Nyobain Mangkokku, Mumpung Promo

Promo makanan 17 Agustus tadi pagi ada lagi. Dan gegara ada diskon gede ini, saya langsung sikat buat ngincipin kedai makanan incaran deket rumah, yaitu Mangkokku di cabang Surabaya.

Mengincar Mangkokku Surabaya

Dari dulu saya pingin makan menu dari Mangkokku Surabaya, tapi belum pernah kesampaian.

Mangkokku ini suatu usaha rice bowl kekinian, yang kebetulan jualan kopi juga. Dulu lihat daftar menunya di daftar promo GoFood, kok variannya kedengeran menarik, nggak pasaran gitu.

Tapi mau nyoba tuh keder, soalnya harganya kayaknya lebih mahal ketimbang warung-warung lain yang juga sesama jualan rice bowl. Apa karena pemiliknya warung ini orang-orang terkenal ya? Memang sih, yang punya sahamnya Mangkokku ini Arnold Purnomo, sama Gibran Rakaningbumi yang punya franchise Markobar itu.

Sebagai ilustrasi mahal itu, kalau beli 3 bowl, kira-kira bayarnya Rp 100k. Padahal pasaran rice bowl di sekitaran rumah saya tuh Rp 25k-an jika toppingnya premium, Rp 20k-an kalau topppingnya biasa aja.

Nah, hari ini, GrabFood bikinin promo makanan 17 Agustus. Promonya tuh, belanja GrabFood itu dapet diskon 50%, asalkan minimum pembeliannya Rp 70k. Memang nggak semuanya ya, tapi cukup warung-warung tertentu aja yang ikut promo ini.

Saya cek restoran mana aja yang ikut promonya, dan ternyata Mangkokku juga ikutan diskon! Waaah..saya langsung sikat.

Mangkokku Surabaya Ikut Promo Makanan 17 Agustus

Saya beli paket khusus bernama Cuan Bertiga. Harga rice bowl Cuan Bertiga ini Rp 100k, berisi 3 buah rice bowl. Ini masih didiskon 50%, dengan ongkos kirim dan ongkos nananini, jadinya saya cukup bayar Rp 60k deh. Jadi kalo diitung-itung, semangkok tuh bayarnya Rp 20k aja. Oke, cocok!

Habis saya pesen makanannya di GrabFood, terus om ojeknya dateng.

Ini pertama kalinya saya makan Mangkokku, jadi saya lumayan terkesima juga lihat pemaketannya. 3 buah rice bowl ditaruh di dalam tote bag khusus, dan tote bag ini ada cap Mangkokku-nya.

Terus ketiga rice bowl-nya disegel pakai selotip yang rapi supaya tutupnya nggak geser-geser.

Mangkoknya khusus, bukan mangkok pasaran. Mangkoknya dicetak pakai tulisan Mangkokku, dan ada gambar karikatur 4 orang pemilik sahamnya Mangkokku lagi naik sepeda tandem. Gambarnya kocak.

Mangkokku, Surabaya, merupakan usaha rice bowl yang banyak menjual rice bowl kekinian.

Dalam satu paket ini, ada 3 macam menu, yaitu Fried Chicken with Sambal Korek, Beef Onion with Onsen Egg, Endog Beef with Mayo. 

Saya perhatiin Mangkokku mendesain pemaketannya sedemikian rupa dengan cara lauk ditaruh dalam wadah terpisah dari nasi, mungkin supaya makanannya nggak bau kalau-kalau ada konsumen ceroboh yang mendiamkan produknya kelamaan.

Saya udah lama ngincar onsen egg, jadi Beef onion saya makan sendiri. Anak saya nggak bisa makan sambal, jadi Fried Chicken saya kasih ke suami. Endog with Mayo ini pada dasarnya omelet, sesuatu yang udah biasa dimakan anak saya, jadi endog-nya saya kasih ke anak.

Gimana Rasanya Rice Bowl Kekinian Mangkokku?

Saya dan suami menikmati siang dengan makan rice bowl  Mangkokku ini. Menurut kami berdua sih, rice bowl-nya menarik juga.

Rice bowl dengan telur onsen dari Mangkokku, Surabaya.

Menu yang saya makan adalah beef onion with onsen egg. Teknisnya, ini berupa rice bowl daging sapi yang diberi telur onsen.

