masakan, dan kualitas videonya sendiri bagus-bagus. Tim redaksinya Yummy App nampaknya menggarap video ini dengan serius, jadi hasilnya sangat bookmarkable buat dijadiin Resep Favorit. Lagian videonya pendek-pendek lho, palingan cuman 1 menit aja.

Bisa Dapat Penghasilan dari Aplikasi Resep Masakan

Yang bikin saya takjub lagi, baru kali ini saya ketemu aplikasi resep yang memberikan benefit uang tunai untuk penggunanya. Bener lho, dengan menggunakan Yummy App ini, kita bisa dapat uang!

Caranya begini, saya cuma butuh mengajak teman mendaftar menjadi anggota melalui kode referal saya. Masing-masing teman yang kemudian jadi anggota ini perlu menonton 3 buah video resep di dalam aplikasi Yummy App. Begitu sudah terpenuhi kewajiban nonton videonya sebanyak 3 biji, maka saya akan dapat poin (dan tentu saja teman yang nontonnya ikutan dapat poin juga). Jika poin saya sudah mencapai 2500 poin, saya akan memperoleh uang tunai sejumlah Rp 250.000,- 

Asyik yaa? Jadi dari rumah, dengan nonton video aja, bisa dapat uang deh.. πŸ™‚

Yuk, yuk, download aplikasi resep masakan Yummy App dari Google Play Store sekarang, biar masakan rumahan bikinanmu makin variatif. Daftarnya pakai kode referral saya ya, β€œvicky-laurentina” (tanpa tanda kutip). Sebarin juga artikel ini di medsosmu biar temen-temenmu tau betapa asyiknya Yummy App ini buat belajar masak πŸ™‚

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

28 comments

  1. Zia says:

    Wah, beneran ya sekarang dengan segala kemudahan teknologi sampe ada aplikasi buat yang suka masak. Enak bisa nyimpen resep masakan lagi. Makasih udah sharing, ntar mau coba juga ah.

  2. Bara Anggara says:

    makin banyak aplikasi2 untuk berbagai hal ya, termasuk untuk resep makanan.. dan setuju sih, kalau liat demo masak di video itu lebih mudah dipahami daripada membaca resep doang..

    -traveler paruh waktu

  3. indah nuria says:

    I love cooking so much. Dan kalau ada yang bisa beri referensi dan resep oke, kenapa tidak? I check it out and they have it in Apple store as well πŸ™‚

      1. gemaulani says:

        Aku paling suka fitur ngisi kolom di kulkas ada apa. Ngebantu banget nemuin resep yang pas di Yummy App. Setuju sama kak Vicky, video-video tutorial masak di Yummy App itu kualitasnya bagus-bagus. Bikin betah.
        .
        Eh, tapi aku ketinggalan kayaknya soal nonton video bisa dapet uang. Wah, auto langsung buka aplikasinya.

  4. Enychan says:

    Wah pas banget nih kak, disaat pandemi gini hobi Eny masak loh. Bisa pake app ini biar tau banyak resep baru ya hihi
    Masak jadi lebih kreatif jugaaa

  5. Menarik nih yang fitur Masak, kadang kan kalau belanja suka asal aja ambil ini itu di tukang sayur. Nah dengan memasukkan jawaban di kolom Di Kulkas Ada Apa, bisa dapet pencerahan mau masak apa. Sering blank ga tau kudu masak apa nih soalnya. Sip sip… mau pake app ini juga aaahh

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, betul. Dulu, sebelum ada Yummy App, menu masakku itu tergantung isi gerobak tukang sayur :)) Tapi sekarang, setelah ada Yummy App, aku tinggal memberdayakan isi kulkas, lalu mikir apa yang masih kurang. Jadinya belanjaku lebih efisien deh πŸ™‚

  6. lendyagasshi says:

    Sejak pandemi, masak-memasak jadi wajib banget dilakukan. Mana suami dan anak-anak jadi sering lapar. Hhaha… Beneran bosen kalau menunya uda muter lagi.
    Aku mau instal apps Yummy juga aah…biar bisa masak keren nan kece kaya kak Vicky.
    Menyediakan menu sehat dan variatif demi memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

  7. Mei Daema says:

    aplikasi yummy ini cocok banget buat aku yang jarang masak mba, terus pengen belajar masak, suka bingung, mau nanya ke orang suka sungkan apalagi nanya sama orang yang gak sabaran hahahah, bisa aku install niy buat nyobain masakan-masakan baru. mumpung lagi stay at home juga nyoba masakan-masakan baru buat di rumah

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, aku bisa merasakan kesungkananmu. Aku dulu sungkan tanya sama ibuku sendiri, sama mertuaku juga, karena mereka bukan penyabar dalam urusan mengajari memasak. Aku juga bahkan sungkan sama asisten rumah tangganya ibuku karena dia malah sungkan ngajarin aku yang notabenenya anak bossnya. Jadi pengajar yang ideal adalah video-video dari internet ini, yang akan ngajarin aku tanpa menghakimi aku, dan mau ngajarin aku seperti ngajarin anak kelas 5 SD..

  8. demia says:

    aku udah donwload yummy app juga dooonk bulan lalu, udah praktekin bikin perkedel jagung hihihi, asik banget bisa explore berbagai menu masakan jadinya nih hihihi

  9. Ratna Dewi says:

    Nah aku tuh butuh aplikasi masak-masak yang ada videonya gini. Selama ini tuh aku buka app masak-masak sebelah, trus karena nggak ngerti nyari lagi videonya di Youtube dan itu merepotkan sekali, keburu kenyang akunya, hahaha.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, bisa dibayangin kalo belum ngerti detail prosesnya, dan kadang-kadang detail itu baru bisa dimengerti kalau sudah lihat videonya. Makanya kita butuh aplikasi yang mengandung teks, foto, dan video sekaligus ya πŸ™‚

  10. Makin ke sini, aplikasi memang makin mengerucut dan mengena apa maunya kita ya. Bagi kaum ibu atau siapa pun yang hobi masak tentu dengan Yummy Apps ini jadi amat terbantu. Semoga makin banyak masakan enak yang tercipta di rumah ^_^

  11. Ariefpokto says:

    Oh iya mau Tanya, apakah resepnya bisa dilihat secara offline ( disave ) atau harus online terus ? Kadang-kadang internet Suka jelek jaringannya.

  12. Ariefpokto says:

    Baru tahu Saya Ada aplikasi membantu memasak seperti ini. Bagus banget buat yang baru belajar atau bahkan buat yang biasa masak. Panduan dan tipsnya detail sehingga mudah dipahami dan dipraktekan. Mau download Juga ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *