Nyaman Masak Apapun Pakai Gunting Ayam

“Gunting ayam itu nggak cuman buat motong tulang ayam. Tapi dia bisa jadi alat serbaguna, mulai dari bersihin ikan sampai membuka botol,” kata temen saya yang kebetulan suka masak kalkun di luar negeri.

Tapi dia juga menambahkan, “Asalkan kamu beli guntingnya yang premium, bukan yang murahan..”

Dulu-dulu saya ngebelah unggas itu ya pakai pisau aja. Saya belajar motong unggas utuh jadi 8 bagian atau 12 bagian, itu dari hasil melongin mbok-mbok penjual ayam di pasar. Kalau lihat pisaunya mbok-mbok, suka takjub soalnya bilah pisaunya gede gitu. Membuat saya sering penisirin, itu sebetulnya pisau atau golok?

Ketika saya nyoba ngebelah unggas pakai pisau cleaver di rumah, hasilnya sering bikin nggak pede. Cleaver-nya kayaknya kurang tajem, jadi licin gitu kalau disuruh motong persendian paha si ayam. Mau nggak mau saya harus pindahin garis motongnya agak ke median, akibatnya serat dagingnya jadi bocel-bocel gitu karena irisannya masih nggak rata.

Sebagai akibatnya, saya jadi males ngebelah unggas sendiri. Makanya kalau saya beli ayam mentah secara online, mending saya beli di tukang jual sayur online Surabaya yang bersedia dikasih request untuk “belah jadi 8 bagian”, atau “jadi 10 bagian” gitu.

Tapi kan nggak semua daerah punya kemewahan untuk didatengin tukang sayur online kayak gini ya?

Lalu pandangan saya itu berubah, setelah saya nyobain ngebelah ayam dengan gunting.

Gunting ayam untuk memotong ayam panggang
Habis masak ayam teriyaki yang dipanggang. Motong ayamnya pakai gunting ayam.

Mencoba Gunting Ayam

Awalnya saya ragu lho. Soalnya selama ini saya memakai gunting ya buat buka segel makanan doang. Apa nggak karatan gunting kalo dipakai buat ngebelah daging?

Tapi setelah saya cobain ngebelah ayam pakai gunting, saya jadi seneng banget!

Permasalahan kelicinan memotong sendi paha yang awalnya saya alamin dengan cleaver, langsung ilang karena gunting dapur untuk unggas ini ternyata gampang banget buat diajak motong sendi.

Terus, ketika gunting dapur ini diajak buat membelah tulang dadanya ayam persis di tengah-tengah, nih gunting beneran menghajar tulangnya tanpa banyak toleransi. Saya cukup menyuruh tubuh si petok telentang di atas talenan, lalu saya tinggal motong tulang dadanya macem motong kain aja.

gunting ayam untuk memotong struktur tulang paha ayam
Menggunakan gunting ayam untuk motong tulang dada ayam.

Tubuh si petok langsung terbuka kayak model kupu-kupu gitu, tinggal dipotong-potong aja jadi kecil-kecil.

Boleh lihat cara saya motong tulang pakai gunting ini pada video ayam teriyaki bikinan saya ini ya..

Kalo soal motong daging unggas di bagian dadanya sih udah nggak diragukan lagi ya, guntingnya tajem pol. Saya bisa menghasilkan potongan dada ukuran jari gitu, tapi tetep ada tulangnya yang nempel, sehingga jadinya autentik banget dan daging ayamnya masih kelihatan seger!

Manfaat Gunting Ayam Itu Apa Lagi?

Berhubung gunting dapur untuk ayam ini cukup tangguh kalau diajak ngebelah tulang ayam, sudah pasti dong gunting ini bisa dipakai buat motongin makanan-makanan lain.

Ambil contoh nih, kemaren saya pakai gunting ini buat ngilangin kepala udang.

Membersihkan Udang

Kalau di rumah, saya biasa masak udang tanpa kepala dan tanpa ekor. Soalnya kepala udang itu kan ada antenenya, dan anak saya merasa antenenya nusuk-nusuk mulutnya gitu lah kalau dia makan. Demikian juga ekornya udang itu, berasa nusuk buat dia.

Makanya daripada anak saya banyak drama kalau diajak makan udang, mending saya penggal aja kepala si udang berikut ekornya. Cuman kalau udangnya besar, lumayan tajem juga cangkang kepalanya si udang, sehingga bikin jari jadi beler. Untungnya kalau pakai gunting ini, langsung gampang dong motong cangkangnya.

Saya juga pakai gunting ini untuk ngeluarin kotoran si udang yang warnanya item di punggungnya itu. Caranya, setelah lehernya si udang itu dipenggal, saya selipin aja ujung guntingnya ke tulang punggung si udang sepanjang 1 cm gitu, terus saya gunting. Begitu cangkangnya terbuka, kotorannya si udang langsung bisa dikeluarin.

cara membersihkan udang dengan gunting ayam
Membuang kepalanya udang, pakai gunting ayam juga.

Memotong Sayur

Gunting ini juga bisa saya pakai buat ngeguntingin daun-daun sayur. Daun sayurnya bakalan kelihatan lebih cantik waktu disajikan di piring, daripada cuman ditumpuk doang ala makan di pinggir sawah.

Cuman menurut saya, sebelum memakai gunting bekas daging buat motongin sayur, guntingnya kudu dicuci dulu.

Soalnya kita tahu kan masak sayur itu nggak boleh lama-lama supaya vitaminnya nggak rusak, padahal kalo masih ada bakteri bekas daging di sayurnya, mungkin belum tentu bakterinya mati. Makanya kalo gunting baru dipakai motong daging, segera cuci pakai air hangat bersabun supaya bakterinya mati. Kalo udah dibilas, baru boleh dipakai buat ngegunting sayur.

Terus, gimana caranya kita bisa memastikan tuh gunting setelah dicuci itu udah nggak ada bakterinya? Nah, ini yang bikin anak saya teriak waktu dia lihat gunting saya terbelah jadi dua.

Setelah Gunting Ayam Dicuci, Jadi Belah Dua

“Maaaaa! Gunting Mama rusak!” anak saya berteriak panik dari tempat cuci piring.

Saya tergopoh-gopoh menyusul anak saya. Saya temukan dia lagi berdiri di sebelah deretan piring yang lagi saya jemur setelah saya cuci. Dengan cemas dia nunjukin gunting saya, yang ternyata kedua bilahnya sudah terlepas.

Saya ketawa, lalu nunjukin ke dia, bahwa..

.. gunting saya ini keren karena bilahannya bisa dilepas. Dengan begini, saya bisa nyabunin segala sisi guntingnya dengan leluasa. Coba kalo bilah guntingnya nggak bisa dilepas, pasti masih ada celah-celah yang bisa jadi tempat persembunyian bakteri, kan?

Gunting Ayam sebagai Alat Makan

Ketika kita orang Indonesia pakai gunting masih buat alat persiapan masak, ternyata orang-orang Korea malah pakai gunting buat makan lho.

Di sana, kebiasaan tata boganya di meja makan adalah sediain garpu dan gunting. Ini biasanya terjadi kalau menunya berupa daging barbeque-an yang dimasak langsung di meja makan.

Orang memanggang dagingnya sampai matang, lalu ngejepit dagingnya dan mindahin dagingnya ke piringnya sendiri. (Dan piringnya berukuran kecil kayak lepek kue).

Dagingnya kan masih ukuran gede tho? Nah, mereka tusuk dagingnya pakai garpu, lalu mereka gunting seukuran finger size. Abis itu baru mereka santap dagingnya deh..

Memilih Gunting Ayam

Di Indonesia sekarang udah banyak yang jualan gunting dapur, terutama di marketplace. Ada juga yang jualan dari marketplace luar negeri. Tentu saja harganya macem-macem, ada yang cuman Rp 40k doang, ada juga yang sampai Rp 150k. Nah, gimana kita tahu gunting mana yang cocok buat kita?

Pertama-tama, saya pingin cerita dulu, bahwa gunting dapur ini kalau diterjemahin ke bahasa linggis, ada yang menerjemahkannya bebas sebagai kitchen scissors, dan ada juga yang menerjemahkannya sebagai kitchen shears. Beda lho ini..

Kalau istilahnya scissors, maka pangkal kedua bilahnya harus ada lobangnya, dan kedua lobang ini harus sama besar.

Kalau istilahnya shears, maka meskipun bilahnya ada dua, salah satu lobang pasti lebih kecil daripada lobang satunya. Bahkan ada juga produk shears yang lobangnya cuman pada satu bilah, tapi bilah satunya berupa grip doang tanpa lobang.

Masalah grip ini jadi krusial karena kita perlu menaruh kedua jari kita dengan nyaman sewaktu lagi pegang gunting. Apalagi kalo tulang ayam yang kita dapet ini udah tua, bisa jadi butuh tenaga lebih untuk ngegunting bagian dadanya. Kalo grip guntingnya licin, tangan kita ya bisa kepeleset waktu ngebelah ayam.

gunting ayam sebagai gunting tulang ayam
Selalu pilih gunting ayam yang pegangannya nyaman, dan bilahnya bisa dilepas.

Beberapa temen saya bahkan sengaja milih gunting yang bagian tengahnya (antara pangkal bilah dan grip) itu ada geriginya. Konon, kata mereka sih, bagian gerigi ini bisa dipakai buat membuka botol, atau memecah kenari, atau memecah cangkang lobster. (Saya sih belum nyobain, lha saya alergi lobster, dan saya lebih suka beli kacang yang udah mateng.)

Oke, gitu deh cerita saya tentang gunanya gunting ayam ini. Kamu gimana, ada keluhan nggak kalau lagi pegang gunting tulang ayam buat masak?

27 pemikiran pada “Nyaman Masak Apapun Pakai Gunting Ayam”

  1. Manfaatnya banyak banget kalau menggunakan gunting ayam ini yaa..
    Aku jadi kepikiran pengen akhir tahun masak daging bakar sendiri, motongnya nyaman banget kalo pakai gunting landep kaya yang digunakan kak Vick.

    Mulai googling aah..
    Haturnuhun kak Vicky~

    Balas
  2. Aku tuh Inget banget, pas zaman sekolah, mama kan hobi bangt masak. Jadi dia komplit tuh perlatan masaknya termasuk si gunting ayam ini. Naaah, sebagai anak sekolah aku belum tahu kalo tuh gunting khusus untuk makanan . Ya aku pikir bisa segalanya termasuk motongin karton buat prakarya. Jadilah aku pake guntingnya dan seneng Krn super tajam. Karton setebel apapun, lewaaat pokoknya .

    Tapi dasar memang gunting begini pantang buat kertas, akhirnya ya jadi ga seampuh sebelumnya . Pas mama akhirnya tahu, lgslah diomelin abis2an.

    Aku sendiri punya di rumah Vic. Tapi memang aku sengaja beli 3 beda wrna, yg 1 hanya Utk sayuran, yg 1 lagi khusus daging2an, terakhir buat seafood. Biar ga kecampur aja . Memang jauh LBH mudah jadinya. Si asisten ga repot susah2 motong ATO iris

    Balas
    • Hahaha.. same vibe in my mom’s house. Di rumah ibuku ada gunting dapur. Sama ibuku diwanti-wanti nggak boleh buat motong kertas.

      Dan aku selalu bingung, kenapa nggak boleh dipake motong kertas, padahal asisten ibuku pake gunting itu buat motong bungkus bumbu Indomie, hahahahahha…

      Balas
  3. gunting ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak banget. Selain menjadi salah satu alat pemotong kertas. Ternyata gunting juga bisa di jadikan sebagai alat potong makanan.

    Pernah lihat salah satu makanan yang di potong pakai gunting itu kebanyakan yang jual batagor karena motongnya jadi gampang.

    Balas
    • Bener, tukang batagor atau tukang siomay biasanya seneng banget pakai gunting. Cuman kudu diinget-inget, kalau gunting udah dipakai buat ngegunting daging batagor, jangan dipakai buat ngegunting kertas, takut nggak tajem lagi 🙂

      Balas
  4. Sakti bener guntingnya bisa buat guntingin tulang ayam.

    Kalau mau masak sayur memang enaknya pakai gunting lalu pegang buncis / kacang panjang, kres kres guntiing, cepat selesai.

    Balas
  5. Wow, kaget lihat bagaimana cara gunting ayam dengna gunting yang super serbaguna. Hiks sekarang sudah kebayang manfaat gunting itu .. Dulunya takut sekali memotong ayam dengan gunting. Hiks senang bisa lihat foto2 pendudkungnya yang super keren.

    Balas
  6. Jadi itu gunting khusus ya? Kereen, selama ini aku menggunakan gunting hanya untuk memotong plastik saja, jarang menggunakan gunting untuk bahan makanan.
    Dengan membaca ulasan ini, sepertinya akan lebih mudah menggunakan gunting untuk bahan makanan ya.

    Balas
  7. Saya juga udah lama pakai gunting masak, oleh oleh teman yang jalan jalan ke Perancis
    Waktu dia tanya,, mau oleh oleh apa, saya mah jawab “alat masak” , bukan baju atau Tas
    Selain gak ngerepotin juga lebih bermanfaat
    Sayang, bilahnya gak bisa dilepas kayak punya Mbak Vicky

    Balas
  8. Buat masak-masakan di warung, sempat beli seperangkat alat dapur di offline store, salah satunya ada gunting ayamnya. Waktu beli nggak ngeh sih mengenai bilah dan lobang itu, jadi beli yang memang mirip seperti di gambar yang lobangnya sama besar.

    Selama pengalaman menggunakan gunting ayam, masih kagok sih aku mbak dibanding menggunakan pisau. Tapi mungkin hanya masalah kebiasaan saja.

    Balas
  9. Feeling saya pun nge-pas, memang keren guntingnya.
    Soalnya adakala kalau pas motong ayam suka gak beres, mungkin karena yang motongnya belum makan, eh ().
    Serba guna ini guntingnya.

    Balas
  10. Wah, saya kurang main di dapur, ndak tau ada gunting untuk potong ayam. Biasanya kalau dapat ayam belum dipotong kecil-kecil (karena beli di tukang sayur, bukan di pasar), saya minta tolong tenaganya pak suami. Hehe.

    Makasih infonya Mbakk

    Balas
  11. Aku belum punya gunting ayam nih Selama ini urusan belah ayam, ikan, bebersih udang dll aku serahkan sepenuhnya sama penjual sayuran lalu si mpok ART di rumah hihihi. Tapi aku jadi tau ada perbedaan guntingnya Bolehlah kapan2 beli, tapi kudu yang bagus, biar awet.

    Balas
  12. Aku batu eungeuh kalau oramg Korea biasa menghadirkan gunting untuk motong motong daging di meja makan. Berarti pas dipakai motomg ayam, kalau pakai gunting gini, nggak ada suara jedug jedug si pisau daging beradu kencang sama talenan kayak di pasar gitu ya Mba.

    Balas

Tinggalkan komentar