Kolaborasi Daun Pegagan dan Tea Tree untuk Jerawat

Mau cerita lagi ah, tentang Iunik Centella Calming Gel Cream. Cream yang saya dapatkan dari Ponny Beaute ini, saya pilih untuk meredakan jerawat saya.

Saya tertarik dengan nama Centella di bahannya, karena tumben-tumbennya daun pegagan alias Centella asiatica dimasukkan sebagai bahan utama cream. Padahal di industri skincare Indonesia, daun pegagan lebih sering dijadikan sebagai bahan utama ampoule.

Kenapa Percaya Manfaat Daun Pegagan?

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, wajah saya berjerawat selama 3 bulan terakhir. Jerawatnya memerah gitu di sekitar mulut dan pipi, pertanda gaya hidup saya lagi kontradiktif terhadap kebersihan.

Eksfoliasi intensif dengan toner sedang saya hindari lantaran lagi ngirit. Pasalnya, di kamar mandi saya masih ada scrub dan masker eksfolian yang sebaiknya saya habiskan dulu sebelum saya beli eksfolian baru.

Sudah lama saya melirik air daun Centella asiatica alias daun pegagan ini. Konon, manfaat daun pegagan yang utama adalah mengurangi jerawat yang meradang. 

Teman-teman saya yang kulitnya kering dan masih jerawatan, banyak yang suka pada air daun pegagan ini, karena air daun pegagan ini tidak sampai mengelupas skin barrier. Sehingga efek iritasi bisa dihindari (beda dong dari sulfur, AHA, BHA, dan lain-lainnya yang juga untuk jerawatan).

Di luar negeri, terutama Korea, air daun pegagan juga populer karena terbukti bikin wajah jadi lembab. Akibatnya, kosmetik yang digawangi air daun pegagan umumnya laris di industri skincare anti-aging.

Persoalannya, air daun pegagan di Indonesia sendiri, kebanyakan masih dijual dalam bentuk ampoule. Alias konsentrat dalam produknya tinggi-tinggi, bisa sampai 20% gitulah. Makanya banyak pemula yang ngeri, terutama mereka yang kulitnya sensitif.

Tapi kalau air daun pegagan ini dijual dalam bentuk cream, konsentratnya cenderung rendah. Jadi masih dalam batas yang bisa ditoleransi oleh pemilik kulit sensitif. Namun, sayangnya, cream Centella asiatica  kebanyakan masih banyak kandungan alkoholnya.

Jadi ketika saya nemu bahwa Iunik Indonesia di Ponny Beaute juga menyediakan C. asiatica dalam bentuk cream, langsung saya sambar berbarengan dengan Iunik Propolis yang saya tulis di artikel lalu.

Review Iunik Centella Calming Gel Cream

Iunik Centella Calming Gel Cream dijual dalam kemasan tube seukuran 60 ml. Tube-nya berwarna putih dengan tutup berwarna hijau model flip top yang gampang dibuka.

Waktu pertama kali saya menerimanya setelah dikirim oleh Ponny Beaute, bagian ujung leher tube masih tersegel aluminium, sehingga produknya masih higienis.

Gel cream-nya berwarna bening. Saya cuma pakai seukuran sikat gigi, tapi bisa membalurkannya ke seluruh wajah.

Waktu saya pakai, muka terasa seger.  Baunya netral sekali, jauh dari aroma herbal yang biasanya cenderung tajam. Padahal herbal di dalam cream ini banyak banget lho, selain daun pegagan, ada tea tree, kubis, brokoli, dan entah apa lagi.

Saya mengoleskan Iunik Centella Calming Gel Cream ini malem-malem aja. Karena jika saya mengoleskan pagi, teksturnya lumayan berat kalau mau dilapisi lagi dengan sunscreen rutin.

Yang saya oleskan ke daerah berjerawat kemerahan di dekat mulut dan pipi sebetulnya sama tipisnya dengan daerah yang mulus. Nah, setelah beberapa hari, ternyata yang semula kemerahan itu cenderung reda, sampai-sampai saya lupa bahwa pernah terjadi jerawat di situ.