Tampangnya telur onsen ini ternyata kayak telor setengah mateng, jadi masih cair gitu. Tapi sudah mateng lho! Mangkokku menaruh telur onsennya di wadah khusus, jadi tugas konsumen tinggal nyiramin telornya ke nasinya.

Beef onion dibikin dari daging sapi yang diiris-iris tipis dengan irisan bawang bombay, rasanya cenderung piquant manis dan harum. Oh ya, menurut saya, dagingnya mending dimakan oleh orang yang giginya kokoh.

Fried chicken with sambal korek yang dimakan suami, ternyata berupa rice bowl ayam goreng dari daging ayam fillet yang ditepungin sampai agak asin. Lalu ayamnya digoreng dan dilumurin bumbu sambal korek. Irisan lomboknya hampir-hampir nggak kelihatan, karena menyatu sama bumbu lumurannya. Sambalnya menyengat dengan pedas sekali, hasssh.. hassh..

Rice bowl kekinian dari Mangkokku Surabaya ini berupa rice bowl berisi nasi, dengan ayam goreng crispy dibumbui sambal korek.

Anak saya makan belakangan, karena dia kepingin menyelesaikan proyek videonya dulu. (Kalian yang suka follow Instastory saya di @vickylaurentina, pasti tahu bahwa akhir-akhir ini dia lagi tergila-gila dengan ngedit video). Paket endog beef with mayonya ternyata berupa rice bowl telur dadar dengan daging patty yang tipis.

Ketika saya buka mangkoknya, saya terhenyak melihat omeletnya agak tebel. Lalu saya incipin, dan.. Whoaaaa, omeletnya creamy!

Eh, mayonya mana? Saya tidak melihat ada mayonaise dilulurin di atas telurnya. Cuman waktu saya incipin omeletnya, saya memang merasa telurnya kayak dicampuri mayo gitu deh.

Mangkokku Surabaya punya rice bowl telur bernama Endog Beef with Mayo.
Dibuat dari nasi yang ditumpuk dengan telur bergaya telur selimut, dan ditemani daging patty.

Saya sampai iri waktu anak saya makan dengan lahap, dan dia bilang bahwa patty-nya enak sekali. Fix.. lain kali saya kudu pesen endog beef with mayo ini lagi, untuk diri saya sendiri!

Nggak nyesel saya bisa dapet promo 17-an ini, dan ternyata servisnya Mangkokku memang setinggi ekspektasi saya. Jadi menurut saya sih, Mangkokku Surabaya ini balenable, wkwkwk.. Lain kali, pesen lagi aaah..

51 comments

  1. Hamimeha says:

    Masya Allah aku ngakak tapi auto mikir bahwa dagingnya sebaiknya dimakan oleh ornag dg gigi kokoh.

    Aku suka makan ricebowl gini biasanya geprek. Nah ini tampak beda. Mana gambarnya mbak vicky bikin ngiler. Wah endog mayonya juga bakal jadi kesukaan anakky ini.

    Hey fidel sudah bikin berapa vidio hahahaha.
    Sekali diajarin lansung tancep gas.

    Aku mau melipir ah, ke gofood suami biar dicariin mangkokku.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya, memang aku sendiri makan beef tersebut harus pakai sedikit perjuangan. Jadi tidak kuberikan kepada anakku yang giginya masih lembut.

      Di sekitar rumahku juga kebanyakan ricebowl-nya berisi ayam geprek. Rerata penjualnya kuat-kuatan di sambel aja. Sedangkan ricebowl yang berisi makanan panggangan gini masih dijual dengan harga premium. Makanya begitu kulihat Mangkokku jual begini dengan Rp 60k-an dapat 3 biji, segera kusambar aja.

      Selamat berburu Mangkokku ya.. Jangan lupa cerita-cerita kalau udah ngincipin 🙂

  2. Dian says:

    aduh iya, ini banyak yang ngeriview lho mbak
    rice bowl mangkokku emang beda dari yang lain mbak
    favoritku sih yang endog beef itu
    aku klo beli pas sekalian ke rumah mertuaku , lek ke rumahku adohh ongkos gofood e , hahaa

  3. Yg Onsen egg, fix aku ga akan pesan wkwkwkwkwk. Dari kecil Ampe skr, tiap diksh telur setengah matang aku lgs muntah2 Vic . Ga bisa Ampe skr..

    Nah tapi kalo yg telur mayo aku mau banget cobain. Kayaknya memang LBH menarik yg itu :D.

    Udah sering sih denger mangkokku.. tapi sama, selama ini blm mesen Krn hrgnya lumayan utk seporsi rice bowl. Aku tuh mikirnya, jangan2 Krn nama besar pemiliknya doang makanya mahal. Krn jujur aku pernah pesan kuliner buatan alumni master chef gini, dan rasanya B aja. Merk lain tapi yaaaaa.

    Tapi kalo udah baca review dari sesama blogger, biasanya aku LBH tertarik untuk coba 🙂

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Ya, aku harus mengakui harga normalnya untuk rice bowl itu cukup mahal.

      Aku sendiri baru nyobain Mangkokku pertama kali ini. Dan aku terperangah karena isi daging yang dipakai untuk telur mayonya adalah daging patty. Padahal di review-nya tetangga, mereka bilang bahwa mereka menggunakan daging sapi brisket. Apakah penurunan harga ini terjadi karena mereka menggunakan daging party? Aku belum tahu.

      Cobain lah ya Mangkokku ini kalau sempat 🙂

  4. Nanik K says:

    Nama produknya unik-unik ya mbak, bikin orang jadai penasaran dengan isisnya. Btw saya koq jadi pingin order Endog beef with mayo-nya.
    Kalo pesan dari Waru, Sidoarjo ongkirnya mahal nggak, ya Mbak Vicky?
    Makasih

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Mangkokku ini ada 2 lokasi ya. Lokasi yang saya tulis di artikel ini ada di kawasan Wisma Permai. Sedangkan yang lebih dekat ke Waru, lokasinya ada di Tenggilis. Nah, ongkos kirim dari Tenggilis ke Waru mungkin Rp 30-35k. 🙂

  5. Ghina says:

    Saya banget bak, belanja makanan kalo pas ada diskonan haha.. Mantab betul istilahnya, Balenable, jowo bangetttt.. liat yang meleleh auto kepengen ke Surabaya buat nyobain. Eh di Jogja harusnya ada juga ya..

  6. lendyagassi says:

    Kalau melihat chef Arnold masak, meski lauknya sederhana, bahkan yang kita masak sehari-hari, tapi di tangan seorang profesional, WOW.
    Jadinya sungguh berbeda.
    Mangkokku pasti menu andalan dari Chef ternama ini yaa… JUARA.

  7. Dari ketiga menu rice bowl di atas, aku pilih yang fried chicken with sambak korek deh. Pas kan…aku doyan pedes2 ehehehehe. Nah, urusan telur, aku ga doyan yang matangnya setengah atau kurang atau masih ada cairannya mengalir gitu hihihihi. Mendingan yang endog beef with mayo deh. kelihatan yummy 😀 Iya ya, bisa jadi karena pemiliknya orang tersohor, jadi mahal deh harga seporsi Mangkokku. Tapi kalaupun enak beneran, ga apa2 sering dibeli haha kan ada harga ada rasa.

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya sih, Teh Nurul, memang bagi sebagian orang, telur onsen gini memang agak terkesan ambigu :)) Itu rice bowl yang pakai sambal koreknya memang enak juga..

  8. Anis Khoir says:

    Andai dekat Surabaya langsung cuss ke sana kalo tahu ada promonya, apalah daya tinggal diujung barat jawa timur. Tapi aseli, lihat rice bowlnya langsung perut lapar lho Mbak, menggoda.

  9. Akarui Cha says:

    Setelah kenorakan aku yang kemarin tuh nggak tau kalau si Mangkokku ini gedenya di Jabodetabek. Udah begitu ini kunjungan kedua ke mari. Dengan bangga (sedikit pamer … hehe peace Mba), Acha akhirnya jajan jugaaaa. Hihihi. Walaupun nggak dapat diskon di ojek daringnya sih kemarinan, dan dijajanin pula Mba. Enaaakkkk ternyata.

  10. Ning! says:

    Kayak telur setengah matang, bentuknya cair. Tapi udah mateng itu gimana Mbak? Kok saya gagal paham. Hehe

    Tapi dari tampilannya aja udah menggugah selera banget. Jadi pengen.

