Ayu di Mall dari Wajah sampai Bawah

Klinik kecantikan Zap ternyata sudah mengubah prosedur lasernya. Protokolnya sekarang beda daripada prosedur yang saya alami waktu nge-Zap tiga tahun yang lalu.

Kembali ke Klinik Kecantikan Zap Clinic

Saya mencoba balik ke klinik kecantikan Zap Clinic lagi buat perawatan wajah. Soalnya, kok saya lihat pori-pori saya sekarang jadi gede lagi dalam beberapa minggu terakhir.

Cuman saya kepingin nyoba cabang Zap yang lain. Terakhir kali saya perawatan di salah satu cabang klinik kecantikan di Surabaya itu yang bercokol di Galaxy Mall. Kali ini, saya kepingin mencicipi suasana perawatan wajah Zap di cabang yang berbeda, yaitu Zap Premiere.

Zap Premiere

Jika kita sering mencocokkan iklan klinik kecantikan Zap di media dengan cabang Zap yang kita temukan di mall, mungkin kita akan heran kenapa ada Zap Premiere, dan Zap Clinic yang bukan premiere. Padahal dua-duanya sama-sama klinik kecantikan.

Waktu pertama kali saya ke Zap Clinic (yang bukan premiere) di Galaxy Mall tahun 2018, yang saya temukan adalah klinik kecantikan yang bisa menyediakan beragam perawatan wajah.

Ketika saya datang ke Zap Premiere, ternyata jumlah perawatan wajah Zap yang bisa dikerjakan itu lebih variatif lagi.

Laurentina, 2021

Contohnya, di Zap Premiere kita bisa minta perawatan untuk mengurangi double chin atau menghilangkan keratosis. Karena, perawatan-perawatan untuk kasus ini dikerjakan oleh dokter spesialis kulit, dan dokter spesialis ini hanya ada di Zap Premiere.

Perbedaan yang lebih mencolok yang saya rasakan adalah interiornya. Menurut saya, interior di Zap Clinic itu cukup bagus. Tetapi, ketika saya berada di Zap Premiere, ternyata interiornya lebih lux.

Di Surabaya, ada dua biji cabang Zap Premiere, yaitu di Jalan Blambangan dan di Tunjungan Plaza. Saya pilih nyobain cabang Zap Premiere yang ada di Tunjungan aja, biar dianterin suami yang sekalian belanja alat pertukangan.

Elegan di Zap Premiere Tunjungan Plaza

Klinik kecantikan Zap Premiere ini ada di Tunjungan Plaza 6. Penempatan lokasinya pas dengan sasaran konsumennya TP 6 yang memang khusus mengincar brands premium. Lokasinya ada di Lantai 4, bareng-bareng sama salon-salon lain yang juga berderetan di lantai itu.

Meskipun Zap Premiere ini klinik, tapi penampilannya dari depan nggak terlalu mirip klinik.
Di pojok ruangan ada mesin teh isi Nescafe, kita bisa pilih teh hijau atau teh tarik.
Saya bolak-balik isi gelas recyclable saya dengan teh tarik.

Resepsionis untuk registrasinya ditunggui dua orang staf yang merangkap sebagai kasir. Setelah saya dekati, ternyata di bawah mejanya ada display terang-benderang berisi produk-produk skincare-nya Zap Clinic.

Meskipun terakhir kali saya melakukan perawatan wajah Zap itu adalah tahun 3 tahun lalu, tapi ternyata data saya masih tersimpan. Perawatnya bisa mengenali saya dan saya langsung dipersilakan menunggu supaya dokternya bisa bersiap-siap dulu.

Ketika dokternya sudah siaga, saya baru diantar masuk. Bagian dalam Zap Premiere itu adalah ruang-ruang konsultasi dan ruang perawatan. Diperantarai oleh koridor berisi sofa-sofa dengan interior khas boutique dan ambience yang romantis.