Komposisi Iunik Centella Calming Gel Cream:

Air daun pegagan, air daun tea tree, butylene glycol, air, niacinamide, phenyl trimethicone, cyclopentasiloxane, cyclohexasiloxane, acrylates/C10-30 alkyl acrylate crosspolymer, arginine, sodium hyaluronate, 1-2 hexanediol, caprylyl glycol, C12-14 pareth-12, dimethicone/vinyl dimethicone crosspolymer, dimethicone crosspolymer, ekstrak brokoli, ekstrak alfalfa, ekstrak daun kubis, ekstrak benih Triticum vulgare, ekstrak sawi bunga, ekstrak lobak, allantoin, ekstrak pegagan, ekstrak daun tea tree, ethylhexylglycerin, adenosine, dipotassium glycyrrhizate, minyak buah Citrus aurantium bergamia, pentylene glycol, ekstrak Aspalathus linearis, ekstrak akar manis, ekstrak mur, ekstrak daun Perilla frutescens, ekstrak akar Yucca schidigera.

Saya pingin cerita dikit tentang manfaat bahan-bahan Iunik Centella Calming Gel Cream ini.

Manfaat Daun Pegagan untuk Jerawat

Daun pegagan biasa dipakai untuk jerawat lantaran air daun ini menenangkan reaksi radang yang biasanya terjadi pada jerawatan.

Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Niacinamide juga sering digunakan untuk meredakan bekas jerawat yang cenderung kehitaman. Dengan niacinamide ini, spot hitam bekas jerawat cenderung pudar, sehingga warnanya jadi rata dengan area kulit sekitarnya.

Efek Air Daun Tea Tree pada Jerawat

Ini jugalah alasan kenapa saya semangat mencoba Iunik Centella Calming Gel Cream ini.

Kebanyakan orang sering protes kalau baru mencoba daun tea tree, sebab kulit jadi terasa perih. Saya rasa, karena umumnya yang mereka gunakan itu adalah minyak esensial berupa tea tree oil, alias minyak esensial tea tree.

Memang konsentrat eksfolian dari tea tree oil ini cenderung tinggi sekali, sehingga banyak orang mengeluhnya bikin pedih.

Tapi air daun tea tree bukanlah tea tree oil. Air daun tea tree diambil dari daun yang konsentrat minyak esensialnya dikuras sampai tinggal 1%, sedangkan 99% sisanya berupa air doang.

Dengan minyak esensial tea tree tinggal 1% ini, praktis konsentrat eksfoliannya turun banyak, sehingga kemungkinan keluhan perih pada orang-orang sensitif bisa dikurangi. Tapi, meskipun demikian, air daun tea tree ini masih bisa berefek mengurangi jerawat.

Dengan trio anti jerawat pada Iunik Centella Calming Gel Cream ini, saya jadi merasakan bahwa jerawat yang merah-merah di kulit saya pun cepat mengempes. Bekasnya juga cepat ngilang, sehingga saya tetep pede kalo kudu tampil tanpa masker dengan wajah bareface di hadapan banyak orang.

Nilai bonusnya, saya juga merasakan kelembaban wajah setelah memakai gel cream ini tokcer banget. Saya ini kok nggak lihat ada kerutan ya di muka saya, hahaha..

Ini perbandingan antara wajah saya sebelum menggunakan Iunik Centella Calming Gel Cream (foto kiri) dan sesudah menggunakannya selama 3 minggu.
Nampak bahwa pada area pipi yang semula kemerahan karena jerawat, menjadi reda.
Pori-pori cenderung menyempit sehingga wajah nampak licin.
Garis-garis halus di sekitar bibir tetap samar.

Di Mana Membeli Iunik Centella Calming Gel Cream?

Untuk menikmati Iunik Centella Calming Gel Cream ini, kita bisa mendapatkannya di e-commerce Ponny Beaute. Ponny Beaute juga jualan skincare Iunik lainnya yang masih berbasis air daun pegagan, yaitu sabun wajah.

Menurut saya sih, gel cream ini cukup nyaman untuk digunakan buat orang-orang berjerawat yang kulitnya cenderung sensitif terhadap bahan eksfolian. Yang kulitnya normal pun apa lagi, bebaas..

Apakah kamu pernah mencoba Iunik Centella Calming Gel Cream yang dijual oleh Ponny Beaute ini? Gimana menurutmu tentang cream ini dibandingkan cream air daun pegagan sejenisnya? Bagikan kesan-kesanmu di kolom komentar yaa..

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

36 comments

  1. nchie hanie says:

    Daun pegagan ini emang banyak manfaatnya banget, apalagi sekarang buat skinker, kolaborasi daun pegagan sama tea tree buat jerawat khasiatnya luar biasa yaa. Apalagi itu melihat perbandingannya, tampak klihatan deh.
    Ahiw, babay jerawat eeaa!

  2. Selama ini blm prnh sih pake produk yg ada kandungan centella nya.. banyak review memang bagus, tp Krn kulitku sensitif banget jd harus hati2 kalo mau nyobain produk baru, apalagi yg kandungannya blm prnh aku pake.

    Walopun jd tertarik Vic :D. Td aku udh buka link Peony nya. Coba ah, mau liat# dulu. Tp yg pasti pgn beli, si propolis set sih 😀

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Kurasa Centella yang kutuliskan di sini lebih nyaman untuk kulit sensitif, Fan. Sebab dia dalam bentuk cream, masih nyampur dengan bahan aktif lain, jadi konsentrasinya seharusnya cukup rendah. Kasih tahu hasilnya kalau nanti jadi nyoba ya, Fan 🙂

  3. Sy juga cenderung cocok dg bahan centella ini mba. Entah kenapa sejak pandemi sering muncul jerawat di bagian pipi. Padahal pakai masker cm 2-3 jam aja. Heu.. Calming gel creamnya jd pengen coba juga nih..

  4. Bayu Fitri says:

    Dulu bpk saya senang sekali seduh daun pegagan kering dijadikan teh, eh ternyata ini bisa ya buat obat jerawat.. boleh juga saya coba cream Centella Calming Gel Cream, soalnya saya jerawat saya juga pada reuni kalau lagi datang bulan hehehe

  5. Ning! says:

    Aku masih maju mundur waktu mau coba kandungan centala ini, mbak. Takut nggak cocok, tapi liat hasilnya kok ya jadi mupeng. Bekas jerawat bisa pudar cuma dalam waktu 3 minggu. Menurutku itu termasuk singkat sih.

  6. Selalu suka dengan cara bercerita Teh Vicky bahkan ketika mereview kosmetik aku jadi tercerahkan dari segi pengetahuannya.

    Setelah baca ini langsung tertarik sama daun pegagan. Kulitku sensitid juga soalnya, Teh huhu

  7. Alya says:

    Mau coba nih Tea Tree Iunik Centellanya, kebetulan wajah saya juga suka jerawatan, mbak. Ini untuk harganya berapa ya ?

  8. Akarui Cha says:

    Dari foto yang terakhir, kelihatan banget perbedaannya.

    Suka banget sama cara Mba Vicky mengulas produk. Enak dibaca dan jadi mudah dipahami.

    Hmm … bersyukur aku jarang jerawatan. Tapi kalau si Cantella ini bisa buat anti-aging, bolehlah ya.

  9. julia says:

    oooow saya baru tau kalao centella itu in indonesia daun pegagan toh. ya ampun memang indonesia kaya ya , tumbuhan apa aja ada dan bermanfaat utk kecantikan juga kesehatan.