  11. Raja Lubis says:

    Promo yang sangat menggiurkan. Aku jarang beli ricebowl2-an, karena biasanya porsi nasinya nggak cukup buatku. Hheh. Kecuali ada promo GrabFood seperti ini ya, saya biasanya joinan sama teman karena minimum pembelian promo GrabFood kurang ramah untuk anak kost sendiri. Hehe

    1. Vicky Laurentina ( User Karma: 0 ) says:

      Iya sih.. Aku harus mengakuin kalau promo GrabFood itu baru moncer setelah pembeliannya di atas Rp 60k. Kalau aku jadi anak kost, aku akan sering manfaatin promo ini untuk beli makanan sampai 2x, misalnya untuk makan siang dan malam. Tapi mungkin harus ada ketentuan bahwa di tempat kostnya ada kulkas untuk menyimpan makanan ya..

  12. Ulfah Aulia says:

    Wah lumayan promonya 60 rbu udah dapat 3.. Padahal kalau diperhatikan aslinya 100 rbu baru dpat 3 ya mbak.. Reviewnya lengkap mbak dan menu yg dipesan enak2 semua, jadi makin penasaran rasanya… Semoga di Padang segera buka ya mba, hehehe..

  13. Ova Forlendy says:

    Lihat foto-fotonya amat menggugah selera, btw aku belum pernah coba rice bowl mangkokku, sepertinya ini akan menjadi menu makan siang ku besok, heheh

    karna lihat fotonya membuatku ngilerrr, Kak.

  14. Visya says:

    Oalah aku tuh baru tahu bahwa rice bowl itu jenis (?) Makanan gitu yaa. Selama ini taunya nama resto doang wkwk. Deuuh kebayang nikmatnya Endog beef itu, uwwu

  15. Ayu Natih Widhiarini says:

    Sering lihat video Chef Arnold buat masakan-masakan di mangkokku, namun belum pernah nyobain.
    Ada onsen tamagonya juga yaa, tapi pastinya saya tidak akan bisa makan karena gak suka Onsen Tamago..
    Jadi pengen nyobain tapi di Bali kyknya di Bali belum buka cabang yaa

  16. selalu berdaging deh postingannya Mbak Vicky

    kali ini tentang Mangkokku yang udah lama ingin saya coba

    dan fixed, nanti mau pesan endog beef with mayo seperti pesanan ananda tercinta 😀

  17. Urusan promo makanan, dulu aku paling gercep sama teman kosku. Maklumlah, pada malas masak. Hehehe…

    Nanti-nanti saat ke Surabaya, aku mau nyobain rice bowl mangkokku jugalah. Kok cerita fidel mamamnya lahap, aku jadi ngiler.

    Btw, fidel nggak tergoda buat videoin pas doi mamam ya, Kak? Hehehe

  18. Mba Vicky, reviewnya bikin saya ngiler. sayang cuman ada di surabaya ya, huhuhu. Kebayang deh enaknya endog beef with mayo, tebel gitu pattynya. anak saya pasti suka. terus itu harganya MasyaAllah, mursidah banget cuman bayar 60k aja dapet tiga. sudah pasti di sikat sih ya. kebayang happynya, murah dan kenyang, hihihi. soalnya saya cukup sering juga pesan shopeefood dan kadang dapet potongan 60% + gratis ongkir juga sama senengnya, hehehehe

  19. Ina Tanaya says:

    Review Mangkokku dengan menu yang lengkap dan harga yang super fantastis murah. Di Jkt ngga ada harga murah loh dengan kualitas makanan yang bergizi dan enak. Iya nanti lain kali perlu coba endog beef with mayo. Yummy….

  20. Yoharisna says:

    Aku belum pernah nyoba dan Alhamdulillah.. sekarang jadi sukses pingin Dulu, sih pernah nyoba yang masakan ala telur gitu. Entah namanya apa. Ingetnya cuman omelette aja.. Eh, kalau ada di Bandarlampung..pingin juga nyoba deh

  21. Pak Eko says:

    Terima kasih sharingnya dan berhasil bikin ngiler dan ngecesssss. 3 menu yang dipesan semuanya menggiurkan. Coba saya pas di Surabaya, pasti langsung pesan. Fried Chincken ok, Beef onion ok, Endog beef juga ok. pengin nyobain semua. Salam sehat Bu.

Tinggalkan komentar