Dan di sebelah sisi ruangan juga ada kamar ganti. Kamar ganti ini punya dua bilik dengan tirai untuk ganti baju. Ada juga dua buah wastafel yang dilengkapi body lotion. Asek yaa..

Dokter yang menemui saya adalah dokter umum bernama Amel. Saya nggak ketemu sesama kolega selama pandemi Covid, jadi agak lupa kalau sekarang dokter praktek itu nggak pakai jas putih, hihihi.. Dokternya pakai APD level 1 berupa gaun warna coklat.

Dokternya memeriksa saya dan memutuskan bahwa pori-pori saya perlu dirawat. Maka, dokternya menawari saya untuk menjalani perawatan wajah Zap Photo Facial kembali. Dan saya juga akan menjalani Zap Hair Removal di bawah lengan saya.

Perawatan Wajah Zap Photo Facial

Zap Photo Facial adalah perawatan wajah Zap Clinic yang berisi Face Toning, Face Rejuvenation, dan Oxy Infusion. Kalian bisa baca tentang fungsinya masing-masing perawatan ini beserta video perawatannya di tulisan saya tentang Zap Clinic 3 tahun yang lalu.

Hanya saja standar prosedurnya Zap Photo Facial sekarang berubah sedikit. Dulu, Oxy Infusion cuman diberikan sesudah Rejuvenation doang. Tetapi sekarang, Oxy Infusion-nya ditambahi juga pada waktu sebelum Toning.

Saya dipersilakan lepas baju dulu, cuman pakai bra dan kemben. Kembennya dipinjemin oleh kliniknya, warnanya putih, bahannya dari handuk dan panjangnya sampai lutut. (Dan harum khas harum laundry. Penting!)

Saya juga dipasangin masker medis. Maskernya cuman nutupin mulut dan hidung doang aja seperlunya.

Perawatan ini dimulai oleh Nurse Linda dengan cuci muka seperti biasa, dan ditambahi Oxy Infusion selama sekitar 7 menit. Seselesainya Oxy Infusion, baru Face Toning bisa dikerjakan.

Saya sedang melakukan perawatan Oxy Infusion.
Oxy Infusion ini bagian dari perawatan wajah Zap Premiere sebelum dikerjakan Face Toning.

Face Toning Zap

Face Toning Zap adalah prosedur dari Zap Clinic menggunakan suatu laser untuk memperbaiki sel-sel pada lapisan kulit wajah. Sel-sel yang disasar antara lain melanosit dan kelenjar lemak (minyak).

Kebetulan ada beberapa macam Face Toning di Zap Premiere ini, tergantung keperluannya. Ada Face Toning Zap Photo Facial Acne, yaitu prosedur buat pasien yang jerawatan. Yang saya alami ini adalah Face Toning Zap Photo Facial Glow, yang fungsinya buat mencerahkan warna kulit.

Prosedur Face Toning Zap yang saya alami ini kira-kira berlangsung sekitar 10 menit.

Efek Laser Wajah

Berhubung salah satu sel yang ditargetkan oleh lasernya ialah melanosit, maka efek laser wajah ini adalah warna tone kulit yang jadi lebih merata.

Produksi sebum juga berkurang sebagai efek laser wajah ini. Semula sebum yang berlebihan akan menyumbat pori-pori, sehingga pori-pori akan jadi mengecil.

Ini sebabnya kenapa Face Toning Zap Clinic ini menjadi laser untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Dokter di klinik kecantikan Zap Premiere menjelaskan kepada saya tentang apa yang akan dikerjakannya selama melakukan perawatan Zap Photo Facial nanti

Face Rejuvenation Zap

Face Rejuvenation Zap adalah bagian ketiga dari perawatan Photo Facial di Zap ini. Prosedurnya menggunakan mesin laser Alma, menyasar bagian yang terletak lebih tinggi daripada sel-sel yang ditargetkan oleh Face Toning Zap.

Istimewanya Face Rejuvenation Zap ini adalah mentargetkan jaringan kolagen di dalam kulit kita. Ketika kolagen ditembak oleh laser dalam Face Rejuvenation Zap, kolagen akan berkembang lebih cepat.

Terus gimana kalau kolagen jadi berkembang? Maka efek laser wajah yang diharapkan ini adalah wajah menjadi nampak lebih muda. Sebab, kolagen membuat kulit kita lebih cepat berganti.

Face Rejuvenation Zap yang prosedurnya cukup 5 menit saja ini, sebetulnya menurut saya lebih manjur ketimbang mengoleskan krim kolagen ke kulit.

Setelah Face Rejuvenation Zap selesai, wajah saya diberi Oxy Infusion kembali. Nah, pada tahap Oxy Infusion terakhir ini, gas oksigennya dicampur dengan serum vitamin C.

Menghilangkan Bulu Ketiak

Nah, selain merawat wajah, saya juga menyempatkan diri buat menghilangkan bulu ketiak di Zap Premiere ini. Perawatan buat menghilangkan bulu ketiak ini bernama Hair Removal.

(Sebetulnya Hair Removal ini bisa dikerjakan juga untuk ngilangin bulu-bulu di tempat lain, misalnya di tungkai, di vagina, di lengan, di dagu, atau di bawah idung. Cocoklah buat kaleyan yang mungkin kelebihan androgen.)

Di Zap Premiere, menghilangkan bulu ketiak bisa dengan menggunakan IPL maupun laser. IPL dikerjakan pada pasien yang bulunya banyak. Tetapi pada ketiak saya, menurut dr Amel sih, bulunya lumayan jarang, jadi cukup pakai laser Alma saja.

Laser untuk menghilangkan bulu ketiak ini didahului dengan memangkas bulu-bulu yang masih panjang dulu pakai alat cukur elektrik.

Laser Bulu Ketiak

Laser bulu ketiak adalah menyinari ketiak dengan sinar laser. Sinar laser akan menembus lapisan kulit ketiak, menyasar kelenjar rambut di dalam ketiak. Sehingga bulu-bulunya ketiak akan berhenti tumbuh.

Untuk menghantarkan sinar laser, perlu bantuan medium khusus berupa gel. Gel-nya kira-kira mirip gel yang sering diolesin ke perut kita kalau kita lagi diperiksa oleh dokter kandungan.

Sebuah probe laser berbentuk segi panjang kecil dipindai ke ketiak saya dan menembakkan cahaya kekuningan. Kira-kira selama 3 menit. Rasanya dipindai laser ini seperti cekit-cekit dan sedikit hangat.

Berikutnya dokter nembak ketiak dengan probe laser yang bentuknya seperti pena,. Titik yang ditembak biasanya titik-titik yang akar rambutnya nampak kelihatan kontras, pertanda ada kelenjar rambut yang cukup besar di situ.

Dokter di klinik kecantikan Zap Premiere sedang menghilangkan bulu ketiak saya dengan menggunakan laser.

Di sini, dokternya kudu teliti buat nyari-nyari titiknya. Makanya agak lamaan, kira-kira 7 menit gitu deh. Ada bau-bau gosong dikit ketika ditembaki probe yang ini.

Menurut standar prosedurnya Zap Clinic, untuk menenangkan kulit yang baru kena laser, kulit ketiak rajin dikompres pakai es.

Selama sedang dilaser ini, mata kita ditutup pakai kacamata buntu untuk menghindari efek samping cahaya laser. (Efek samping cahaya laser ini mohon kaleyan googling sendiri ya, yang pasti efeknya bukanlah bikin mata kita jadi bisa tembus pandang..)

Klinik Kecantikan Zap yang Memuaskan

Saya merasa lebih betah di Zap Premiere ini. Soalnya, lokasinya yang di Tunjungan Plaza tempat anak saya biasa main, membuat saya nggak merasa kudu meluangkan waktu spesial untuk merawat kulit.

Efek laser wajah yang saya lihat adalah warna kulit yang lebih merata.
Di bagian atas hidung nampak iritasi ringan sebagai salah satu efek laser (foto ini diambil 15 menit setelah selesai perawatan).
Zap Premiere mengoleskan anti-iritasi ke area tersebut dan iritasi ini hilang dalam 1 jam.

Ambience klinik yang juga premium bikin saya merasa lebih eksklusif dan betah menunggu antrean. Meskipun kayaknya nggak ada antrean juga, karena dokternya menjalankan konsultasi dan tindakan dengan cepat.

Mungkin lain kali saya ingin pertimbangkan untuk Zap Lifting juga pada spesialis kulit di sini.

Kalian bisa nyobain perawatan wajah Zap maupun menghilangkan bulu ketiak ini di alamat ini:
Zap Premiere, Tunjungan Plaza 6 Lantai 4, Jalan Embong Malang, Surabaya

Perawatan di Zap Premiere bisa dikerjain satu kali aja jika pengunjungnya cuman ingin perkenalan doang. Tapi kalau mau hasilnya lebih optimal, tentu sebaiknya datang berkali-kali secara rutin dong.

Saya sendiri, setelah melakukan laser ini, sempat libur skincare dulu selama dua hari. Soalnya takut kena efek samping, misalnya jadi radang gitu. Setelah dua hari itu, saya balik ke skincare rutin lagi. Skincare-nya bisa dari merk apapun yang kita suka.

Jika kalian sudah pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan Zap, gimana nih caranya supaya kalian mau balik buat nge-Zap lagi?

Vicky Laurentina

I am a commercial blogger, a physician, a trader, and a mother.

40 comments

  1. Ririe says:

    Beberapa kali baca ttg pengalaman yg sdh melakukan perawatan di Klinik kecantikan Zap, saya kira antara Zap dan Zap Premiere, sama saja. Ternyata beda banget ya Mbak, fasitas dan cakupan layanannya lbh premium.

    lihat tampilan klinik Zap Premiere tampak elegan banget, gak kayak klinik kecantikan.

    #kira2 klo bulu ketiak diilangin, tumbuh lagi berapa lama ya..(kepo)

  2. Ning! says:

    Baru tau aku Mbak, kalau ada ZAP Premier dan ternyata beda dengan ZAP Clinic. Kalau ngomongin ZAP yang paling dipengenin itu perawatan menghilangkan bulu ketiak. Kayak udah lelah bentar-bentar cukur bulu. Haha

    Tapi di sini ZAP adanya jauh banget, di Solo. Dari rumah bisa 2-3 jam.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Jauh ya? Wah, is the distance worthy enough? Kalau ngilangin bulu di sini sekitar 4-6 kali secara rutin, bisa nggak tumbuh lagi lho seumur hidup.

      Jadi mungkin, menempuh jarak demi ngilangin bulu ketiak itu cuman butuh 4 x 2-3 jam aja 🙂

  3. Riska Ngilan says:

    Akhirnya, rasa penasaran saya terjawab. Beda ZAP clinic dan premier, kayaknya mau coba yang di premier juga nih, Mba. Tempatnya nyaman banget ya kalau dilihat di fotonya, nggak sabar mau treatment di sana juga.

    1. Rach Alida says:

      Aku udah lama nggak ke ZAP. Pernah juga perawatan di ZAP nggak butuh waktu lama tapi hasilnya efektif benar. Berharap bisa ke ZAP lagi untuk laser wajah agar tone wajah lebih nyata

  4. nchie hanie says:

    Asik nih ZAP memang terpercaya banget dan banyak cabangnya di tiap kota besar. Treatment bulu ketiak ini yang mencuri perhatiaan banget, soalnya setiap perempuan/ laki2 juga jaman now justrubanyak yang ingin dihilangkan. Sementara eike punya rambut ketiak tapi tipis, bulek, jadinya tampak ga adaan, hahaaa.

    Memang nyaman nih Zap Premiere, interior khas butik ada di mall pulaa, bisa sekalian jelong2 tuh Fidel.

  5. lendyagasshi says:

    Lokasinya enak dan nyaman banget.
    Yang paling penting selain prokes adalah bisa nyaman anak sama suami ikutan nunggu, secara di dalam mall. Hehhee…
    Jadi paham, gimana kerja Face Rejuvenation ZAP untuk mengecilkan pori-pori.

  6. Eni Rahayu says:

    Mbak Vicky, aku bayangin dilaser ketiaknya itu kok serem ya?
    Tapi aku langsung ngakak (gak jadi takut) pas baca mata tembus pandang, wkwkwkk
    Seru banget nih kayake Mbak Vicky perawatannya
    Mungkin gak sih setelah dilaser gitu bulu di ketiak masih tumbuh lagi?

  7. Wahhh, makin yakin banget buat perawatan di ZAP. Kebetulan minggu depan aku ada booking treatment di sana, tapi kayak masih galau meskipun udah baca cukup review bagus. Hihih, pas ketemu review ini jadi lebih yakin sekarang

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Sekarang lagi pandemi nih, Mbak Efa. Jadi treatment-nya ditutup dulu di semua cabang Zap. Boleh cobain treatment lagi kalau masa lockdown ini sudah selesai ya 🙂

  8. julia says:

    tampilan ruang tunggunya cozy bamget ya. saya pingin coba menghilangkan flek hitam di wajah akibat sinar matahari, mungkin bisa ya pakao laser wajah di klinik ZAP jakarta.

  9. Pengen cobain yang under arm hair removal treatment deh Vic :D. Dari dulu aku memang ga suka Ama bulket ini, rutin diilangin pake cream removal, tapi ya tetep numbuh kan.

    Dan senengnya Zap mah dekeeet Ama rumah. Di kelapa gading ada, di Rawamangun ternyata ada juga. Makanya mau cobain ah :D.

  10. Visya says:

    Hihi judulnya antimainstream tapi emang benar haha. Deket rumahku, ZAP juga di mall jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui #lho

  11. Ghina says:

    saya malah penasaran sama masker imutnya, mba vick. hihi

    Kerasa banget ya improvisasi yang dilakukan oleh ZAP dalam pengembangan bisnisnya. Makin canggih alatnya, makin ciamik pula tempat kliniknya.

    Kemarin aku pas jalan di sekitaran jogja juga baru ngeh kalau ada ZAP juga di sini. Perlu dicoba nih kapan-kapan. Lihat hasilnya mba vicky jadi kinclong, dan penting nih, kerutan berkurang. Penting banget buat kita yg makin menua ini

  12. Asyik banget, perawatan lengkap

    Ada cabang di Bandung gak ya Zap Clinic

    wajah saya blang bentong nih selama pandemi, kelamaan gak diurus

    dan gak cukup pakai skincare

  13. Okti Li says:

    Kapan klinik ZAP buka cabang di Cianjur ya…
    Biar saya punya pengalaman seru juga nih tentang perawatan dan kecanggihan teknologinya…

  14. Aisyah Dian says:

    Wah laser bulu ketiak ini nih yang keren … Jadi terasa lebih Bersih pasti kalau Tanpa bulu ketiak ya mbak, lebih cantikan juga pasti. Jadi pengen perawatan ke zap juga ah

  15. ainun says:

    masih menyimpan list buat nyobain perawatan di ZAP, karena di Jember nggak ada, ngatur jadwal ke surabaya ini yang agak susah
    tiap baca pengalaman temen temen yang ke ZAP terlihat banget kalau pelayanan disana memang bagus dan nggak perlu diragukan lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *