Hoax Salah Sasaran

Saya lagi sebel sama orang-orang yang nyebar-nyebarin info broadcast yang menjelek-jelekkan produk tertentu via SMS. Masih seger di ingatan saya bagaimana sebuah restoran Otneb Akoh-Akoh difitnah mengandung babi. Atau Acoc-Aloc difitnah haram. Atau produk esgrim Mungam katanya mengandung babi. Lengkap dengan sumber info yang biasanya adalah lembaga berbau keagamaan tertentu.
Dan saya jadi esmosi karena SMS-SMS hoax macem gitu membuat waktu saya yang sangat berharga ini jadi terbuang akibat saya harus menghapus SMS-SMS hoax itu satu per satu! Coba bayangin, dalam melamun lima menit aja saya bisa dapet ide buat bikin lima posting blog. Kalau lima menit itu saya habiskan buat menghapus SMS-SMS jelek, berapa tulisan blog yang gagal ter-posting gara-gara ulah orang-orang berpikiran pendek? Ceilaah..
Tukas Bu De, “Aku nggak pake pembalut-pembalutan! Gambar: http://sangpemburuberita.com
Dan yang terbaru kemaren, saya baru dibisikin, katanya pembalut **A** mengandung kaporit yang bisa bikin kanker serviks. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunakan pembalut **A**. Sumbernya dari Trans7.
Batin saya: Dasar bloon. Mau mengadu domba stasiun tivi dengan perusahaan pembalut aja kok bertele-tele gini.
Ternyata SMS hoax itu masuk ke HP Bu De saya. Lalu Bu De saya membacakan SMS tentang pembalut **A** yang mengandung kaporit itu, kepada saya.
Saya memandang Bu De saya dengan tampang “I’m-a-doctor-and-you’re-lecturing-me-about-cervical-cancer?”
Bu De saya, yang sudah menopause itu, langsung mendengus, “Aku sudah nggak pake pembalut, kok masih aja dikirimi SMS ginian? Siapa juga mau pake pembalut?” Dan tombol “reverse” pun terpencet lah sudah..

17 pemikiran pada “Hoax Salah Sasaran”

  1. hoka2 bento sekarang sudah punya sertifikat halal, dulu ga punya

    dulu juga nasinya ada tahi tikus dan menunya pakai khamr

    Balas
  2. Sebenarnya apa ya motivasi si pengirim SMS itu? Mau dibilang nyari sensasi, kok tanggung amat. Mau dibilang ngadu domba atau menjatuhkan suatu merek, tapi kok caranya juga gak meyakinkan. Aku sendiri gak bakal percaya dengan "info penting" kayak gitu yang dikirim via SMS.

    @r10, soal nasi dan menu hoka2 bento itu bener tuh? Jangan2 hoax juga nih.

    Balas
  3. Makanya dulu saya juga nggak percaya Hoka-hoka Bento itu haram. Nggak ada bukti ilmiahnya untuk menjadikan mereka dibredel. Hoax cuman disebarkan orang-orang yang iri, terlalu perhatian, atau kebanyakan pulsa buat SMS.

    Balas
  4. baru2 ini malah ada isu ttg resto yg menjual bebek goreng. katanya resto itu pake plastik saat menggoreng bebek biar lebih mengkilap dagingnya. saya merasa itu juga hoax tapi kata teman saya b enar. Entah mana yg bisa dipercaya. Untungnya saya nggak sukamakan bebek jadi gak terpengaruh.

    Balas
  5. emang banyak cara orang buat ngejatohin sih. tapi kalo dasarnya kredibilitasnya produk atau merek itu dah bagus mau gimana aja juga nggak terlalu ngaruh

    Balas
  6. kalo dihapeku malah kebanyakan SMS dari provider seluler yg bikin inbox penuh…

    kalo yg kaya kaya gitu belum pernah, yg penting jangan langsung terprovokasi.. cek n ricek dulu

    Balas
  7. Besok gua mau nyebarin sms ah, "Eh2, yg punya blog Emotional Flutter tuh sebenernya Brad Pitt lho!"

    Semoga dengan demikian traffic blognya meningkat, aminnn…hahaha

    Balas
  8. Hehe.. lucu juga baca postingan ini. Kalo yang pernah saya alami itu adalah sms minta pulsa. Si pengirim mengatasnamakan Bapak saya.. Lah bapak saya kan almarhum.. so.. Salah alamat banget kan.. hehe.

    Balas
  9. Mbak Fanny, itu bebek gorengnya di Jakarta kan? Soalnya kalo bebeknya di Surabaya, maka itu masalah besar buatku karena aku penggemar bebek..

    Mbak Ami, mau mecah-belah aja pake korban pulsa. Buang-buang duit aja.. >.<

    Yoga, iya, cara bloon kayak gitu pasti cuman dilakukan pedagang amatiran. Kok nggak sekalian bikin iklan di tipi, "Pembalut kami tidak mengandung kaporit. Tidak seperti pembalut [beep..!]"

    Mikhael, lha saya terganggu tinggal di negeri hoax, jee..

    Slamet, iya yah, inbox HP-ku lebih banyak terisi sama spam iklan dari operator seluler ketimbang dapet sms hoax. Aku sih nggak pernah terprovokasi, Met. Boro-boro dicek ricek, baru dapet sms hoax aja langsung ta' delete..

    Claude, kayaknya nyatut nama Brad Pitt itu kurang traffic deh. Coba bilang aja kalo blog Emotional Flutter itu punyanya Justin Bieber.. :p

    Mas Bodrex, itu namanya iseng-iseng berhadiah. Kalo dapet korban yang bapaknya masih hidup, ya seneng. Tapi kalo dapet yang bapaknya sudah nggak ada, ya itu namanya rugi pulsa..

    Haduh, Mbak Ira, seneng dapet komentar kayak gini. Ternyata hoax bisa berbau cemen seperti isu pilkada ya? Pasti isinya sms fitnah yang norak-norak.. :p

    Mbak Rose, heu-euh, masyarakat kita dong ya, masih sumbu pendek. Kena api dikit aja langsung kebakaran.. 😀

    Saya kira ini kerjaannya perusahaan amatiran yang nyewa orang iseng, Mas Sofyan.. 😀

    Balas
  10. Masyarakat kita dewasa ini lebih mudah terpancing isu-isu yang tidak jelas kebenarannya mbak dokter, apalagi kalau sudah disebarluaskan oleh media padahal ya itu…kebenarannya masih diragukan dan mungkin saja tidak benar.

    Saya sih belum pernah menerima SMS semacam itu, namun biasanya saya abaikan atau kalau memang bikin saya penasaran, ya dicari saja informasi lebih rincinya lewat Internet supaya tahu kebenarannya 🙂

    Oh iya, akhir-akhir ini saya juga antusias menggali informasi tentang kanker payudara dan kanker mulut rahim. Kok sepertinya semakin banyak wanita yang terjangkit ya?

    Balas
  11. Bukan semakin banyak yang terjangkit, Na. Tetapi, dokumentasi tentang kanker akhir-akhir ini semakin baik. Karena makin banyak penderita yang melapor ketika mereka merasakan gejala sakit, juga pengawasan terhadap orang-orang yang rentan kena kanker juga semakin ketat. Karena itu angka kanker yang dulu dilaporkan sedikit, kini dilaporkan semakin banyak. Tidak berarti kejadian penyakit pada masa dulu lebih sedikit daripada masa sekarang.

    Balas

Tinggalkan komentar