  10. Dian says:

    klo selama ini aku tahunya tea tree bagus buat atasi jerawat ya mbak
    tapi aku baru tahu juga khasiat daun pegagan ini
    nah gabungan dua bahan ini hasilnya jadi maksimal ya mbak.
    jerawat bisa hilang, terlihat di foto before dan afternya

  11. Marantina says:

    Bahan ini ada di beberapa produk skincare yang aku pakai, memang cukup ampuh sih untuk memperbaiki kondisi kulit.. Btw, aku baru denger brand Iunik, namanya benar-benar unik ^^

  12. Fenni Bungsu says:

    Perubahannya dari sebelum dan sesudah jelas ya kak. Terlebih lagi pas sudah memakainya rutin bekas jerawatnya nggak menghitam, alias memudar

  13. Ida Tahmidah says:

    Iya ya daun pegagan banyak manfaatnya emang, baru tau dijadikan juga buat skincare. Lihat before dan afternya kentara bedanya. Alhamdulillah bye bye jerawat deh…rekomended nih…

  14. Widia says:

    aku belum nyoba lunik Centella ini kak,dan baru tahu kalau daun pegagan bagus ya buat mengatasi jerawat. Produk nya bagus juga, terlihat perubahannya before after

  15. Pengemasan produknya bagus ya,Mba sehingga tetap higienis. Selama ini,saya tau manfaat tea tree memang untuk jerawat tapi nambah insight baru nih bahwa daun pegagan juga kaya manfaat begini. Btw,aromanya bisa gak herbal banget ya,Mba padahal ada kubis dan brokoli juga. Baru kali ini nemu produk yang bahannya juga ada kubis dan brokoli,banyak khasiatnya juga nih.

  16. Salfok sama wajahnya Mba Vicky yang cantik dan segerr.. Ohya duluuu banget aku pernah denger Teatree gitu bisa ngobatin jerawat. sekarang jika berkolaborasi dengan daun pegagang tentunya Insha allah bisa maksimal hasilnya ya mbak. Thanks mba Vicky saya jadi ada referensi untuk obat jerawat karena kulit wajah saya sendiri gampang jerawatan apalagi kalau seminggu di luar kantor aja kerjaannya.

  17. Menarik ya, daun pegagan untuk jerawat
    Selama ini taunya daun pegagan merupakan herbal yang bisa diolah jadi keripik
    Saya pernah beli, rasanya nggak spesial, cuma kerasa trying 😀
    Jadi mending untuk pereda jerawat ya?

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Hahhahaa.. jadi kripik!
      Ya, memang karena mesin untuk mengekstraksi ekstrak daun pegagan itu masih terlalu mahal bagi sebagian UMKM, alhasil mereka baru bisa mengolahnya menjadi kripik doang.

      Padahal di Korea, ekstrak daun pegagan dikonversi menjadi skincare anti jerawat, dan diekspor ke mana-mana dengan harga mahal 🙂

  18. Raja Lubis says:

    Saya sendiri nggak pernah jerawatan mbak Vick, tapi semenjak sering pakai masker jadi timbul masalah yang sama. Di wajah suka ada kemerahan gitu. Sempat pakai beberapa produk yang saya baca ulasannya juga di blogger lain, tapi kayaknya kurang cocok. Saya mau coba kembali yang ini, semoga jadi berkurang. Agak nggak nyaman saja sekarang lihat wajah banyak merah-merah terutama di pipi.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Ya, memang mencegah jerawat akibat masker itu sedikit tricky. Suatu masker tidak boleh dipakai sampai lebih dari 4 jam, karena kuman akan nempel di pinggiran masker dan menimbulkan jerawat.

      Selain itu, sumbatan minyak perlu dieksfoliasi secara teratur dengan menggunakan eksfoliant, minimal ya berupa scrub kaolin.

      Mudah-mudahan Raja segera sembuh dari jerawat ya. Memang jerawat itu sering bikin gemes >.<

  19. Ina Tanaya says:

    Vicky, saya senang ulasan Centella Calming Gel Cream yang komprehensif. Cuma bingun sbg org awam. Komposisinya begitu banyak, bagaimana dengan fungsi daun pegagan itu bisa dirasakan bila begitu banyak zat2 lainnya.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Menurut saya, daun pegagan yang dioleskan sendirian, manfaatnya akan terasa minimal saja. Maka daun pegagan ini perlu didampingi zat-zat lain untuk bisa diserap oleh kulit. Nanti kalau sudah diserap kulit, baru terasa manfaatnya.

      Tapi memang mutlak daun pegagan itu harus disertai zat lain supaya ada manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *